Cara Daftar Universitas Terbuka Secara Online Dan Offline

Cara Daftar Universitas Terbuka Secara Online Dan Offline

Daftar Universitas Terbuka Secara Online Dan Offline

Daftar Universitas Terbuka Secara Online Dan Offline – Universitas Terbuka menjadi salah satu universitas populer yang banyak dijadikan pilihan. Jadi tidak heran, jika banyak calon mahasiswa baru yang ingin mendaftar di UT. Cara daftar Universitas Terbuka juga terkonsep mudah dan tidak membingungkan.

Namun jika belum benar-benar paham dengan susunan prosesnya, maka harus tahu dulu seperti apa rincian proses yang harus dijalankan. Pada bagian ini, akan diberikan penjelasan mengenai cara mendaftar di UT dan beberapa informasi lainnya. Simak uraian berikut untuk mengetahuinya:

Pendaftaran Universitas Terbuka Secara Online

Karena sistem pembelajaran di UT adalah online, maka UT juga sudah menyediakan layanan pendaftaran online yang bisa dijalankan tanpa ketentuan waktu dan tempat. Dengan proses ini, maka calon mahasiswa bisa mendaftar dengan mudah tanpa harus datang ke kantor UT.

Meski demikian, ada beberapa bagian yang harus diperhatikan oleh calon mahasiswa. Pertama adalah media pendaftaran dan internet yang digunakan. Jika semua sudah tersedia dengan baik, maka proses pendaftaran bisa segera dijalankan. Untuk prosesnya sendiri, simak rincian berikut ini:

  • Siapkan semua berkas yang dibutuhkan sebagai syarat pendaftaran di UT.
  • Kemudian, masuk ke halaman situs UT dengan alamat https://www.ut.ac.id di browser masing-masing.
  • Jika sudah masuk ke halaman utamanya, maka segera menuju menu pendaftaran mahasiswa baru untuk melakukan pengisian formulir.
  • Setelah masuk ke halaman utamanya, maka calon mahasiswa akan dihadapkan dengan formulir online yang harus diisi. Pastikan semua bagian formulir diisi dengan baik dan jangan ada yang terlewat.
  • Apabila semua rincian formulir sudah diisi dengan lengkap, maka proses selanjutnya adalah mengunggah dokumen persyaratan.
  • Proses lanjutannya adalah registrasi mata kuliah. Pada bagian ini, mahasiswa akan langsung memilih mata kuliah untuk jurusan yang dipilih.
  • Kemudian, calon mahasiswa baru bisa segera mencetak LIP-R yang berisi rincian biaya. Jenis biaya yang harus dibayarkan adalah biaya pendaftaran, registrasi matkul, biaya kirim, dan biaya bahan ajar.
  • Jika sudah mencetak LIP-R, maka rincian biayanya sudah diketahui dengan jelas. Dengan demikian, calon mahasiswa bisa langsung melakukan pembayaran dengan metode yang dipilih. Bisa melalui Alfamart, BTN, Tokopedia, BRI, BNI, atau Mandiri.
  • Saat pembayaran sudah diselesaikan, maka calon mahasiswa tersebut sudah resmi menjadi mahasiswa. Nantinya, akan ada kartu tanda mahasiswa, kalender akademik, buku saku, dan leaflet yang dikirimkan.
Baca Juga:  Cara Menata Dapur Kecil Memanjang Untuk Menambah Mood Memasak

Pendaftaran Universitas Terbuka Secara Offline

Selain menggunakan cara online, ada juga cara daftar Universitas Terbuka secara langsung. Jika memanfaatkan metode ini, maka calon mahasiswa bisa langsung datang ke kantor UT yang berada di wilayah terdekat. Dengan demikian, calon mahasiswa tidak harus menyiapkan internet sendiri.

Saat memakai metode langsung, maka mahasiswa akan dimudahkan karena akan ada pihak UT yang membantu proses pendaftaran. Jadi jika ada yang ingin ditanyakan, maka calon mahasiswa bisa mengatakannya secara langsung. Untuk lebih jelasnya, simak proses berikut ini:

  • Untuk mengawali proses, siapkan dulu semua berkas yang akan dijadikan syarat pendaftaran.
  • Kemudian, unduh formulir pendaftaran di situs https://www.ut.ac.id/formulir. Setelah diunduh, jangan lupa untuk diisi sampai lengkap karena nantinya akan diserahkan kepada pihak UT.
  • Saat semua berkas lengkap dan formulir sudah diisi, maka langsung saja datangi kantor UT terdekat yang berada di kota masing-masing.
  • Lakukan proses pendaftaran ke pihak UT dengan menyerahkan semua berkas yang disediakan. Pastikan tidak ada berkas yang tertinggal. Karena jika ada aspek yang tertinggal, maka pihak UT akan meminta kelengkapannya segera.
  • Nantinya, pihak UT akan membantu proses registrasi mata kuliah dan proses cetak LIP-R. Jadi kesalahan akan semakin minim karena ada yang membantu prosesnya.
  • Saat LIP-R sudah di tangan, maka proses selanjutnya adalah dengan melakukan pembayaran. Metode yang bisa dipilih sama dengan metode online di atas.
  • Apabila proses pembayaran selesai, maka proses pendaftaran bisa dikatakan selesai. Nantinya, pihak UT akan mengirimkan KTP elektronik, kalender akademik, leaflet, dan buku saku.

Demikianlah penjelasan mengenai cara daftar Universitas Terbuka yang bisa dipahami. Agar tidak ada bagian yang salah, maka pastikan untuk mengikuti susunan proses di atas dengan baik. Dengan demikian, hasilnya akan sesuai dan tidak akan menimbulkan hambatan.

Baca Juga:  Pahami Prinsip Supervisi Pendidikan Demi Tercapainya Pembelajaran Yang Baik!

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *