Cara Pasang Lampu Motor – Pengguna motor yang ingin untuk memasang ataupun mengganti lampu motor bisa melakukannya langsung di kiprok tanpa memerlukan bantuan keberadaan aki. Oleh sebab itu, perlu untuk mengetahui cara pasang lampu motor langsung dari kiprok tanpa aki secara mudah dan pastinya bekerja.

Cara yang akan dilampirkan pun tentu tidak susah untuk diikuti selagi pengguna sudah memahami betul fungsi-fungsi dari printilan di motor. Pengguna motor dapat mengikuti cara yang disediakan di bawah dengan seksama dan berhati-hati. Mari simak ulasan lengkapnya berikut:

Cara Pemasangan Lampu Motor Tanpa Aki

Pemasangan lampu motor menjadi suatu hal yang kerap diperlukan oleh pengguna motor. Terlebih lagi jika memasangnya tanpa menggunakan aki, pasti akan membuat pengguna tertarik karena lebih hemat dari biasanya. Maka dari itu, pengguna motor harap menyimak ulasan berikut sampai selesai.

Pengguna motor harus mengetahui cara pasang lampu motor langsung dari kiprok tanpa aki agar bisa memasangnya secara mandiri. Pemasangan lampu motor tanpa aki akan mudah jika disimak dengan baik. Berikut tiga cara mudah untuk memasang lampu motor tanpa menggunakan aki:

Menggunakan Konverter AC ke DC

Konverter pada motor memiliki tiga kabel, yaitu lampu jauh, lampu dekat, dan juga ground atau negatif. Ketiga kabel tersebut dihubungkan ke lampu utama. Hal lain yang harus diketahui adalah daya maksimal dari ketiga komponen itu sebesar 30 Watt.

Pengguna harus mengetahui tahapan untuk menggunakan konverter AC ke DC agar sumber dayanya bisa beralih. Cara ini terbilang mudah untuk dilakukan, tinggal mengikuti tahapannya saja. Berikut telah disediakan tahapan demi tahapan yang dapat dilalui:

  • Buka penutup kiprok yang terdapat pada sisi sepeda motor.
  • Lepas kabel yang berwarna kuning.
  • Pindahkan arus listrik dari spul dan kiprok ke aki menggunakan kunci kontak.
  • Sumber daya akan berubah dari AC menjadi DC.
Baca Juga:  Inilah Motor Harley Davidson Terkeren Dan Super Canggih

Mengubah Arus Lampu Utama dari AC ke DC

Cara berikutnya adalah dengan melalui tahapan pemutusan arus kabel ke lampu utama. Pengguna motor bisa melepaskannya melalui soket. Kemudian pengguna dapat memasang lampu motor langsung dari kiprok tanpa harus memanfaatkan aki.

Perubahan arus lampu utama dari AC ke DC ini akan membuat lampu terpasang tanpa menggunakan aki. Jika pengguna tidak terlalu memahami soal perkabelan di motor, harap bertanya terlebih dahulu ke orang yang profesional di bidang tersebut.

Mengubah Kelistrikan ke DC atau Full DC

Perubahan pengisian spul dari lampu utama ke aki bisa dijadikan sebagai langkah untuk mengubah kelistrikan motor menjadi full DC. Cara terakhir ini dapat dijadikan solusi untuk memasang lampu motor tanpa adanya aki sehingga akan lebih menghemat biaya dan waktu.

Cara yang satu ini termasuk aman dan dianjurkan untuk digunakan. Namun, pengguna diharapkan untuk mengetahui terlebih dahulu soal komponen kelistrikan pada motor. Oleh sebab itu, apabila pengguna belum terlalu paham dengan komponen kabel di motor alangkah baiknya untuk belajar dulu.

Kelebihan Pemasangan Lampu Motor Tanpa Aki

Pemasangan lampu motor terutama jika dipasang dengan jenis LED tentu akan sangat membuat aki boros. Oleh sebab itu, tersedia banyak cara agar pengguna motor bisa memasang lampu motor tanpa harus menggunakan aki. Hal tersebut dilakukan agar menghemat biaya dan waktu.

Demikian ulasan mengenai cara pasang lampu motor langsung dari kiprok tanpa aki secara mudah beserta kelebihannya dan bisa langsung diaplikasikan. Pemasangan lampu motor kini tidak memerlukan aki yang akan menambah biaya, hanya dengan kiprok saja sudah bisa.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *