Cara Upload Video You Tube

Cara Upload Video You Tube – Klaim hak cipta atau copyright merupakan satu permasalahan YouTube yang sering kali menimpa banyak konten kreator. Mengatasi hal tersebut, cara upload video YouTube bebas klaim hak cipta harus diketahui oleh para pembuat konten ini agar tidak membuat video yang rawan terkena hak cipta.

Secara umum ada sejumlah cara yang bisa diikuti untuk meminimalisir klaim hak cipta. Cara-cara tersebut akan dijelaskan lebih ringkas di bawah ini:

Mengupload Video yang Original

Syarat pertama untuk memiliki unggahan video YouTube yang bebas dari pelanggaran copyright adalah dengan cara meng-upload video yang original. Video original merupakan video yang dikonsep, diambil, dan memiliki isi video yang tidak sama dengan milik kreator lain.

Untuk bisa memenuhi hal ini, seorang content creator haruslah memiliki konsep video yang benar-benar matang. Setidaknya, konten kreator ini memiliki kerangka alur video yang bersifat orisinil. Tidak menjiplak sedikit pun unsur video dari mana pun.

Tidak Memasukkan Brand yang Komersil

Salah satu penyebab mengapa video yang sudah diunggah ke Youtube tiba-tiba terkena take down adalah karena mengandung suatu brand di dalamnya. Terlebih lagi apabila brand tersebut merupakan brand yang komersil sifatnya.

Sebuah brand komersil yang tidak memberikan izin dalam penyebutan nama atau kenampakannya bisa mengklaim hak cipta. Itulah mengapa video yang sudah diunggah akhirnya diblokir YouTube. Untuk itu, sebisa mungkin hindari memasukkan brand ke video atau lakukan sensor semaksimal mungkin.

Baca Juga:  Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen

Menghindari Hak Cipta Milik Video Lain

Umumnya, setiap video yang diunggah ke Youtube sudah memiliki hak cipta terlebih apabila video-video tersebut berasal dari channel yang besar atau channel yang resmi. Klaim hak cipta ini dibuat untuk menghindari plagiasi video yang bisa terjadi oleh siapapun.

Perlu diketahui, yang dihindari adalah copyright paten milik video orang lain. Sebenarnya, poin ini masih sedikit berhubungan dengan poin pertama tadi yang mana mengharuskan konten kreator membuat video original. Untuk kasus ini, menghindari video unggahan yang memiliki hak penciptaan adalah cara upload video YouTube bebas klaim hak cipta.

Menggunakan Software Edit yang Cukup Banyak

Nyatanya, menggunakan bantuan software edit yang beragam dapat menolong konten kreator dari klaim hak cipta oleh YouTube. Tentu saja, menggunakan software yang beragam ini dimaksudkan dalam hal penggunaannya untuk edit file video yang mana pasti dipublikasikan ke platform tersebut.

Saat seorang pembuat konten mengedit video, usahakan untuk menggunakan lebih dari satu software edit. Penggunaannya bisa dibagi untuk watermark, pemberian subtitle, penambahan edit suara, dan edit lain yang sekiranya dibutuhkan dalam video.

Tidak Melakukan Reupload Video

Sebenarnya, ini merupakan konsep dasar yang harus dipenuhi oleh pembuat konten agar tidak terkena klaim hak cipta. Reupload sendiri artinya adalah mengunggah ulang. Yang dimaksud dari mengunggah ulang adalah mengambil atau mencuri video oleh konten kreator lain untuk diunggah di channel sendiri.

Cara dasarnya saja, tindakan ini sudah merupakan sebuah tindakan pencurian konten. Tidak perlu diproses pun, melakukan reupload secara 100% sudah pasti bisa terkena klaim hak cipta dan terancam dibisukan channelnya.

Penjelasan di atas tersebut adalah pastinya beberapa jumlah cara upload video YouTube bebas klaim hak cipta. Sekilas info bahwa sebenarnya YouTube memiliki sistem fire use yang mana membolehkan seorang pembuat konten untuk memiliki kesamaan dengan video lain dengan syarat kesamaan tersebut tidak boleh lebih dari 30 detik.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *