Ketahui Cara Cek Saldo BPD Lewat Internet Dengan Mudah

Ketahui Cara Cek Saldo BPD Lewat Internet Dengan Mudah

Cara Cek Saldo BPD

Cara Cek Saldo BPD – Sebagai nasabah BPD, memeriksa saldo yang ada pada rekening BPD perlu dilakukan secara rutin untuk memantau catatan keluar masuk uang. Ada beberapa cara cek saldo BPD lewat internet yang bisa nasabah coba dengan sangat mudah.

Sudah banyak orang tahu jika mengecek saldo melalui internet merupakan langkah yang dinilai sangat praktis. Namun sekiranya masih ada banyak juga nasabah BPD yang tidak tahu bagaimana caranya. Untuk menjawab permasalahan tersebut, simak panduannya berikut:

Apa itu BPD

Bagi yang belum tahu apa itu BPD, maka pahami dulu penjelasannya sebelum lanjut ke cara memeriksa saldo. Bank Pembangunan Daerah atau yang disingkat dengan BPD didirikan dengan tujuan membantu pemerataan pembangunan daerah hingga pelosok Indonesia.

Di setiap daerah Indonesia terdapat BPD yang cukup berperan penting dalam menopang perekonomian. BPD merupakan mitra penting dari pemerintah yang mempercepat pembangunan daerah.

Contohnya ketika sedang terjadi perlambatan ekonomi, maka pemerintah akan meminta bantuan perbankan, yakni BPD, untuk menyalurkan kredit agar roda perekonomian kembali berjalan dengan lancar. Disini sangat jelas bagaimana BPD mengambil peran penting dalam rantai ekonomi.

Jadi BPD dalam artian sederhana merupakan bank yang menyediakan fasilitas dan pelayanan untuk mendukung pembangunan daerah. BPD dianggap memiliki kedekatan sosiokultural karena mampu menjangkau jaringan dari pelosok-pelosok yang masih sulit disediakan oleh bank swasta.

Cara Memeriksa Saldo BPD Melalui Internet

Setelah paham betul akan apa itu BPD, sekarang saatnya untuk mengetahui cara cek saldo BPD lewat internet. Mengecek saldo bisa dilakukan melalui website maupun aplikasi. Keduanya bisa dilakukan melalui HP dengan cara sebagai berikut:

Periksa Melalui Website

Cara pertama memeriksa saldo BPD adalah melalui website, bisa disebut juga sebagai internet banking. Untuk bisa mengecek saldo melalui website, nasabah harus mendaftarkan nomor telepon dan juga email terlebih dahulu ke kantor bank BPD terdekat.

Baca Juga:  Cara Buka Rekening BTN Syariah Untuk KPR Dengan Mudah

Minta bantuan customer service untuk mengaktifkan akun. Ketika akun sudah diaktifkan dan memperoleh kode akses, nasabah bisa mencoba untuk masuk ke internet banking BPD. Berikut adalah langkah-langkah mengecek saldo BPD yang harus diikuti:

  • Buka browser pada perangkat seluler.
  • Kunjungi situs Bank BPD. Sebagai contoh adalah BPD Bali yang beralamatkan Ibank.Bpdbali.Id/Ib/ .
  • Masukkan user ID serta password yang sudah dimiliki sebelumnya.
  • Tap menu “Informasi Saldo”
  • Lalu, klik “Cek Saldo”
  • Setelah itu, layar akan menampilkan nominal saldo yang nasabah miliki.

Periksa Melalui Aplikasi

Selain melalui website, memeriksa saldo BPD juga bisa dilakukan melalui aplikasi. Sama seperti sebelumnya, nasabah harus mendaftarkan nomor telepon melalui ATM atau customer service bank. Aplikasi bisa digunakan untuk bertransaksi setelah 1×24 jam semenjak pendaftaran.

Bedanya, cara ini membutuhkan aplikasi yang sudah disediakan khusus oleh BPD terkait di Play Store atau App Store. Sebagai contoh, mari ambil aplikasi milik BPD DIY. Ikuti langkah-langkah yang ditunjukkan di bawah:

  • Unduh dan instal aplikasi BPD DIY Mobile di perangkat seluler.
  • Setelah aplikasi berhasil terpasang, buka dan masuklah menggunakan password/kata sandi yang telah terdaftar.
  • Tap tombol “Masuk”
  • Pilih opsi “Info Rekening”
  • Setelah itu, klik “Cek Saldo”
  • Jika sudah, nominal saldo akan terlihat di layar HP.

Demikian informasi mengenai cara cek saldo BPD lewat internet yang bisa dilakukan melalui HP. Langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas sangatlah sederhana dan mudah untuk diikuti. Selain memeriksa saldo, nasabah juga bisa melakukan transaksi lain.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *