Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil – Banyak manfaat kacang hijau untuk ibu hamil serta bagi janin. Tumbuhan kacang polong dengan nama ilmiah Vigna Radiata tersebut, punya protein nabati yang tinggi. Karena itulah, ada bermacam kandungan yang sangat baik bagi bumil selama masa mengandungnya.

Asam folat penting untuk bumil terkandung dalam kacang hijau. Bagi pertumbuhan janin, kacang hijau juga bagus karena memiliki tiamin. Kacang hijau dapat dikonsumsi setiap hari, baik dibuat bubur atau diambil air rebusannya. Inilah manfaat bagi bumil yang mengkonsumsi kacang hijau:

Melancarkan Saluran Pencernaan

Para ibu hamil harus menjaga sistem pencernaannya selama mengandung buah hati. Salah satu caranya, yaitu dengan mengkonsumsi kacang hijau. Pasalnya, jenis kacang-kacangan tersebut dapat menjaga usus karena mengandung serat bernama pektin.

Kacang hijau bisa melancarkan saluran pencernaan dengan cara mempercepat pergerakan makanan. Para bumil, tidak akan lagi mengalami sembelit saat masa mengandungnya. Apalagi karbohidrat yang dimiliki oleh kacang hijau lebih cepat dicerna, dibandingkan jenis kacang polong yang lain.

Mengatasi Morning Sickness

Salah satu masalah yang kerap dialami oleh bumil saat awal kehamilannya yaitu morning sickness. Tapi dengan mengonsumsi kacang hijau, permasalahan tersebut bisa diminimalisir, bahkan dihindari. Sebab, terkandung vitamin dalam kacang hijau yang dapat atasi muntah dan rasa mual.

Peran kacang hijau dalam manfaat tersebut sebab ada dua vitamin, yakni B1 serta B2. Karena itulah, sangat baik apabila bumil mengkonsumsi kacang hijau agar tetap segar. Tapi jika sudah berkecambah, sebaiknya tidak memakannya mentah karena mungkin saja terdapat bakteri.

Baca Juga:  5 Cara Mengobati DBD Pada Anak Dengan Cepat Dan Maksimal

Mencegah Kelahiran Bayi Prematur

Manfaat selanjutnya apabila ketika hamil konsumsi kacang hijau yaitu cegah kelahiran bayi prematur. Manfaat tersebut karena terkandung zat besi dalam kacang hijau. Ibu hamil harus meningkatkan zat besi dua kali lipat untuk menjaga kadar oksigen dalam darah bayi.

Selain zat besi, kacang hijau juga memiliki kandungan asam folat dan zinc. Kandungan-kandungan tersebut sangat bagus untuk kondisi bayi. Sebab janin yang kekurangan asam folat, rentan dengan berbagai kelainan saat lahir. Contohnya kelainan pada jantung, bibir sumbing, dan kerusakan otak.

Menjaga Keseimbangan Tekanan Darah

Kacang hijau memang dikenal sebagai sumber energi yang bagus untuk ibu hamil karena kandungan karbohidratnya. Tapi selain itu, masih banyak manfaat kacang hijau untuk ibu hamil. Salah satunya, jenis kacang polong tersebut bisa menjaga keseimbangan tekanan darah pada bumil.

Kacang hijau punya zat besi yang berperan dalam manfaat tersebut. Zat besi dapat mencegah anemia dan hipertensi sekaligus. Kandungan tersebut membantu dalam proses pembentukan hemoglobin, sehingga bumil tidak mengalami kurang darah.

Tekanan darah yang tidak seimbang memang berbahaya bagi ibu hamil. Ada resiko keguguran jika mengalami anemia. Selain itu, rentan juga untuk pendarahan saat proses persalinan.

Membantu Perkembangan Bayi

Manfaat selanjutnya jika ibu hamil mengkonsumsi kacang hijau secara rutin adalah membantu perkembangan janinnya. Kacang hijau bukanlah sumber nutrisi utama bagi bumil dan bayi. Tapi kacang hijau sangat bagus untuk memberikan asupan tambahan.

Apalagi ada zat yang harus dipenuhi guna membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi. Mulai dari asam folat, protein, serta zat besi. Nutrisi tersebut dibutuhkan bumil selama kehamilan. Kandungan asam folat mencegah cacat lahir pada bayi dan membantu memproduksi sel darah merah.

Menjaga Sel dan Cairan Tubuh

Kebutuhan cairan akan terjaga apabila ibu hamil konsumsi kacang hijau. Manfaat ini diperoleh karena dalam kacang hijau terdapat kandungan berupa kalium. Zat tersebut bukan hanya memperbaiki gerakan cairan, tapi juga mempertahankan produksi sel dalam tubuh ibu hamil.

Baca Juga:  5 Kelemahan Motor Gesits Yang Perlu Di Pertimbangkan Sebelum Membeli

Menangkal Radikal Bebas

Manfaat berikutnya yang dimiliki oleh kacang hijau bagi para ibu hamil adalah menjaga imunitas tubuh. Kacang hijau menambah sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Tentunya ini sangat baik selama masa kehamilan hingga persalinan.

Dalam kacang hijau terkandung nutrisi yang bernama beta karoten. Selanjutnya nutrisi tersebut akan diubah menjadi vitamin A. Kandungan itulah, yang berperan sebagai antioksidan dan bisa menangkal radikal bebas.

Itulah manfaat dari kacang hijau untuk ibu hamil dan janinnya. Sangat bagus konsumsi kacang selama kehamilan. Dalamnya terdapat banyak kandungan yang bantu perkembangan janin dan menjaga kondisi ibu hamil.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *