Cara Menata Rumah Sempit

Cara Menata Rumah Sempit – Perlu diketahui cara menata rumah kontrakan sempit tidak boleh asal-asalan. Tentunya, hunian yang nyaman menjadi keinginan semua orang. Meskipun rumah bukan milik pribadi, akan tetapi mengatur agar rumah terlihat lebih luas menjadi tantangan tersendiri.

Banyak cara yang dapat dilakukan agar hunian terlihat rapi dan enak dipandang. Tidak memungkiri rumah yang tertata rapi bisa meningkatkan semangat produktivitas kerja. Selain itu juga membuat suasana rumah menjadi lebih sehat. Simak cara menata rumah kontrakan sempit berikut ini:

Gabungkan Ruang Tamu dan Ruang Keluarga

Kedua ruangan mempunyai fungsi yang berbeda. Ruang tamu adalah tempat atau ruangan untuk menyambut tamu yang datang. Sedangkan ruang keluarga adalah ruangan untuk berkumpul bersama keluarga.

Namun, tidak ada salahnya apabila ruang tamu dan ruang keluarga ini dijadikan satu ruangan. Selain untuk menghemat tempat juga membuat ruangan rumah menjadi multifungsi. Ruangan akan terlihat lebih luas daripada sebelumnya.

Pakai Ranjang Multifungsi

Banyak yang tidak tahu kalau ranjang multifungsi bisa digunakan untuk membuat ruangan lebih luas. Tidak hanya digunakan untuk tempat rebahan dan tidur, akan tetapi juga bisa berfungsi untuk menyimpan pakaian.

Pakaian bisa disimpan dan ditata di bawah ranjang dengan rapi. Tidak perlu membeli lemari banyak untuk menyimpan pakaian. Sebab ranjang bisa digunakan untuk menyimpan baju. Cara ini sangat efektif dan efisien membuat hunian menjadi lebih luas.

Gantung Cermin Besar

Menempatkan cermin berukuran besar adalah cara menata rumah kontrakan sempit yang selanjutnya. Sekilas, mungkin terlihat sepele dan tidak terlalu penting. Namun, ada tujuan dari memasang cermin besar tersebut.

Cermin besar akan memberikan kesan ilusi optik rumah terlihat lebih luas. Pilih bingkai cermin yang cukup sederhana dan murah. Untuk membeli cermin tidak perlu yang mahal asalkan ukurannya disesuaikan dengan ruangan.

Baca Juga:  Inilah Cara Mengecat Motif Marmer Agar Nampak Seperti Marmer Aslinya

Tempatkan Sandal dan Sepatu di Rak Khusus

Banyak yang menganggap meletakkan sandal dan sepatu tidak membutuhkan banyak ruang. Padahal jika melepas sandal dan sepatu secara sembarangan bisa membuat rumah terlihat berantakan. Dan tentu saja akan membuat tempat terlihat sempit.

Pilih rak susun yang minimalis dan tidak menghabiskan banyak tempat. Cukup menaruh rak di sudut ruangan agar mudah dijangkau dan tidak mengganggu tampilan ruangan. Rumah yang tidak berantakan akan membuat nyaman pemilik rumah.

Pasang Pegboard

Pegboard atau cantolan menjadi solusi yang tepat untuk kontrakan yang sempit. Pegboard bisa dipasang di semua ruangan. Misalkan saja untuk barang-barang dapur bisa cukup digantung menggunakan Pegboard ini.

Dengan adanya pegboard membuat kesan tiap ruangan tidak sempit dan terlihat rapi. Barang tidak berantakan lagi sebab tersusun rapi menggunakan pegboard di dinding. Bisa juga menggunakan pegboard yang kecil untuk barang yang berukuran kecil.

Manfaatkan Barang-barang yang Tidak Terpakai

Pastinya setiap rumah mempunyai barang atau benda yang sudah tidak terpakai. Tentu saja akan bingung menyimpan barang tersebut. Namun, ada cara agar barang yang tidak terpakai bisa digunakan kembali.

Sebagai contohnya, kotak sepatu bekas bisa dijadikan tempat rak susun sepatu atau rak buku dan lainnya. Bekas tutup botol bisa digunakan untuk pegboard dinding ruangan. Sangat menarik untuk dicoba.

Jaga Ruangan Tetap Bersih

Dan yang terakhir adalah selalu menjaga rumah agar tetap bersih dan rapi. Cara ini sering sekali diabaikan oleh pemilik rumah. Dengan rutin membersihkan ruangan akan membuat rumah nyaman dan terasa lega.

Barang yang berantakan dan berceceran akan membuat hunian terasa sempit. Penataan perabotan yang rapi membuat ruangan menjadi luas dan tidak mengganggu pandangan. Setelah memakai barang bisa ditempatkan pada tempat semula.

Itulah beberapa cara menata rumah kontrakan sempit agar terlihat lebih luas. Hunian yang bersih rapi akan membuat nyaman dan lebih semangat melakukan aktivitas. Cara di atas bisa dipraktekkan dengan mudah.

Baca Juga:  Cara Budidaya Jamur Tiram di Rumah dengan Benar
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *