Simak Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Mati Total Beserta Cara Merawatnya

Simak Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Mati Total Beserta Cara Merawatnya

Cara Memperbaiki Aki Kering – Penting bagi pemilik kendaraan untuk mengetahui cara memperbaiki aki kering yang mati total. Pasalnya, komponen tersebut menjadi sumber arus yang akan menyuplai listrik. Aki kering yang soak sebenarnya bisa diperbaiki asal cell-nya masih dalam kondisi bagus.

Pada aki, cell digunakan untuk menyimpan arus. Bagian itulah yang membuat aki bisa terisi listrik dan mengalirkannya ke sistem kelistrikan yang lain. Jika memang cell masih aman, coba perbaiki aki kering dengan cara berikut.

Alat dan Bahan untuk Memperbaiki Aki Kering

Sebelum diterangkan cara memperbaiki, sebaiknya persiapkan bahan dan alat-alat untuk membongkarnya. Bahan paling utama yang bisa dibeli di onderdil kendaraan yaitu air aki atau air zuur. Cairan tersebut yang akan mengisi aki kering. Selain itu, siapkan alat berikut:

  • Spet suntik bekas atau suntikan printer untuk memasukkan air zuur ke dalam aki.
  • Lem berdaya rekat tinggi atau selotip. Fungsinya yaitu merekatkan penutup aki.
  • Obeng minus untuk membuka tutup aki.
  • Kain lap yang berfungsi untuk membersihkan aki.

Cara Memperbaiki Aki Kering

Selanjutnya adalah penjelasan tentang cara memperbaiki aki kering yang mati total. Rekondisi tersebut bisa dilakukan sendiri jika memang punya keahlian dan tidak menimbulkan kerusakan lain seperti arus pendek. Setelah bahan juga alat dipersiapkan, ikuti tahapan berikut:

  • Putus hubungan arus aki. Tahapan pertama yaitu melepas aki dan memutus hubungan arus listriknya. Dimulai dari kutub positif agar tidak memunculkan percikan api ketika terjadi sentuhan antar kutub negatif dan logam. Sebab hal tersebut bisa menimbulkan arus pendek.
  • Bersihkan bodi aki. Setelah dikeluarkan, bersihkan bodi aki menggunakan kain lap. Tujuannya untuk melepaskan kotoran maupun material yang terdapat pada permukaan badan aki.
  • Bukalah penutup aki. Tahapan selanjutnya untuk memperbaiki aki kering ini harus dilakukan hati-hati. Gunakanlah obeng minus untuk membuka penutup aki sekaligus penutup karetnya. Caranya dengan mengarahkan obeng ke tulisan “Do Not Open,” kemudian lakukan juga pada penutup samping dan belakang.
  • Isi dengan air zuur. Terlebih dahulu masukkan air zuur ke dalam suntikan printer atau spet agar mudah untuk dipindahkan ke aki. Selanjutnya, suntikan ke semua lubang karet yang berjumlah 6 sampai setinggi satu sentimeter di bawah lubang.
  • Tutuplah aki. Jika semua lubang sudah diisi air zuur, tutup aki perlahan agar tidak mengenai kulit karena bisa mengakibatkan iritasi. Gunakan lem atau selotip untuk menutupnya supaya tidak ada celah udara.
  • Isi ulang daya listrik. Setrum aki atau pengisian ulang daya listrik ada dua macam metode. Pertama yaitu dengan pengecesan memakai adaptor atau trafo. Metode lainnya dengan jumper. Caranya adalah menghubungkannya dengan aki lain yang bagus menggunakan kabel.
  • Pasang aki kembali. Setelah daya listrik terisi penuh, pasangkan lagi setiap kabel dengan hati-hati. Coba cek dan pastikan kalau listrik mengalir dengan maksimal.
Baca Juga:  Cara Memperbaiki Modul Alarm Mobil Dan Ciri-Ciri Kerusakanya

Cara Merawat Aki Kering

Agar aki kering tidak cepat soak, ketahuilah cara untuk merawatnya. Pasalnya aki itu memiliki peran yang krusial. Jika sampai mati total, akan mengganggu komponen kelistrikan pada kendaraan. Berikut cara-cara untuk merawat aki kering:

  • Rutin memanaskan kendaraan setidaknya selama sepuluh menit sebelum digunakan.
  • Rutin bersihkan permukaan aki kering. Terutama aki kering type VRLA yang katupnya tersembunyi.
  • Hindari pemberian beban yang berat pada aki.
  • Pastikan pengikat aki sudah kencang agar tidak goyang saat jalan.
  • Jaga kebersihan terminal aki.

Demikian penjelasan cara memperbaiki aki kering yang mati total. Semua tahapan perbaikan harus dilakukan hati-hati agar tidak terjadi arus pendek. Jika ragu, sebaiknya membawa kendaraan ke bengkel.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *