Cara Menggunakan Minyak Zaitun Untuk Wajah Agar Sehat Dan Terawat

Cara Menggunakan Minyak Zaitun Untuk Wajah Agar Sehat Dan Terawat

Cara Menggunakan Minyak Zaitun Untuk Wajah

Cara Menggunakan Minyak Zaitun Untuk Wajah – Olive oil atau minyak zaitun sudah dikenal memiliki banyak kebaikan untuk tubuh. Biasanya memang digunakan untuk makanan, tapi ternyata banyak manfaatnya untuk wajah. Ada beberapa cara menggunakan minyak zaitun untuk wajah. Ulasannya bisa disimak dalam artikel ini.

Kandungan vitamin E pada minyak zaitun cukup tinggi untuk dapat membantu memiliki kulit yang sehat. Khususnya untuk wajah, ada beberapa cara dan manfaat minyak zaitun yang bisa diambil. Bukan saja untuk wajah tapi juga untuk seluruh tubuh.

Penggunaan Minyak Zaitun dengan Berbagai Metode

Cara menggunakan minyak zaitun untuk wajah dapat dilakukan dengan beberapa cara berbeda. Baik secara langsung maupun dicampurkan dengan bahan lain. Perlu diketahui, minyak zaitun juga dapat digunakan dengan banyak bahan lain untuk perawatan wajah, contohnya kopi, lemon, dan lainnya.

Pemakaian Langsung

Cara menggunakan minyak zaitun untuk wajah seperti ini bisa membuat wajah tetap lembab dan kulit menjadi halus. Berikut ini langkahnya:

  • Ambil minyak zaitun secukupnya lalu oleskan pada wajah hingga merata.
  • Lakukan pemijatan selama beberapa menit secara perlahan.
  • Biarkan terserap pada kulit wajah selama 10 menit baru dibersihkan menggunakan air hangat.

Untuk menghapus riasan wajah juga bisa menggunakan minyak zaitun, agar kulit menjadi benar-benar bersih. Bisa juga dengan menaruhnya di kapas pembersih muka untuk membersihkan riasan wajah.

Selain itu bisa digunakan untuk masker mata dengan cara mengoleskannya pada sekeliling mata sebelum tidur. Biarkan meresap dan bersihkan esok paginya dengan air hangat.

Dicampur Perasan Air Lemon

Dengan mencampurkan minyak zaitun dengan perasan buah lemon, khasiatnya bisa membuat kulit wajah menjadi putih dan segar. Berikut adalah cara membuatnya:

  • Buat masker dengan mencampurkan 1 sendok teh minyak zaitun (extra virgin olive oil) dengan perasan air lemon 2 sendok teh.
  • Ratakan campuran tersebut pada wajah sambil dipijat perlahan.
  • Lalu biarkan kulit wajah menyerapnya selama 15 menit sebelum menggunakan air hangat untuk membersihkannya.
Baca Juga:  7 Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan Yang Penting Diketahui

Sebelum mengoleskan campuran tersebut, jangan lupa bersihkan dulu wajah agar minyak zaitun bisa terserap dengan baik. Karena menggunakan perasan air lemon, lakukan perawatan masker ini 1x seminggu saja. Supaya tidak malah membuat iritasi pada kulit wajah.

Menggunakan Kopi

Selain dibuat menjadi minuman, ternyata kopi juga berguna untuk perawatan wajah. Cara menggunakan minyak zaitun untuk wajah dengan memanfaatkan kopi bubuk digunakan sebagai bahan scrub untuk melakukan eksfoliasi. Karena dapat mengangkat kotoran yang tertinggal di pori-pori juga kulit yang mati.

  • Aduk rata campuran 1 sdm minyak zaitun dengan 3 sdm kopi bubuk hingga cukup kental sebagai scrub.
  • Oleskan dengan gerakan melingkar sambil dipijat lembut sekitar semenit.
  • Gunakan air hangat untuk membersihkannya.

Campuran scrub ini juga dapat digunakan pada tubuh, bukan hanya untuk wajah. Fungsinya sebagai scrub juga bisa dipakai untuk bagian tubuh lainnya selain wajah.

Mencampur dengan Gula Pasir Kasar Atau Garam Laut

Cara menggunakan minyak zaitun untuk wajah seperti ini bisa digunakan untuk wajah atau kaki. Fungsinya sama seperti campuran dengan kopi, yaitu sebagai eksfoliator untuk mengangkat kulit yang mati. Khususnya jika kaki atau tumit kaki yang bersisik atau pecah.

  • Buat campuran seperti pasta dari 1 sdm minyak zaitun dengan 2-3 sdm gula pasir kasar atau garam laut (sea salt).
  • Oleskan pada wajah atau tumit yang pecah sambil dipijat perlahan.
  • Biarkan kulit meresapnya dulu sekitar 10 menit sebelum menggunakan air hangat untuk membersihkannya.

Membuat Masker Pepaya

Buah pepaya diketahui memiliki banyak vitamin, khususnya vitamin A. Cara menggunakan minyak zaitun untuk wajah seperti ini adalah dengan mengolahnya menjadi masker. Berikut adalah cara membuatnya:

  • Haluskan daging buah pepaya secukupnya lalu tambahkan minyak zaitun hingga menjadi pasta.
  • Ratakan campuran ini pada wajah lalu diamkan sekitar 15 menit.
  • Bersihkan dengan menggunakan air hangat.
Baca Juga:  BCA KrisFlyer Signature - Menjembatani Perjalanan Mewah Anda

Minyak Zaitun yang Kaya Manfaat

Minyak zaitun memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Kandungan nutrisi yang dimilikinya amat beragam dan semuanya memiliki khasiat bagi tubuh. Umumnya minyak zaitun dikonsumsi sebagai campuran makanan.

Minyak zaitun juga tinggi kadar antioksidan, yang menyehatkan badan untuk mencegah radikal bebas. Apalagi dikonsumsi langsung dalam salad karena tidak terkena olahan panas. Kandungan lemak tidak jenuhnya membuatnya cocok dijadikan ‘dressing’ untuk salad.

Bahkan untuk pengganti minyak kelapa untuk menggoreng, menumis, atau memasak makanan lain. Kandungan vitamin E yang dimilikinya membuat makanan jadi lebih bermanfaat dan kulit wajah menjadi sehat.

Kandungan squalene dapat digunakan untuk menghaluskan kulit wajah. Zat linoleic acid dapat menjaga kandungan air pada wajah hingga wajah tetap terjaga kelembabannya. Zat polifenol bermanfaat untuk melindungi sel dari berbagai kerusakan.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk wajah bisa dilakukan dengan banyak metode. Setiap bahan campuran yang digunakan di atas masing-masing memiliki kandungan zat dan vitamin. Semuanya berguna untuk memberikan nutrisi agar wajah tetap sehat dan terawat.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *