Cara Memperbaiki Accu Basah

Cara Memperbaiki Accu Basah – Banyaknya ketidak tahuan akan pengguna mengetahui bagaimana cara memperbaiki accu basah yang mati ini memang cukup menjadi kendala. Karena nyatanya accu yang mati masih bisa diperbaiki secara sendiri di rumah sebelum memutuskan untuk membawanya ke motor.

Dengan adanya kemajuan teknologi sekarang ini termasuk dengan kemajuan kendaraan juga menuntut kepopuleran accu basah dibandingkan dengan accu kering. Beberapa kelebihan accu basah memang sudah menjadi pegangan tersendiri bagi perusahaan yang mengeluarkan beberapa jenis kendaraan.

Kelebihan Accu Basah

Sebelum mengetahui bagaimana cara untuk memperbaikinya, maka pengguna juga harus tahu apa saja kelebihannya dibandingkan dengan accu kering sebelumnya. Karena nyatanya beberapa kelebihan ini juga akan menguntungkan pengguna terutama untuk pengeluaran dari biaya perawatan yang dibutuhkan.

Kelebihan dari pemakaian accu basah pada sebuah kendaraan akan disampaikan pada beberapa poin di bawah ini:

  • Kemudahan Mengisi Ulang. Tidak repot untuk selalu menggantinya ketika accu basah sedang berada dalam kendala atau masalah sehingga cocok bagi pengguna yang sibuk. Jenis accu basah ini memang selain diketahui mudah untuk diperbaiki namun juga sangat mudah untuk dilakukan isi ulang.
  • Lebih Awet. Jenis accu basah memang memiliki klaim lebih awet dibandingkan dengan accu kering karena tidak selalu harus diganti dengan yang baru. Dengan rajin merawatnya dan membuang air yang ada di dalamnya, maka accu basah ini akan lebih awet untuk digunakan.

Cara Memperbaiki Accu Basah

Accu basah yang tiba-tiba mati tentu saja begitu meresahkan pengguna terutama yang selalu menggunakan kendaraan pada setiap harinya. Untuk itu, pengguna wajib mengetahui bagaimana cara memperbaiki accu basah yang mati seperti penjelasan berikut ini:

Baca Juga:  Inilah Cara Membuka Mobil Yang Terkunci Dari Dalam Paling Mudah

Menggunakan Pembersih Air Tawar

Dengan menggunakan pembersih air tawar, dianggap sebagai yang paling baik karena air tawar merupakan yang paling netral dibanding yang lainnya. Jika pengguna ingin memilih untuk melakukan cara ini sebagai cara memperbaikinya, maka dapat melakukan beberapa langkah di bawah ini:

  • Menyiapkan peralatan untuk perbaikan yang dibutuhkan seperti charger accu, obeng, air tawar, serta air accu yang baru.
  • Melepaskan accu basah yang telah mati ini dari mesin kendaraan yang terhubung agar tidak kerusakan tidak menyebar.
  • Setelah accu telah terlepas maka seluruh bagian accu disiramkan dengan air tawar baik bagian luar maupun bagian depan accu.
  • Wadah yang telah dibersihkan maka dapat dikeringkan hingga tidak tersisa setetes air pun di dalamnya setidaknya minimal selama 4 jam.
  • Isi wadah dengan air accu yang baru sebagai pengganti dan mengisinya hingga penuh.
  • Cas daya accu dengan charger sampai daya accu tersebut terisi penuh. Barulah bisa digunakan untuk berbagai kepentingan.

Menggunakan Pembersih Air Garam

Dengan menggunakan air garam ternyata dapat digunakan sebagai penyembuh karena kandungan yodium yang ada di dalamnya. Cara yang dilakukan juga sama seperti membersihkannya dengan air tawar. Tentunya sangat mudah tanpa perlu ribet membawanya pergi ke bengkel.

Hanya saja dengan menggunakan garam ini diperlukan adanya campuran air hangat agar garam mampu melebur dan menyatu dengan sempurna. Siram pada wadah accu secara perlahan dan sedikit digoyangkan dalam kondisi wadah sedikit dimiringkan.

Demikian informasi terkait cara memperbaiki accu basah yang mati dan apa saja kelebihan menggunakan accu jenis ini. Pastikan untuk selalu melakukan perawatan yang baik dengan rutin mengisi daya agar accu basah ini agar tidak mendadak mati.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *