Cara Membuka Akun FB

Cara Membuka Akun FB – Serupa dengan media sosial lain, Facebook juga kerap menutup akun penggunanya ketika terindikasi melakukan pelanggaran. Namun, Facebook menyediakan cara membuka akun FB yang sudah ditutup permanen, karena menyadari bahwa tidak semua pelanggaran dilakukan oleh penggunanya.

Sebelum mempelajari bagaimana caranya membuka akun, ketahuilah dahulu faktor apa saja yang dapat menyebabkan sebuah akun dapat ditutup secara permanen. Dengan mengetahui penyebabnya, pengguna dapat menentukan langkah apakah yang bisa dilakukan untuk menuntaskan akar masalahnya.

Penyebab Sebuah Akun Bisa Ditutup Secara Permanen

Saat mendaftar Facebook biasanya muncul pertanyaan mengenai setuju atau tidak dengan ‘Agreement’ dari Facebook. Jika menyetujuinya, proses pembuatan akun Facebook baru bisa berlanjut. Hal ini menjadi landasan Facebook menutup akun jika pengguna kedapatan melakukan pelanggaran.

Meskipun Facebook merupakan tempat di mana seseorang dapat mengekspresikan dirinya dengan bebas, namun tetap ada peraturan yang harus dipatuhi penggunanya. Lantas hal apa saja yang biasanya membuat Facebook menutup akun seseorang? Yuk simak penjelasan berikut!

  • Aktivitas pemilik akun dianggap mengganggu dan membahayakan. Apabila sebuah akun dinilai melakukan spam, Facebook bisa menutup akun tersebut. Spam ini bisa dilakukan di kolom komentar, melalui postingan grup yang terlalu banyak, dan hal lainnya.
  • Mengunggah konten yang melanggar terus menerus. Konten yang tidak sesuai dengan standar komunitas namun terus menerus diunggah akan mendapat ganjaran berupa penutupan akun.
  • Terdapat aktivitas login di perangkat yang tak dikenal. Penguncian atau penutupan akun ini bertujuan baik, yakni menjaga keamanan data dari pemilik akun tersebut. Upaya login dari perangkat yang tak dikenal dapat diindikasikan sebagai hal berbahaya.
  • Akun telah di-report oleh orang lain. Baik melakukan kesalahan atau tidak, sebuah akun akan terkunci jika ada yang melaporkannya.
  • Menggunakan aplikasi pihak ketiga yang melanggar. Hal yang menyebabkan penutupan ini biasanya berupa penggunaan bot comment, auto likes, ataupun hal sejenisnya yang berasal dari pihak ketiga.
  • Menggunakan identitas palsu. Penggunaan nama palsu pada akun atau meniru seseorang di Facebook juga dapat membuat akun dinonaktifkan atau ditutup secara permanen.
Baca Juga:  Dua Cara Melihat Kata Sandi Email Yang Kelupaan

Cara Membuka Akun Facebook yang Telah Ditutup Permanen

Apabila yakin bahwa akun Facebook yang dimiliki tak melanggar aturan apapun, lakukanlah cara membuka akun FB yang sudah ditutup permanen. Caranya mudah, pengguna cukup mengajukan formulir yang di dalamnya berisi permintaan untuk melakukan peninjauan akun.

Sebelum melakukan semua langkah-langkahnya, siapkan dahulu hal yang bisa membuktikan kebenaran identitas, seperti KTP, Kartu Pelajar, ataupun SIM. Tentunya, isi kartu identitas ini harus sesuai dengan yang didaftarkan di Facebook. Berikut cara melakukan permintaan peninjauannya:

  • Akseslah akun Facebook yang dimiliki. Masukkanlah email atau nomor ponsel beserta password akun ke kolom yang tersedia seperti biasa. Setelah ini, akan muncul notifikasi bahwa akun Facebook telah tertutup.
  • Klik ‘Ya’ setelah membaca notifikasi tersebut. Cobalah langsung memilih opsi ‘Unggah Tanda Pengenal Berfoto’ lalu kliklah menu ‘Lanjutkan’. Nantinya, akan diminta data mengenai alamat email, nomor ponsel, beserta username dari akun Facebook.
  • Masukkan foto tanda pengenal. Setelah itu, jelaskan situasi yang dihadapi pada kolom ‘Additional Info’. Hal ini berguna sebagai pertimbangan Facebook untuk mengembalikan akun yang telah ditutup sebelumnya.
  • Isilah data-data sesuai dengan Kemudian, klik opsi ‘Kirim’. Tunggulah sampai ada pesan di kotak masuk email, batas waktu maksimalnya 24 jam.
  • Bukalah email jika sudah menerimanya. Kliklah link yang terdapat di dalam email tersebut. Link tersebut dapat membuat penggunanya bisa kembali mengakses akun Facebook yang sudah ditutup secara permanen.

Demikianlah penjelasan cara membuka akun FB yang sudah ditutup permanen beserta penyebabnya. Perbaikilah perilaku bermedia sosial jika pernah melanggar aturan. Namun, jika khawatir akan serangan hacker, aktifkanlah autentikasi dua faktor untuk pencegahannya.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *