Cara Memperbaiki Hardisk Rusak

Cara Memperbaiki Hardisk Rusak – Hardisk tidak selalu akan bekerja dengan baik. Seringkali juga ditemukan kinerjanya yang lemot, tidak terbaca, tidak bisa booting, hingga berbunyi. Tentu ada banyak hal yang menyebabkan itu terjadi. Namun bagaimana jika seseorang tidak terlalu paham dan mengerti cara memperbaiki hardisk rusak berbunyi? Ini dia penjelasan lengkapnya.

Apa Yang Menyebabkan Hardisk Rusak?

Di awal sudah dijelaskan sedikit mengenai penyebab hardisk rusak. Seperti halnya panas berlebih yang dapat menyebabkan penurunan kinerja bahkan merusak komponen yang ada di dalam hardisk tersebut. Tidak hanya itu, namun juga karena penggunaan secara berlebihan tentu tidak akan baik dan akan berimbas terhadap komponen di dalamnya menjadi cepat rusak.

Hardisk rusak juga bisa disebabkan karena terjatuh atau terbentur karena sifatnya yang sangat sensitif. Pasokan listrik yang tidak stabil juga akan mempengaruhi kemampuan putaran hardisk karena cakram di dalamnya yang berputar dengan kecepatan pun akan ikut tidak stabil.

Faktor umur dari hardisk itu sendiri juga menjadi salah satu pemicu hardisk mengalami kerusakan seperti berbunyi. Tidak dipungkiri bahwa segala sesuatu tentu memiliki batas masa pemakaian. Semakin lama umurnya, maka kinerja dari suatu produk atau barang pun akan semakin menurun.

Cara Memperbaiki Hardisk Rusak

Banyaknya penyebab hardisk yang rusak, harus membuat pemiliknya tetap berhati-hati dan waspada ketika menggunakan komputer atau laptop. Cara memperbaiki hardisk rusak berbunyi sebenarnya sangat kecil kemungkinan untuk bisa diperbaiki. Mengapa demikian? Hal ini karena hardisk dengan kerusakan tersebut pada bagian head dan platternya sudah tidak normal lagi. Berikut langkah memperbaikinya:

Baca Juga:  Apakah Saldo OVO Bisa Di Transfer Ke Rekening Pribadi

Atur Posisi Hardisk

Pada dasarnya hardisk sudah terdapat baut di dalamnya. Namun, apabila bagian casing hardisk pernah terbentuk, maka akan berpengaruh terhadap posisi hardisk itu sendiri. Silahkan cek ulang posisi hardisk dengan menggesernya sedikit. Cara memperbaiki hardisk rusak berbunyi bisa dicoba dengan mengatur ulang posisi hardisk.

Ketuk Casing Di Bagian Hardisk

Selain cara di atas, pengguna juga bisa mencoba untuk mengetuk casing bagian dalam hardisk. Sebelum melakukannya, pastikan bahwa laptop dalam keadaan mati. Pengguna bisa membalik laptop dan cek posisi hardisk di casing dan ketuk casing pada bagian hardisk secara perlahan. Usahakan jangan terlalu keras karena kemungkinan tidak akan menghilangkan bunyi dari hardisk tersebut.

Pasang Lepas Kabel Hardisk

Untuk PC atau komputer, maka bisa mencoba untuk melepaskan kabel hardisk dan pasang kembali dengan benar. Sedangkan pada laptop bisa coba lepas dan pasang kembali hardisk melalui port yang sudah disediakan oleh motherboard. Cara ini bisa dicoba apabila 2 cara di atas belum juga membuahkan hasil yang baik.

Kencangkan Baut Yang Ada Di Hardisk

Apabila baut longgar, maka bisa menyebabkan hardisk mengeluarkan bunyi. Hal ini biasanya disebabkan karena pemasangan awal hardisk yang kurang benar dan tepat. Pengguna bisa membongkar PC atau laptop untuk mengecek baut yang terpasang dan mengencangkan posisinya. Apabila memungkinkan, pengguna juga bisa mengganti jenis baut yang digunakan dengan ukuran yang lebih tepat.

Penyebab dan cara memperbaiki hardisk rusak berbunyi di atas semoga bisa menjadi perhatian untuk lebih merawat hardisk dengan benar. Pastikan untuk tidak mematikan komputer tiba-tiba kecuali jika dalam kondisi urgent. Selain itu juga dianjurkan untuk melakukan defrag di setiap partisi setidaknya 1-2 bulan sekali. Hindari putus aliran listrik secara tiba-tiba, jatuh, maupun terkena air. Dijamin perangkat komputer satu ini akan tetap dalam kondisi baik.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *