Manfaat Bawang Dayak Bagi Kesehatan

Manfaat Bawang Dayak Bagi Kesehatan  – Banyak manfaat dan khasiat mujarab yang dimiliki bawang dayak, termasuk manfaat bawang dayak bagi kesehatan yang tak jarang orang ketahui. Bawang ini sesuai dengan namanya dibudidayakan di pulau Borneo, Kalimantan. Eleutherine Palmifolia merupakan nama latin dari bawang dayak dan telah digunakan oleh masyarakat sebagai obat penawar dalam menangani berbagai penyakit.

Bawang dayak mempunyai permukaan halus, bau tidak terlalu menusuk, dan tidak menyebabkan mata perih seperti bawang merah ketika memotongnya. Umbi bawang dayak mengandung beberapa senyawa fitokimia dan manfaatnya tersendiri. Berikut terdapat 7 manfaat bawang dayak bagi tubuh dan penjelasan singkatnya diantaranya, yaitu:

Mencegah Diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis yang berlangsung jangka panjang. Mengkonsumsi bawang dayak bisa mencegah penyakit diabetes, karena kandungan pada bawang seperti eleutherol, eleuthocide A, dan eleutherinoside B mempunyai sifat antidiabetic.

Nah, adapun kandungan tersebut dapat dijadikan sebagai penawar diabetes, sebab bisa menurunkan glukosa berlebihan dalam tubuh. Tidak hanya itu, dengan mengkonsumsi bawang dayak, seseorang pun bisa terhindar dari berbagai risiko penyakit kronis.

Memelihara Kesehatan Kulit

Selain mencegah penyakit, kegunaan bawang dayak juga berkhasiat untuk memelihara kesehatan kulit secara keseluruhan terutama untuk kecantikan bagi para perempuan. Kelebihan dari bawang dayak lainnya, selain sebagai bumbu dapur untuk masakan juga dapat mencerahkan kulit dan mencegah timbul flek hitam. Manfaat bawang untuk kulit tidak hanya dikonsumsi tetapi bisa dibubuhkan ke kulit.

Mengatasi Sakit Perut

Mengatasi sakit perut seseorang dapat menggunakan bawang dayak sebagai obat alami, hal ini karena di dalamnya terdapat kandungan tanin. Kandungan tanin pada bawang mampu menghilangkan gas di pencernaan, meredakan meteorismus hingga mengatasi masalah sembelit yang dirasakan. Jadi, apabila mengalami sakit perut bawang tersebut bisa menjadi solusi alami.

Baca Juga:  5 Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak dan Sakit Dengan Cepat

Mengontrol Hipertensi

Hipertensi merupakan kondisi tekanan darah terukur tinggi. Untuk menurunkan tekanan darah ini, bisa melalui bawang dayak, karena bawang tersebut memiliki banyak kandungan salah satunya yaitu senyawa alisin. Oleh karena itu, bawang dayak dapat dipercaya untuk mengatasi menurunkan tekanan darah tinggi dan kekentalan darah, termasuk penyakit-penyakit berat sekalipun.

Memelihara Kesehatan Tulang

Ekstrak etanol dan mineral yang dimiliki bawang dayak bisa membantu meningkatkan kekuatan tulang sehingga menghindarkan seseorang dari osteoporosis. Apa itu Osteoporosis?

Ialah kondisi berkurangnya kepadatan tulang. Oleh karena itulah bawang dayak begitu dicari karena manfaat bawang dayak bagi kesehatan sangat banyak, salah satunya menjaga kesehatan tulang.

Mengobati Batu Ginjal

Selanjutnya manfaat dari bawang dayak adalah mengobati batu ginjal. Penderita batu ginjal dapat mengkonsumsi bawang dayak sehingga mereka tidak perlu ke rumah sakit untuk melakukan operasi. Dengan sifatnya yang diuretik pada bawang dayak (khasiat yang mujarab) sehingga dapat menurunkan kadar kalsium dan pH urine seseorang.

Mengobati Flu dan Demam

Flu dan demam sering disebabkan oleh infeksi virus. Flu dan demam dapat sembuh dengan sendirinya (tergantung pada daya tahan tubuhnya) dan dapat sembuh juga dengan berobat baik secara alami contohnya menggunakan bawang dayak. Peran penting kandungan glikosida yang terdapat dalam bawang dayak berfungsi sebagai obat ampuh dalam meredakan flu hingga menurunkan demam seseorang.

Inilah ulasan pembahasan mengenai 7 manfaat bawang dayak bagi kesehatan. Apabila mengkonsumsi bawang dayak, seimbangkan dengan makanan sehat lainnya supaya kondisi tubuh tetap keadaan baik dan tidak terjadi efek samping. Selain itu, jika ingin menikmati khasiat bawang dayak lebih aman, jangan konsumsi banyak atau sebaiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *