Cara Cek GPU Laptop WIndows

Cara Cek GPU Laptop WIndows – Sebagai barang primer untuk berbagai kebutuhan, pengguna tak hanya memperhatikan performa laptop saja, namun tampilan grafis yang ditawarkan. Terutama untuk para gamer dan juga orang-orang yang bekerja di bidang desain. Untuk itu pengguna bisa cek GPU yang ada pada laptop masing-masing. Cara cek GPU laptop Windows dapat dilakukan dengan beberapa cara.

Pengguna bisa memeriksa GPU yang ada pada laptop agar mengetahui kualitas grafis yang dapat ditampilkan oleh laptop tersebut. Semakin tinggi GPU, maka tampilannya juga akan semakin bagus. Bagi para pengguna Windows, ini dia beberapa cara memeriksa GPU pada laptop:

Melalui Pengaturan

Cara pertama yang dapat pengguna Windows lakukan adalah memeriksa GPU melalui pengaturan. Untuk melakukannya cukup mudah, pengguna hanya perlu membuka pengaturan laptop yang dapat ditemukan pada menu Windows. Setelah masuk ke pengaturan, klik pada menu system.

Kemudian klik display dan pilih advanced display setting. Pada bagian tersebut nantinya pengguna bisa melihat model GPU yang digunakan pada laptop. Pengguna bisa melihatnya pada kolom display 1.

Melalui Device Manager

Selanjutnya, Cara cek GPU laptop Windows juga bisa dilakukan melalui device manager. Pengguna bisa membuka device manager dengan cara mencari device manager pada bagian search bar di menu start. Setelah device manager terbuka, pengguna bisa melihat GPU pada bagian display adapter. Model GPU yang digunakan akan langsung muncul di bawah tulisan display adapter.

Melalui Task Manager

GPU merupakan komponen penting pada VGA laptop yang berfungsi untuk mengolah informasi dan menampilkannya pada tampilan grafis di laptop. Mengetahui GPU yang digunakan merupakan hal yang penting bagi beberapa pengguna laptop. Misalnya untuk para gamer, sebab biasanya untuk memainkan game membutuhkan spesifikasi GPU tertentu.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Saldo Gopay Tidak Masuk Yang Bisa Dicoba

Untuk itu, apabila pengguna ingin memeriksa GPU yang ada pada laptop yang digunakan bisa juga melihatnya melalui task manager. Untuk membuka task manager, pengguna bisa klik kanan pada bagian kosong di taskbar. Setelah itu, klik pada pilihan task manager. Lalu, klik pada tab performance dan pengguna bisa melihat model GPU yang digunakan.

Menggunakan Dxdiag

Berikutnya, cara cek GPU laptop Windows yaitu dengan menggunakan Dxdiag. Pengguna bisa memeriksa GPU yang digunakan pada laptop dengan menggunakan program Windows yang satu ini. Untuk membuka Dxdiag, caranya yaitu dengan menekan tombol Windows dan R bersamaan untuk mengaktifkan Run.

Setelah itu, masukkan dxdiag pada kolom Run dan klik enter. Setelah itu, akan muncul directx diagnostic tool. Untuk melihat GPU, klik pada tab display. Model GPU pada laptop dapat dilihat pada baris name.

Baca Juga : Cara Cek Ping CMD Simple Dan Cepat, Dijamin Koneksi Lancar!

Memanfaatkan Aplikasi GPU Z

Selain menggunakan program bawaan dari Windows, pengguna juga bisa memeriksa GPU yang digunakan melalui aplikasi GPU Z. Aplikasi yang satu ini banyak digunakan untuk melihat informasi software pada laptop. Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Setelah aplikasi diunduh dan dipasang ke laptop, langkah berikutnya adalah buka aplikasi tersebut dan pilih tab graphics card. Pada bagian tersebut, pengguna bisa melihat GPU yang digunakan pada laptop Windows pengguna.

Itu tadi adalah beberapa cara cek GPU laptop Windows. Semua cara di atas dapat dilakukan sendiri dengan mudah. Pengguna dapat memeriksa GPU pada laptop untuk mengetahui model yang digunakan sehingga dapat memenuhi spesifikasi yang diperlukan ketika menggunakan game atau untuk keperluan pekerjaan lainnya.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *