Membuka Mobil Terkunci Dari Dalam

Membuka Mobil Terkunci Dari Dalam – Kasus mobil yang terkunci dari dalam sering terjadi sehingga membuat pengguna mobil merasa panik hingga buru-buru berupaya memanggil ahli kunci untuk pertolongan darurat. Padahal, terdapat cara membuka mobil yang terkunci dari dalam yang dapat diterapkan pengguna untuk langkah awal.

Di bawah ini, terdapat ulasan mengenai hal tersebut dengan menggunakan alat-alat alternatif sementara yang dapat ditemukan di sekitar untuk membuka pintu mobil dari sisi dalam. Bagi pengguna yang kerap lalai meninggalkan kunci di dalam dapat mencoba cara-cara seperti berikut, yaitu:

Memakai Tali

Tali adalah alat darurat yang dapat dimanfaatkan untuk dibuat simpul dalam kondisi seperti saat ini. Mula-mula, buatlah simpul hidup di bagian tengah tali dan sisakan kurang lebih 6 cm agar lingkarannya dapat dengan mudah masuk ke dalam kunci sebelum dikencangkan.

Setelah itu, masukkan tali melalui celah pintu dan pastikan simpul hidup terletak di atas kunci manual sebelum dikencangkan di tuas kunci. Simpul tali yang berhasil mencapai kunci pintu mobil hanya perlu ditarik dengan kuat agar pintu mobil dapat terbuka.

Menggunakan Obeng

Perlu diketahui juga bahwa obeng juga dapat dimanfaatkan sebagai cara membuka membuka mobil yang terkunci dari dalam. Namun, upaya ini harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian mengingat alat tersebut berpotensi merusak baik interior maupun eksterior mobil.

Pengguna hanya perlu membuat sedikit ruang di antara celah pintu dengan obeng untuk memasukkan alat pencungkil lain yang lebih aman. Kemudian dapat dilanjutkan dengan mendorong pencungkil dengan pelan agar kunci dapat tertarik dari dalam mobil.

Baca Juga:  Cara Penggunaan QRIS BSI Tanpa Repot

Memanfaatkan Gantungan Baju

Siapa yang menyangka bahwa gantungan baju atau hanger dapat juga digunakan untuk membuka kunci pintu mobil dari dalam? Ya, hal ini akan memungkinkan apabila gantungan baju yang akan digunakan telah diluruskan terlebih dahulu dan ditekuk pada ujungnya sebagai pengait.

Dalam posisi ini, pengguna dapat menggeser hanger tersebut agar sejajar antara pintu mobil dan tuas penguncinya. Putar pengait sebanyak 90 derajat untuk membuat posisi tegak lurus dan kaitkan pada tuas pengunci hingga dapat tertarik dan terbuka.

Menggunakan Tangkai Besi

Tangkai yang berbahan dasar besi juga dapat dimanfaatkan untuk memencet tombol pengunci dengan cara diselipkan pada celah pintu mobil. Begitu masuk, gunakan pengganjal untuk menahan agar ujung tangkai besi dapat dikaitkan ke dalam dan dapat menyentuh tuas untuk membuka pintu.

Jangan terlalu untuk memaksa karena tangkai besi dapat menggores hingga merusak body luar atau body dalam mobil. Tunggu dengan hati-hati hingga tuas kunci bergerak yang menandakan pintu mobil telah berhasil dibuka.

Menggunakan Penggaris

Terakhir, penggaris menjadi alternatif yang dapat digunakan untuk membuka mobil yang terkunci dari dalam. Meskipun terdengar aneh, penggaris dapat diselipkan dengan karet pada kaca mobil sehingga dapat menggerakkan handle pintu dari dalam.

Syaratnya adalah penggaris yang digunakan menggunakan material besi yang dapat kuat menahan di dalam celah. Pada saat menahan, penggaris dapat digeser dengan pelan untuk hingga kedalaman kurang lebih 60-80 cm agar cukup kuat untuk menekan bagian handle pintu.

Demikian 5 cara membuka mobil yang terkunci dari dalam yang paling mudah sebagai pertolongan pertama. Pada dasarnya, cara di atas dapat dicoba secara sementara untuk mengupayakan pembukaan pintu. Kuncinya adalah tetap tenang dan pelan-pelan dalam memanfaatkan hal yang ada di sekitar.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *