Kandungan Air Kelapa

Kandungan Air Kelapa – Air kelapa memiliki rasa yang khas dan menyegarkan. Tidak hanya mampu menghilangkan rasa haus, kandungan air kelapa juga sangat baik bagi tubuh. Setidaknya dalam air kelapa murni terdapat sejumlah nutrisi dan elektrolit, sehingga mampu menghidrasi dan membawa manfaat yang baik.

Air kelapa juga menjadi sumber minuman yang tepat saat olahraga. Apalagi airnya mempunyai rasa yang manis dan segar, sehingga mampu melepas dahaga. Adapun beberapa zat aktif yang terkandung pada air kelapa beserta manfaatnya dapat disimak berikut ini:

Kalium untuk Mengatur Tekanan Darah

Siapa sangka minuman air kelapa yang mudah ditemui nyatanya mampu menjaga tekanan darah. Secara tidak langsung, hal ini juga membantu tubuh mengurangi resiko serangan jantung. Hal tersebut, dikarenakan adanya kandungan zat kalium yang tergolong tinggi pada air kelapa.

Konsumsi air kelapa berpotensi untuk mencegah adanya penggumpalan darah. Bukan hanya itu, dengan mengkonsumsi air kelapa maka mampu membantu meningkatkan jumlah kolesterol baik pada tubuh. Itulah alasannya, air kelapa sangat baik untuk menurunkan resiko stroke dan serangan jantung.

Kandungan Mineral untuk Masalah Pencernaan

Air dan gula yang berasal sari makanan ada kalanya tidak diserap dengan baik oleh pencernaan, sehingga menyebabkan radang. Dalam kondisi ini, tubuh banyak kehilangan mineral penting. Sementara air kelapa yang dikonsumsi berfungsi untuk mengembalikan kekurangan mineral tersebut.

Air kelapa mengandung vitamin dan potasium yang akan mengurangi peradangan. Itulah alasannya, air kelapa diklaim menjadi obat bagi berbagai macam masalah pencernaan. Dengan adanya kandungan mineral, air kelapa banyak digunakan untuk mengobati cacingan, konstipasi, dan diare.

Baca Juga:  Puncak Gundaling_Lokasi, Harga Tiket Masuk_Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

Asam Amino Untuk Mendukung Fungsi Organ

Kandungan asam amino dalam air kelapa mempunyai manfaat dalam menjaga kelangsungan kerja seluruh organ pada tubuh. Hal ini juga didukung oleh kandungan air kelapa berupa arginin, yaitu asam amino untuk mengatasi ketegangan tubuh setelah berolahraga.

Mengkonsumsi air kelapa mampu membantu dalam membentuk protein, yang berfungsi untuk meregenerasi sel-sel pada tubuh. Selain itu, kandungan air kelapa mampu membantu sistem metabolisme tubuh. Untuk mendukung khasiat dari air kelapa maka diperlukan bantuan enzim katalase, diastase, dan lainnya.

Antioksidan Untuk Menangkal Radikal Bebas

Metabolisme juga membawa efek samping berupa timbulnya sel-sel berbahaya, salah satunya radikal bebas. Sementara jumlah sel-selnya akan terus meningkat, ketika sedang sakit atau mengalami stres. Kondisi ini akan memicu kerusakan pada sel-sel tubuh yang sehat.

Sementara antioksidan merupakan salah satu kandungan air kelapa yang mampu meredakan efek stres oksidatif. Dengan demikian, tubuh mampu menangkal radikal bebas yang membahayakan. Meski demikian, potensi antioksidan pada air kelapa patut diteliti lebih jauh untuk mengetahui manfaatnya.

Elektrolit Sebagai Pengganti Cairan Tubuh

Kebutuhan elektrolit pada tubuh akan semakin besar, terutama ketika selesai melakukan olahraga. Fungsi elektrolit yaitu untuk menggantikan sebagian cairan tubuh yang berkurang. Mengkonsumsi air kelapa mampu mengembalikan hidrasi supaya tubuh tetap berstamina.

Dibandingkan minuman isotonik lainnya, air kelapa mampu menurunkan resiko sakit perut, kembung, dan mual. Sebab, air kelapa dibentuk melalui proses yang alami dan lebih sehat dibandingkan dengan minuman kemasan. Itulah alasannya, air kelapa sering diminum untuk membantu menyehatkan tubuh.

Sitokinin Untuk Mengatur Perkembangan Sel

Bukan hanya ditinjau dari segi kesehatan, melainkan air kelapa juga membawa dampak yang baik untuk kecantikan. Sebab, air kelapa mampu membuat kulit terlihat lebih halus. Hal ini tidak lain dikarenakan adanya kandungan sitokinin, berupa hormon pertumbuhan yang mengatur perkembangan sel.

Sitokinin mempunyai efek anti trombotik sekaligus anti penuaan, inilah yang membuat konsumsi air kelapa mampu menunda penuaan dini. Zat sitokinin bekerja untuk mengatur sel-sel yang berhubungan dengan usia. Termasuk memperkuat dan menghidrasi jaringan ikat, serta menyeimbangkan pH.

Baca Juga:  Cara Mengawinkan Bunga Keladi Anti Ribet Dapat Dilakukan Di Rumah

Apabila ingin memperoleh kulit yang halus dan sehat, maka mengkonsumsi air kelapa salah satu caranya. Untuk memaksimalkan manfaat air kelapa, sebaiknya konsumsi air kelapa yang diperoleh dari buahnya secara langsung. Hindari penambahan pemanis buatan atau zat perasa ketika mengkonsumsinya.

Itulah sejumlah kandungan air kelapa disertai manfaat masing-masing zat aktif tersebut. Supaya zat-zat yang berada dalam air kelapa tidak rusak, sebaiknya simpan kelapa tanpa membuka kulitnya. Bila kulit kelapa terlanjur dibuka, segera habiskan air kelapa setidaknya dalam waktu kurang 24 jam.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *