cara menyembuhkan gerd

5 Cara Menyembuhkan GERD Secara Alami yang Ampuh

cara menyembuhkan gerd

Jakarta – Masalah asam lambung naik hingga ke kerongkongan atau biasa disebut dengan GERD banyak dialami oleh masyarakat. GERD dapat ditimbulkan oleh pola hidup yang kurang sehat. Pada ulasan ini, kita akan lebih menekankan bagaimana cara menyembuhkan gerd secara alami. Bukan hanya gaya hidup yang tidak sehat, faktor stress juga dapat menimbulkan penyakit ini.

Naiknya asam lambung terjadi karena beberapa faktor, diantaranya produksi asam lambung secara berlebihan. Harus diketahui, cara untuk menyembuhkan GERD secara alami adalah pilihan yang harus dicoba terlebih dahulu sebelum ke obat – obatan. Dengan bahan herbal yang memiliki efek samping lebih rendah dapat menjadi solusi. Berikut ini bahan alami dalam menyembuhkan GERD:

Dengan Ramuan yang Terbuat Dari Jahe

Jahe yang merupakan termasuk rempah-rempah yang memiliki khasiat yang luar biasa, apalagi jika dikonsumsi secara rutin. Pasalnya, jahe memiliki sifat anti inflamasi yang secara alami dapat mengobati masalah pencernaan lainnya, termasuk mulas dan GERD. Jahe memang telah sejak lama dikenal sebagai obat herbal dan terbukti ampuh oleh khasiatnya.

Untuk mengatasi GERD, jahe bisa diolah menjadi teh jahe atau minuman hangat lainnya. Bisa dengan menggunakan jahe segar atau jahe bubuk yang tersedia di pasaran. Jahe dapat diolah dengan dikukus lalu di bersihkan, setelahnya bisa ditumbuk atau di iris dan di rebus. Lakukan metode pengobatan ini dengan rutin meminum air jahe.

Gunakan Jamu Dari Kunyit

Cara menyembuhkan GERD secara alami yang bisa dilakukan selanjutnya yakni dengan menggunakan kunyit. Tidak jauh berbeda dari jahe, kunyit merupakan tumbuhan herbal yang sangat mudah untuk ditemui dan segudang manfaatnya. Kunyit juga memiliki khasiat yang begitu ampuh dalam menyembuhkan GERD karena kandungan senyawa anti peradangan dan antioksidan yan dimilikinya.

Baca Juga:  5 Cara Mengobati DBD Pada Anak Dengan Cepat Dan Maksimal

Bagi penderita penyakit GERD, kunyit dapat diolah menjadi minuman atau campuran pada bumbu masakan. Dengan memanfaatkan rimpang kunyit yang telah ditumbuk hingga berbentuk serbuk, lalu dijadikan minuman, dengan catatan tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. Perlu diketahui sebelum mengkonsumsi ramuan ini harus mengetahui apakah ada penyakit peserta lainnya yang dapat mempengaruhi.

Buat Ramuan dari Akar Manis Atau Licorice

Cara yang selanjutnya adalah dengan menggunakan akar manis. Kandungan pada akar manis sebagai obat luka yang muncul pada selaput lapisan lambung. Akar manis dapat di olah menjadi minuman hangat seperti teh. Dengan cara memotong kecil – kecil akar manis secukupnya, lalu masukkan ke dalam air mendidih, lalu tambahkan satu sendok madu.

Konsumsi Minuman Dari Jus Lidah Buaya

Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa, lidah buaya efektif meredakan gejala GERD atau asam lambung. Caranya cukup mudah, yakni dengan cara mengupas dan mencucinya hingga bersih. Pisahkan getah kuning dengan pisau, masukkan gel lidah buaya ke dalam blender lalu campurkan madu. Tuangkan ke gelas maka jus lidah buaya siap untuk diminum.

Makan Makanan Hasil Olahan Pisang Raja

Adapun yang terakhir adalah pisang, sebagai bahan alami penyembuh GERD. Jenis pisang raja yang kondisinya masih setengah matang dapat dijadikan obat dari GERD. Caranya cukup mudah, iris tipis pisang raja, lalu jemur di bawah terik matahari, setelah kering langsung ditumbuk hingga halus. Setelahnya tuangkan 2 sendok bubuk pisang tadi ke air, tambahkan madu secukupnya.

Cara menyembuhkan GERD secara alami yang sudah dijelaskan di atas diharapkan mampu menjadi solusi bagi para penderita asam lambung. Gunakan cara herbal atau alami sesuai yang ada di atas sebelum menggunakan obat-obatan.

Baca Juga:  Cara Menggunakan Minyak Zaitun Untuk Wajah Agar Sehat Dan Terawat

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *