4 Cara Mematikan Laptop Dengan Keyboard Windows 10

4 Cara Mematikan Laptop Dengan Keyboard Windows 10

Cara Mematikan Laptop Dengan Keyboard

Cara Mematikan Laptop Dengan Keyboard – Umumnya untuk mematikannya dilakukan dengan cara mengarahkan kursor dan menu Windows lalu klik pada ikon power. Namun bagaimana jika kursor laptop tidak bisa digerakkan atau laptop tiba-tiba error? Jika mengalaminya, maka bisa melakukan alternatif dengan cara mematikan laptop dengan keyboard Windows 10.

Kombinasi beberapa tombol keyboard tersebut membuat proses shutting down laptop menjadi lebih mudah. Pengguna juga bisa lebih menghemat waktu dengan cara menekan kombinasi tombol tertentu yang ada di keyboard. Untuk mengetahui bagaimana cara mematikan laptop lewat keyboard, simak ulasannya di bawah ini:

Cara Mematikan Laptop Lewat Keyboard

Laptop Windows 10 dapat dimatikan dengan cara menekan beberapa tombol di keyboard. Dengan cara ini, mematikan laptop menjadi lebih praktis dan cepat. Untuk mengetahui kombinasi tombol apa saja yang dapat digunakan untuk mematikan laptop tersebut, simak penjelasannya sebagai berikut:

Menggunakan Alt+F4

Pertama, cara mematikan laptop dengan keyboard Windows 10 yaitu menggunakan Alt dan F4. Kedua tombol keyboard ini dapat digunakan untuk mematikan laptop. Caranya yaitu cukup dengan menekannya secara bersamaan. Setelah itu akan muncul pilihan untuk mematikan komputer.

Pilih shutdown apabila ingin mematikan laptop. Untuk menggerakan opsi ketika kursor tidak bisa digunakan bisa memakai tombol navigasi yang ada di keyboard. Setelah itu tekan enter dan laptop akan mati dengan otomatis.

Menggunakan Ctrl+Alt+Del

Berikutnya kombinasi tombol yang dapat digunakan untuk mematikan laptop dengan lebih mudah melalui keyboard adalah dengan menekan ctrl+alt+del. Tekan semua tombol tersebut secara bersamaan. Gerakkan kursor dengan menggunakan tombol navigasi. Setelah itu tekan enter untuk mematikan laptop.

Menggunakan Win+X

Selanjutnya, cara mematikan laptop dengan keyboard Windows 10 bisa juga menggunakan kombinasi tombol yang satu ini. Tekan secara bersamaan tombol Win dan X, maka pada layar pengguna akan muncul berbagai opsi untuk mematikan laptop. Gerakkan kursor menggunakan tombol navigasi di keyboard lalu tekan enter.

Baca Juga:  Cara Memperbaiki Mobil Penyok Kecil Dengan Alat Dan Bahan Sederhana

Menggunakan Tombol Power

Berikutnya, cara ini dapat digunakan untuk mematikan laptop yang sedang hang. Ketika laptop hang maka laptop tidak akan merespon perintah sama sekali. Biasanya hal ini terjadi karena laptop terlalu banyak digunakan atau sedang overheat.

Untuk melakukannya yaitu tekan tombol power tersebut selama beberapa detik. Setelah itu dengan sendirinya laptop akan mati. Namun cara ini tidak baik jika terlalu sering digunakan. Sebab mematikan laptop secara paksa dengan tombol power justru berpotensi merusak komponen lain yang ada di dalam laptop tersebut.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Password Windows 10 Yang Mudah Secara Cepat

Tips Mematikan Laptop Dengan Benar

Pengguna bisa menggunakan cara yang mana saja untuk mematikan laptop. Cara mematikan laptop dengan keyboard Windows 10 di atas dapat menjadi alternatif untuk mematikan laptop dengan cepat. Namun perlu diperhatikan pula cara mematikan laptop yang benar agar laptop yang dimiliki tetap awet. Berikut ini adalah tips mematikan laptop yang aman dan benar:

  • Tutup semua program yang sedang dibuka sebelum mematikan laptop.
  • Cabut perangkat lain yang tersambung di laptop seperti USB dan CD.
  • Setelah itu, matikan laptop dengan benar baik itu menggunakan kombinasi tombol keyboard maupun dengan menggerakan kursor.
  • Jangan menggunakan tombol power kecuali dalam keadaan terpaksa sebab laptop sedang hang untuk menghindari kerusakan lain pada laptop.
  • Tunggu proses shutting down hingga selesai dan jangan terburu-buru untuk menutup laptop.
  • Setelah proses shutting down selesai yang ditandai dengan matinya lampu indikator pada laptop, maka tutup laptop dan letakkan di tempat yang aman.

Itu tadi adalah cara mematikan laptop dengan keyboard Windows 10. Beberapa cara di atas lebih cepat dan praktis untuk digunakan saat mematikan laptop. Namun perlu diperhatikan untuk mematikan laptop dengan benar agar laptop lebih awet dan tidak mudah rusak.

Baca Juga:  7 Khasiat Kolang Kaling Untuk Kesehatan Tubuh Yang Bisa Dijadikan Hidangan Menyegarkan

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *