Keuntungan Investasi Obligasi

Keuntungan Investasi Obligasi – Seiring dengan berkembangnya zaman, memang sangat banyak jenis aset yang dapat diinvestasikan dalam sebuah platform yang ada. Salah satunya adalah investasi obligasi yang dianggap aman untuk dijadikan pilihan. Memang sangat banyak keuntungan investasi obligasi yang bisa didapatkan oleh investor utamanya dalam hal keamanan dana yang ditanam.

Investasi Obligasi

Melihat keadaan saat ini, masyarakat tentu sudah banyak yang menyadari betapa pentingnya melakukan investasi seperti investasi obligasi. Dimana investasi obligasi ini dapat diartikan sebagai jenis penanaman modal yang berupa surat berharga. Surat tersebut diterbitkan oleh pihak pemerintah berdasarkan kesepakatan pihak berhutang dan pihak berpiutang.

Karakteristik yang dimiliki oleh investasi ini karena adanya kupon yang diberikan setiap bulan. Selain itu, investasi ini juga bersifat kontrak atau perjanjian hitam diatas putih. Sangat banyak jenis investasi obligasi yang bisa dipilih oleh investor. Jenis yang dimaksud tersebut antara lain Obligasi Pemerintah, Obligasi Inflasi, dan lain sebagainya.

Keuntungan Melakukan Investasi Obligasi

Sangat banyak keuntungan yang dapat diperoleh investor apabila memilih obligasi sebagai aset untuk melakukan investasi. Keuntungan tersebutlah yang dijadikan alasan investor untuk berinvestasi. Lantas apa saja keuntungan yang dimaksud? Berikut penjelasan lengkap terkait dengan keuntungan investasi obligasi yang akan didapatkan investor:

Investasi Terjamin Aman

Melakukan investasi obligasi memang sudah terjamin masalah keamanan yang ditawarkan kepada investor. Dimana terjaminnya keamanan investasi ini tertuang dalam UU No. 24 Tahun 2002 sehingga tidak terlalu pusing terhadap penipuan. Hal inilah yang menjadi alasan utama lebih memilih melakukan investasi berupa obligasi dibanding dengan aset lain.

Memperoleh Kupon Secara Berkala

Kupon yang diberikan setiap bulan atau secara berkala ini dianggap sebagai imbalan untuk investor karena melakukan investasi. Selain itu, nilai kupon yang diberikan tersebut tentunya lebih tinggi daripada bunga deposito yang ditetapkan. Tingginya nilai kupon juga berdasarkan pemilihan jangka waktu dari pihak investor saat melakukan investasi.

Dapat Dijadikan Jaminan

Apabila seorang investor ingin meminjam dana di sebuah lembaga keuangan dalam jumlah yang cukup besar, investasi obligasi dapat dijadikan jaminan. Karena pada umumnya, nasabah yang ingin meminjam uang di lembaga keuangan biasanya harus mencantumkan jaminan. Hal ini memang sangat menguntungkan bagi para investor dari investasi obligasi.

Memberikan Pendapatan yang Terjamin

Memilih investasi obligasi bukanlah hal yang salah salah, karena dengan investasi ini tentunya investor bisa memperoleh pendapatan yang terjamin. Apalagi jika tujuan investasi ini sebagai dana masa tua nanti, tentu investor tidak perlu bekerja lagi. Selain itu, ada juga hak apa saja yang bisa didapatkan oleh pemegang obligasi yang tertuang dalam kontrak.

Keuntungan Diperoleh dari Selisih Harga Obligasi

Investor bisa memperoleh keuntungan investasi ini dari selisih harga penjualan. Bukan hanya penjualan saja, namun dari harga pembelian juga. Maka dari itu, banyak yang menganggap investasi obligasi memberikan keuntungan yang banyak dan risiko yang minim. Apalagi setiap bulan sudah diberikan kupon yang mempunyai nilai jauh lebih tinggi.

Pasti Dibayar Kembali

Keuntungan lain yang didapatkan oleh investor adalah sudah pasti dibayar kembali jika terjadi kecurangan oleh pihak platform. Pembayaran kembali ini tentunya sudah tertuang dalam sebuah Undang-Undang. Dengan begitu, investor tidak perlu khawatir akan kerugian yang bisa saja didapatkan nantinya.

Demikian penjelasan terkait dengan keuntungan investasi obligasi yang dapat diperoleh para investor. Banyaknya keuntungan yang diberikan tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi investor untuk memilih obligasi sebagai aset melakukan investasi. Utamanya dalam hal keamanan dana dan bayaran kembali apabila terjadi hal yang tidak diinginkan tentunya.

Baca Juga:  Cara Memilih Saham Fundamental Bagus Bagi Investor
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *