Membuat Taman Depan Rumah

Membuat Taman Depan Rumah – Keinginan adanya sebuah taman serta keterbatasan lahan, menjadikan cara membuat taman depan rumah lahan sempit banyak dipilih untuk memenuhi hal tersebut. Apalagi, ketersediaan ruang hijau tersebut semakin langka dengan pesatnya pembangunan yang meminimalkan lahan untuk taman.

Taman tidak hanya berfungsi sebagai penyejuk dan memperindah sebuah rumah. Namun, bisa sebagai tempat menyegarkan pikiran bagi manusia dan membuat keberadaannya mulai dipertimbangkan dalam sebuah pembangunan hunian. Cara yang bisa diperhatikan dan dilakukan untuk pembuatannya adalah sebagai berikut:

Tentukan Desain Taman

Untuk pembuatan taman, tahap awal yang bisa dilakukan adalah menentukan desain atau tampilan taman yang diinginkan. Beragamnya tampilan taman untuk lahan minim sekalipun, bisa dipilih sebagai gambaran awal pembentukan taman.

Tampilan taman ini juga akan saling berkaitan dengan jenis tanaman, media penanaman, unsur material yang dipilih dan lain sebagainya. Tentunya, semua harus disesuaikan dengan luas lokasi yang akan dijadikan taman.

Pilih Material atau Unsur Pembuatan Taman

Pemilihan ini bisa menyesuaikan dengan jenis desain taman yang diinginkan. Namun, lokasi dan luas lahan juga perlu diperhatikan sehingga pemilihan material atau unsur dalam pembuatan taman bisa selaras.

Pemilihan material itu bisa berupa menentukan penggunaan unsur dan jenis batuan, rumput, pot dan lain sebagainya. Tentunya, dipilih sesuai dengan luas lahan, design taman yang diinginkan dengan tetap mengutamakan fungsi esensialnya.

Pilih Jenis Tanaman

Dengan lahan yang tidak luas, tentu pemilihan jenis tanaman sangat penting untuk dilakukan. Maka dari itu, ada baiknya untuk memilih tanaman yang sesuai dengan luas lahan yang ada dan cocok dengan lokasi serta media penanamannya.

Pemilihan tanaman hias dengan berbagai jenis dan ukuran juga perlu memperhatikan jumlah penggunaannya untuk ditanam, agar kesan menumpuk atau berantakan pada meletakkannya tidak mengganggu tampilan taman. Oleh karena itu, sebaiknya dengan bijak dipilih sesuai kebutuhan dan keadaan.

Baca Juga:  Dijamin Paling Mudah! Berikut Cara Mengunduh Video Dari You Tube Menggunakan Aplikasi Dan Tanpa Aplikasi

Perhatikan Faktor Pencahayaan

Letak taman yang dibuat juga harus memperhatikan faktor pencahayaan. Cara membuat taman depan rumah lahan sempit ini penting mengingat ada jenis tanaman yang membutuhkan cahaya matahari yang cukup banyak maupun ada tanaman yang tidak banyak memerlukan cahaya matahari.

Tidak hanya pemilihan jenis tanaman, peletakkan masing-masing tanaman tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan cahaya matahari. Tujuannya juga tidak lain agar tanaman tumbuh dengan baik dan dapat memperindah taman nantinya.

Buat Sistem Drainase

Hal ini juga perlu diperhatikan dalam pembuatan sebuah taman. Sistem drainase yang buruk bukan hanya berpengaruh pada tanaman yang ada, tetapi juga dapat mengganggu kenyamanan bagi pemilik taman sendiri.

Usahakan membuat sistem drainase yang baik serta diperhatikan atau dicek secara teratur. Hal tersebut bisa diawali dengan pembuatan jalan air atau sistem drainase yang lebih rendah dari permukaan taman agar air menyerap dan jatuh mengalir lebih baik.

Tambahkan Unsur Lainnya

Unsur-unsur pendukung lainnya dalam pembuatan sebuah taman juga bisa disesuaikan. Bukan hanya disesuaikan dengan luas lahan yang ada, tetapi juga bisa disesuaikan dengan design taman yang diinginkan atau sesuai keperluan.

Pada banyak taman dengan lahan sempit sekalipun, penambahan unsur pendukung lainnya seperti lampu taman atau air mancur atau terjun mini, dan lain sebagainya bisa dipilih serta disesuaikan peletakkannya.

Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, cara membuat taman depan rumah lahan sempit bisa diwujudkan bagi semua orang. Tanpa pengecualian sekalipun untuk masyarakat yang memiliki lahan yang tidak luas dalam menciptakan ruang hijau pada huniannya.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *