Cara Menata Tanaman Hias

Cara Menata Tanaman Hias – Kebanyakan orang tentu ingin memiliki halaman rumah berhiaskan tanaman yang bisa membuat siapa saja yang melihat bisa mendapat kesan yang baik. Semua itu tergantung dengan cara menata tanaman hias di teras rumah secara cermat dan bukanlah hal yang sulit untuk diwujudkan.

Ada beberapa aspek yang bisa dipertimbangkan dalam menata tanaman, seperti ukuran teras, pemilihan corak tanaman, hingga spot yang tepat. Adapun beberapa aspek tersebut akan dijelaskan dalam poin di bawah ini untuk semakin memberikan gambaran tentang tatanan teras yang ideal.

Tentukan Konsep Penataan

Pertama tentukan konsep penataan, tidak ada salahnya mencari inspirasi di internet sebagai referensi yang bisa diterapkan untuk menata ulang. Misalnya saja ingin membuat bentuk pola melengkung di sudut, melingkari pilar, disusun bertingkat, disejajarkan dinding, atau digantung di tepi atap.

Manfaatkan Rak

Pemanfaatan rak susun bisa menjadi solusi untuk tipe teras yang tidak terlalu lebar sehingga tetap bisa menampung lebih banyak tanaman. Ada beragam model rak yang bisa digunakan, mulai dari yang bertingkat seperti tangga, ada yang lurus memanjang, hingga berbentuk artistik.

Penggunaan rangka besi hingga kawat untuk menempelkan tanaman seperti halnya menciptakan konsep vertical garden yang tidak memakanarea. Tanaman yang sejenis bisa disejajarkan secara merapat sedangkan untuk jenis bervariasi bisa diatur terpisah dengan pertimbangan pola dan jarak.

Tentukan Spot yang Strategis

Cara menata tanaman hias di teras rumah agar terlihat apik tentunya berpengaruh dari pemanfaatan spot yang tepat dan tidak berlebihan. Dikatakan berlebihan bila penghuni memaksakan untuk meletakkan banyak tanaman di segala penjuru teras hanya untuk memberi kesan rumah yang asri.

Baca Juga:  Cara Menata Ruang Tamu Sempit Sederhana, Pilihan Mudah Untuk Tampilan Ruang Yang Lega

Baiknya memilih fokus pada beberapa sisi saja, misalnya di sudut teras yang kosong, di sisi kiri dan kanan, hingga sepanjang pagar. Konsep ini cocok untuk yang menyukai tampilan teras minimalis sehingga sengaja mempertahankan lebih banyak area kosong agar teras terasa lebar.

Tambahkan Kreasi Macrame

Pengaplikasian tali macrame untuk menggantung pot tanaman juga bisa digunakan untuk ornamen yang meningkatkan daya tarik dari penataan teras. Tali macrame bisa dibentuk dengan pola yang beragam sesuai dengan kreativitas sehingga detail pola bisa mempercantik tampilan pot yang polos.

Kelompokkan Jenis Tanaman

Pengelompokkan jenis tanaman bisa berfungsi untuk menonjolkan pola dari suatu tatanan tanaman dan bisa membentuk keserasian agar tidak terkesan berantakan. Misalnya meletakkan tanaman dengan warna serupa di suatu sudut dan di sisi terluar diberi tanaman corak berbeda untuk paduan kontras.

Pilih Paduan Warna yang Serasi

Paduan warna yang serasi tidak hanya dari penataan jenis tanaman tetapi juga ornamen pelengkapnya, seperti pot dan rak yang seragam. Bila perlu menata tanaman dengan warna pot yang sama atau diletakkan secara selang seling supaya terlihat teratur dan semakin enak dipandang.

Percantik dengan Detail Sederhana

Cara ini bisa diterapkan dengan pemanfaatan area di depan jendela sehingga bisa memberi kesan cantik baik dari luar dan dalam rumah. Bisa juga dengan pemanfaatan tanaman gantung dengan jenis daun yang menjuntai panjang untuk diletakkan di tepi atap atau di antara pilar.

Demikian sekilas penggambaran tentang cara menata tanaman hias di teras rumah yang minimalis agar terlihat asri, cantik, dan sejuk. Tidak melulu menyediakan banyak tanaman untuk mendapat kesan asri tetapi dengan menerapkan konsep penataan tanaman dan pemanfaatan area secara tepat.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *