Inilah Cara Membuat Lampu LED Motor Arus AC Beserta Kelebihanya!

Inilah Cara Membuat Lampu LED Motor Arus AC Beserta Kelebihanya!

Membuat Lampu LED Motor Arus AC

Membuat Lampu LED Motor Arus AC – Kini lampu motor tidak hanya menggunakan bohlam konvensional saja, melainkan sudah beralih ke model LED. Pengguna motor harus mengetahui cara membuat lampu LED motor arus AC agar lebih hemat daya dan juga lebih bercahaya terang.

Pengguna motor bisa mengetahui cara pembuatannya beserta kelebihan dalam pembuatan dan pemasangannya. Dengan mengetahui pelbagai hal tersebut, maka pengguna motor bisa dengan mudah mengikutinya secara mandiri. Supaya lebih memahami dengan baik, mari ketahui ulasan lengkapnya berikut:

Cara Pembuatan Lampu LED Motor

Hal pertama yang harus dilakukan pengguna motor adalah dengan mengetahui cara membuat lampu LED motor arus AC dengan mudah. Pasti akan terasa mudah jika pengguna motor menyimak ulasannya dengan seksama, sehingga dapat diaplikasikan dengan baik dan tidak salah. Berikut ulasannya:

Mempersiapkan Alat dan Bahan

Tentu langkah pertama yang harus diingat adalah menyiapkan pelbagai alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat lampu LED. Sebetulnya alat serta bahan yang dibutuhkan ini tergantung oleh pengguna masing-masing dan tinggal disesuaikan saja. Namun, secara umum pengguna membutuhkan beberapa bahan berikut:

  • Arus listrik AC. Jenis arus tersebut tentu menjadi hal penting yang harus disiapkan dalam proses pembuatannya. Pengguna motor bisa mendapatkannya melalui bohlam LED yang mendukung arus AC.
  • Bohlam LED. Kemudian ada bohlam LED sebagai inti alat yang harus disiapkan. Pengguna motor bisa memperolehnya lewat toko-toko terdekat yang menyediakan bohlam LED. Nantinya, bohlam tersebut akan dibuka, lalu ambil papan berisi rangkaian arus listrik di dalamnya.
  • Api. Saat proses perakitan, papan LED akan terlebih dahulu dipanaskan.
  • Kuas. Alat satu ini berguna untuk mengubah warna pada lampu LED.
  • Tang. Pegangan papan LED yang nanti bakal dipanaskan adalah dengan menggunakan tang.
Baca Juga:  Tanda-Tanda Motor Tanpa Kiprok Yang Bisa Diamati Pemilik Kendaraan

Mengambil Rangkaian LED ke Bohlam

Langkah berikutnya yang dapat diikuti setelah menyiapkan semua peralatannya adalah mengambil rangkaian LED ke bohlam. Simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Buka dua bagian bohlam.
  • Ambil rangkaian papan LED di dalamnya.
  • Pisahkan semua LED yang terdapat di papan tersebut.
  • Lalu jepit papan LED dengan menggunakan tang.
  • Panaskan papannya di atas api.
  • Pisahkan rangkaian LED dari papan tersebut menggunakan kuas.
  • Rangkai LED tersebut secara paralel.

Merakit LED

Cara untuk merangkai LED atau merakitnya terbilang cukup mudah dilakukan oleh profesional maupun pemula. Simak penjelasan instruksinya yang ada berikut ini:

  • Susun semua LED yang ada pada isolasi guna memudahkan proses.
  • Usai tersusun paralel, solder setiap bagiannya.
  • Tambahkan kabel penghubung supaya tersambung ke perangkat lampu LED.

Memasang Hasil Lampu LED ke Motor

Pemasangan hasil lampu LED yang telah dibuat bisa dilakukan dengan cara menghubungkan rangkaian LED ke bagian dalam motor melalui kabel.

Kelebihan Pembuatan dan Pemasangan Lampu LED Motor

Tentunya pemasangan lampu LED motor memiliki kelebihan untuk motor itu sendiri. Baik dari segi penampilan, hingga keamanan pengendara. Berikut ulasannya:

  • Dapat Menahan Goncangan. Adanya komponen elektronik solid state akan membuat lampu LED tahan dari goncangan di jalan. Lampu LED bisa diletakkan di dalam cup lampu, sehingga akan praktis dan tidak akan memakan ruang yang besar. Oleh sebab itu, lampu LED akan tahan dari goncangan.
  • Perawatan Hanya Secukupnya. Karena sifat lampu LED yang awet, maka pengguna motor tidak perlu sering menggantinya. Pengguna tak perlu mengganti high beam dengan sering yang kerap mematok harga yang tinggi.

Demikian ulasan mengenai cara membuat lampu LED motor arus AC beserta kelebihannya yang dapat disimak dengan seksama oleh pengguna motor. Cara yang telah tersedia di atas bisa diikuti dengan baik dan sudah disuguhkan pula pelbagai kelebihannya.

Baca Juga:  Blue Sky Lounge Kartu Kredit - Eksklusivitas di Dunia Perbankan

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *