Cara Mengemudi Mobil Manual

Cara Mengemudi Mobil Manual – Mengendarai mobil manual bukanlah hal mudah dilakukan seorang pemula, sehingga harus benar-benar tahu caranya dengan tepat. Untuk belajar cara mengemudi mobil manual ini tentunya harus didampingi oleh ahlinya. Ini dimaksudkan supaya proses belajar jadi lebih maksimal dan aman dari bahaya.

Supaya lebih rinci mengenai langkah-langkah belajar mengendarai mobil manual. Berikut ini rangkuman yang bisa diterapkan supaya lebih aman nantinya.

Mengenal Fitur Mobil

Langkah awal yang harus diperhatikan dengan baik adalah mengenal semua fitur-fitur dalam mobil. Pastikan dengan baik sudah hafal dimana letak rem, gas, dan kopling. Jika sampai lupa letak bagiannya dan salah injak, tentu akibatnya sangat fatal.

Jangan lupa untuk mengetahui fitur lampu sign, klakson, dan bagian-bagian lainnya. Selain itu, pengemudi pemula juga harus memperhatikan letak dan bagaimana cara mengubah perpindahan persneling atau gigi mobil.

Mengatur Posisi Duduk

Kenyamanan ketika berkendara juga terletak pada posisi duduk seorang pengemudi, jadi aturlah sebaik mungkin. Posisi duduk ini nantinya akan memengaruhi kaki saat menginjak rem, gas, dan kopling. Pastikan dengan baik bahwa kaki bisa mengaplikasikan tiga bagian pedal di kaki.

Mengetahui Pedal

Kemudian kenali pedal dan semua fungsinya terlebih dahulu supaya nanti ketika menjalankan kendaraan tidak bingung. Pedal di kiri untuk kopling, tengah adalah rem, dan sebelah kanan merupakan gas.

Sedangkan kopling untuk memutus perputaran roda yang berhubungan. Selain itu kopling juga biasa dipakai mengubah gigi untuk mengurangi atau menambah.

Menghidupkan Mobil Perlahan

Selanjutnya cara mengemudi mobil manual untuk seorang pemula adalah dengan menghidupkan kendaraan perlahan-lahan. Pengemudi perlu memindahkan tuas persneling ke dalam posisi netral, antara gigi tiga dan empat. Lalu hidupkan mesin dengan starter pada kunci dan pastikan menginjak kopling.

Baca Juga:  Puncak Pinus Becici Keindahan Gunung Di Tanah Jogja

Masih dalam posisi transmisi netral, injak kopling supaya mobil tidak meloncat ketika memindahkan persneling. Untuk mengingat jarak ayunan pedal kopling, gas, dan rem dengan menginjak kopling dengan penuh lalu ditahan.

Menjalankan Mobil dengan Hati-Hati

Masih dalam keadaan menekan kopling, masukkan persneling ke gigi 1 dengan melepaskan kopling perlahan dan injak gas. Pengemudi nantinya akan merasakan momen saat bagian depan mobil tersentak sedikit dan ada penurunan RPM.

Lalu lepaskan rem tangan namun jangan melepaskan kopling secara keseluruhan. Usahakan melepas kopling dengan perlahan sambil menekan gas. Pastikan mempertahankan RPM diatas nol walau sedikit. Selanjutnya perbesar gas perlahan dan kopling bisa dilepaskan.

Memindahkan Kopling ke Gigi yang Lebih Tinggi

Tahap selanjutnya yang bisa dilakukan pengemudi pemula adalah kopling dipindahkan ke gigi lebih tinggi. Gigi bisa dinaikkan ketika sudah melebihi rentang RPM mesin. Untuk prosesnya bisa dilakukan dengan mengangkat kaki dari pedal gas kemudian menekan kopling.

Selanjutnya tuas persneling dipindahkan ke gigi tertinggi dengan melepas kopling dan menambah kecepatan. Pada saat mobil bergerak, maka bisa melepas kopling lebih cepat dan mengembalikan tangan ke posisi stir.

Untuk cara terakhir adalah menurunkan gigi secara tepat supaya tetap nyaman ketika dikendarai. Pada saat menurunkan gigi maka perlu menggunakan kecepatan untuk waktunya. Mengganti gigi bisa dilakukan dengan mengangkat kaki dari gas dan menginjak kopling.

Injaklah kopling dengan penuh, kemudian pindahkan tuas persneling ke gigi kecil, selanjutnya lepaskan perlahan-lahan. Pakai pedas gas untuk mengimbangi kecepatan dan lepaskan kopling.

Demikianlah cara mengemudi mobil manual bagi pemula yang baru belajar. Pastikan untuk perlahan-lahan ketika baru belajar mengendarai mobil supaya tidak terjadi hal-hal tidak diinginkan.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *