7 Kandungan Alpukat Yang Baik Untuk Tubuh!

7 Kandungan Alpukat Yang Baik Untuk Tubuh!

Kandungan Alpukat Untuk Tubuh

Kandungan Alpukat Untuk Tubuh – Mempunyai tekstur yang lembut dengan banyak kandungan didalamnya, membuat kandungan alpukat tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya buah tersebut kaya akan bermacam kandungan baik bagi tubuh. Supaya dapat mengetahui informasi selengkapnya, simak berikut ini ulasannya yaitu:

Karbohidrat

Kandungan alpukat pertama yang dapat mengenyangkan perut adalah karbohidrat. Terlebih lagi jika dibandingkan dengan buah lainnya, alpukat paling sedikit memiliki kadar gula. Mengingat dalam setengah buah alpukat, terdapat beberapa kandungan seperti sukrosa, fruktosa dan galaktosa.

Sedangkan karbohidrat bersih yang dapat dicerna dalam buah alpukat terdapat 1,8 g pada setiap 100 g. Mengingat adanya indeks glikemik yang cukup rendah, memungkinkan kadar gula pun tidak akan mengalami kenaikan. Membuatnya aman dikonsumsi penderita diabetes.

Karotenoid

Selanjutnya kandungan alpukat yang baik untuk tubuh manusia adalah karotenoid. Namun sebelumnya, jenis kandungan yang satu ini terdapat dalam beberapa jenis yaitu ada alfa karoten, beta karoten hingga lutein. Selain itu, varietas lain di dalamnya termasuk violaxanthin, zeaxanthin dan lainnya.

Hadirnya kandungan tersebut dalam buah alpukat tentu akan baik untuk kesehatan mata, mengapa? Hal tersebut, dikarenakan banyaknya kandungan vitamin A yang ditemukan. Namun selain itu, karotenoid juga berperan meningkatkan sistem reproduksi dan daya tahan tubuh.

Protein

Menjadi salah satu kandungan yang terdapat di dalam alpukat, protein tentu menjadi nutrisi penting bagi tubuh. Pasalnya, buah tersebut mengandung 18 asam amino yang sangat dibutuhkan tubuh. Selain itu adanya beberapa kandungan protein, nantinya akan dibentuk menjadi sebuah kesatuan protein lengkap.

Protein yang terdapat dalam buah alpukat, tentu berbeda dengan protein yang ada dalam daging. Hal yang menjadi perbedaan yaitu, daya serap yang dapat dicerna dengan baik oleh tubuh. Jika dibandingkan dengan daging, daya serap protein alpukat tentunya lebih mudah untuk dicerna.

Baca Juga:  Cara Mengkonsumsi Buah Zuriat Dengan Berbagai Alternatif Pengolahan

Anti Inflamasi

Hadirnya beberapa kombinasi efek dari nutrisi yang terdapat di dalam buah alpukat tentu menawarkan beragam manfaat. Terlebih lagi, adanya anti inflamasi atau peradangan. Membuat kandungan buah tersebut unik karena terdiri dari beberapa vitamin seperti C dan E.

Namun bukan hanya itu saja, kandungan lain seperti, omega 3, selenium, seng dan lainnya pun terdapat di dalamnya. Beberapa kandungan tersebut, tentu mampu mengatasi adanya masalah peradangan. Menjadikan alpukat sebagai salah satu buah yang dapat mengurangi penyakit rematik.

Lemak

Selanjutnya kandungan alpukat yang penting untuk tubuh manusia yaitu lemak. Termasuk kandungan sumber asam tak jenuh yang kaya, sehingga menjadikan alpukat buah yang istimewa. Dalam buah tersebut, terdapat beberapa jenis lemak yang diketahui merupakan tipe lemak sehat.

Adanya asam oleat yang terdapat di dalam asam lemak tersebut, ternyata hampir sama dengan komponen kandungan minyak zaitun. Hal tersebut, tentu sudah diiringi dengan penelitian yang mengatakan bahwa asam tersebut bermanfaat kurangi peradangan. Selain itu juga mampu mengurangi resiko kanker.

Vitamin dan Mineral

Hampir sama dengan buah lainnya, kandungan vitamin atau pun mineral pasti ada dalam banyak dalam buah alpukat. Pasalnya hampir semua vitamin yang terdapat di dalamnya cukup kompleks, apakah saja itu? Berikut beberapa vitamin dan mineral yang ada di antaranya yaitu:

  • Vitamin K1, bermanfaat untuk pembekuan darah.
  • Kalium, berperan untuk mengontrol tekanan darah.
  • Vitamin E, merupakan antioksidan yang kuat.
  • Vitamin B6, termasuk ke dalam vitamin yang mampu mengubah makanan menjadi sebuah energi.

Itulah beberapa kandungan mineral serta vitamin yang terdapat di dalam buah alpukat. Sangat banyak bukan jenisnya yang dapat diketahui? Mengingat semua kandungan yang terdapat di dalamnya akan menyerap setiap kali mengkonsumsi alpukat.

Baca Juga:  Cara Buat Mobile Banking BCA Dan Aktivasi Finansial

Kolin

Terakhir, kandungan yang terdapat di dalam buah alpukat yaitu adanya kolin. Dalam 100 g alpukat terdapat 22 mg kolin yang tentunya baik untuk perkembangan otak anak. Selain itu, kolin yang terdapat di dalamnya juga sangat mendukung perkembangan sel saraf.

Adanya kandungan kolin tersebut, tentu akan membuat tingkat kecerdasan anak meningkat. Terlebih lagi jika dikonsumsi oleh anak-anak yang dalam masa pertumbuhan. Oleh karena itulah, banyak sebagian orang yang menyarankan anak mengkonsumsi alpukat secara rutin.

Itulah penjelasan terkait kandungan alpukat yang dapat diketahui dan dipahami. Berdasarkan ulasan sebelumnya, kandungan tersebut bukan hanya dapat menyehatkan tubuh. Namun juga membantu untuk mempengaruhi tumbuh dan kembang sel saraf dan otak pada anak.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *