Biaya Kuliah Teknik Sipil Di Berbagai Perguruan Tinggi

Biaya Kuliah Teknik Sipil Di Berbagai Perguruan Tinggi

Biaya Kuliah Teknik Sipil

Biaya Kuliah Teknik Sipil – Jurusan kuliah yang saat ini banyak peminatnya adalah Teknik Sipil. Tapi sebelum memilih kampus, para calon mahasiswa harus tahu berapa biaya kuliah Teknik Sipil itu? Karena setiap perguruan tinggi memberikan besar pembayaran pendidikan yang berbeda-beda.

Teknik Sipil sendiri, termasuk jurusan prestise yang prospek kerjanya bagus. Yang dipelajari yaitu perancangan dan pembangunan fasilitas, serta renovasi. Banyak peluang kerja di perusahaan yang dapat diambil. Karena itulah, jika ingin kuliah di jurusan tersebut, lihat estimasi biaya berikut.

Apakah Biaya Kuliah Jurusan Teknik Sipil Mahal?

Jika dikatakan mahal atau tidak, sebenarnya biaya untuk kuliah di prodi Teknik Sipil itu relatif. Mengapa demikian? Sebab ada beberapa faktor yang membuat pembayaran tersebut menjadi berbeda di masing-masing mahasiswa.

Untuk estimasi, besarnya antara Rp4.000.000 sampai Rp8.000.000. Lebih tinggi atau rendahnya, ditentukan oleh perguruan tinggi yang diambil. Selain itu, kemampuan ekonomi orang tua juga menjadi pengaruh dari jumlah pembayaran. Indeks kemampuan tersebut, ditentukan ketika daftar ulang.

Faktor lainnya adalah jalur masuk yang diambil oleh mahasiswa. Jika diterima lewat SNMPTN dan SBMPTN, jumlahnya juga beda dengan yang mendaftar melalui jalur mandiri. Biasanya jalur mandiri biayanya lebih mahal.

Biaya kuliah di universitas negeri biasanya lebih murah, sebab menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT). Jika merasa keberatan, dapat membuat permohonan keringanan. Bisa juga mengajukan beasiswa.

Biaya Kuliah Jurusan Teknik Sipil Beberapa Perguruan Tinggi

Sebagai pertimbangan, berikut diberikan rincian biaya kuliah Teknik Sipil yang ada di beberapa perguruan tinggi Indonesia. Setiap kampus memiliki kebijakan pembayaran yang berbeda. Berikut estimasinya:

Institut Teknologi Kalimantan

Pertama yaitu perkiraan besar biaya untuk berkuliah di Institut Teknologi Kalimantan. Ini bagi mahasiswa yang diterima di jurusan ini lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN. Ada 8 kategori UKT dengan rincian sebagai berikut:

  • 1: Rp500 ribu.
  • 2: Rp1 juta.
  • 3: Rp2 juta.
  • 4: Rp4 juta.
  • 5: Rp6 juta.
  • 6: Rp8 juta.
  • 7: Rp9 juta.
  • 8: Rp9 juta.
  • 9: Rp10 juta.
  • 10: Rp12 juta.
Baca Juga:  Apa Itu Pendidikan Anti Korupsi_Simak Pengertian Dan Tujuanya

UKT disesuaikan dengan tingkat kemampuan ekonomi orang tua. Nantinya mahasiswa diminta membuktikan dengan bukti rekening listrik, pendapatan, dan kepemilikan kendaraan. Sedangkan bagi yang masuk secara mandiri, tidak dapat mengajukan keringanan tersebut. Biaya jalur mandiri sesuai ketentuan ITK, yaitu:

  • UKT: Rp10.000.000.
  • Sumbangan Pengembangan Institusi: Rp25.000.000.

Universitas Gadjah Mada

Uang Kuliah Tunggal untuk program sarjana (S1) di jurusan Teknik Sipil ada delapan kategori. Jika penghasilan kotor orang tua hanya Rp500.000, maka termasuk UKT 1 dengan besar Rp500.000/semester.

Sementara UKT 2 jumlahnya Rp1.000.000 dengan pendapat tidak lebih dua juta rupiah. UKT paling tinggi di Teknik Sipil yaitu Rp12.500.000/semester jika penghasilan satu bulan lebih dari Rp30.000.000.

Kalau gaji orang tua per bulan 2—3,5 juta, maka termasuk UKT 3 yang jumlahnya Rp4.000.000. Jadi, tergantung bagaimana kondisi ekonominya.

Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Program studi Teknik Sipil ada di Unisnu Jepara sejak tahun 2013. Kampus berakreditasi B di Jawa Tengah tersebut memberikan beberapa pembayaran untuk mahasiswa. Untuk prodi ini di kelas reguler, harus membayar Rp100.000 saat pendaftaran dan PMB Rp2.615.000.

Ada pula Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang dibayarkan empat termin dengan total Rp2.000.000. Uang Kuliah Tunggal prodi Teknik Sipil di Unisnu Jepara, berbeda setiap semester, yaitu:

  • 1: Rp1.980.000.
  • 2 sampai 6: Rp3.590.000.
  • 7 dan 8: Rp3.090.000.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Berikutnya adalah estimasi biaya untuk kuliah program studi Teknik Sipil di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Pembiayaan total ini sudah termasuk SPP, praktikum, serta Dana Pengembangan Pendidikan. Selama masa pendidikan, estimasi yang harus dibayarkan setiap semesternya yaitu:

  • 1: Rp13,5juta.
  • 2—4: Rp11,5 juta.
  • 5: Rp10,8 juta.
  • 6 dan 7: Rp9,7 juta.
  • 8: Rp6 juta.

Universitas Brawijaya

Terakhir adalah perkiraan biaya jika ingin memilih prodi Teknik Sipil di Universitas Brawijaya. Untuk mahasiswa yang masuk jalur reguler, UKT-nya ada enam golongan sesuai kemampuan ekonomi. UKT paling rendah Rp500.000 dan tertinggi Rp7.000.000.

Baca Juga:  Login Ibanking Bank Jateng Dengan Mudah Beserta Cara Mendaftar Dan Aktivasinya!

Itulah estimasi biaya kuliah Teknik Sipil dari beberapa perguruan tinggi, baik swasta maupun negeri. Besarnya pembayaran bergantung pada beberapa faktor. Salah satunya yaitu Uang Kuliah Tunggal sesuai dengan besar gaji orang tua per bulan.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *