Mengatasi Hardisk Tidak Terbaca

Mengatasi Hardisk Tidak Terbaca – Hardisk merupakan salah satu media penyimpanan yang masih populer hingga saat ini. Namun tidak jarang ditemukan Hardisk yang tidak terbaca. Adakah cara mengatasi Hardisk tidak terbaca di PC dengan mudah dan cepat? Melihat fungsinya sebagai media penyimpanan membuat penjualan Hardisk semakin meningkat.

Selain kapasitas penyimpanannya yang cukup besar, harga Hardisk juga lebih terjangkau. Berikut akan dijelaskan penyebab dan cara mengatasi Hardisk yang tidak terbaca di laptop:

Kenali Penyebab Hardisk Eksternal Tidak Terbaca

Sebelum melangkah ke cara mengatasinya, kenali terlebih dahulu penyebab Hardisk yang tidak terbaca oleh system. Beberapa diantaranya yaitu seperti Windows yang tidak mengenali Harddisk. Selain itu cek kabel USB yang digunakan, bisa jadi kabel USB mengalami masalah.

Seringnya digunakan secara bergantian dari laptop satu ke yang lain membuat kabel USB biasa bermasalah. Jangan lupa untuk selalu menjaga kondisi Hardisk agar tidak sering jatuh. Lakukan beberapa cara berikut ketika Hardisk tidak terbaca di laptop:

Cara Untuk Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca Di Laptop

Setelah mengetahui penyebab yang membuat Hardisk tidak bisa terbaca di laptop selanjutnya atasi masalah tersebut dengan mengikuti beberapa cara di bawah. Sebab jika dibiarkan begitu saja tentu masalah ini akan berakibat fatal. Agar lebih jelasnya simak penjelasan berikut:

Melakukan Install Ulang Driver

Cara mengatasi Hardisk tidak terbaca di laptop yang pertama yaitu dengan melakukan install ulang driver. Seperti yang diketahui saat Hardisk terhubung ke laptop maka dibutuhkan driver. Fungsi dari driver ini yaitu untuk mengontrol perangkat tambahan yang terhubung ke laptop atau komputer.

Baca Juga:  Apa Pahala Sakit Haid Dan Sumbernya_Simak Di Sini!

Install ulang driver dengan cara masuk ke computer dan klik kanan lalu pilih properties. Pilih opsi device manager dan perbaharui Driver Software. Cari dan klik tulisan Let mr pick from a list of device drivers on my computer, lalu pilih next dan install.

Ganti Kabel USB

Salah satu penyebab Hardisk tidak terbaca di laptop yaitu karena adanya kerusakan pada perangkat keras seperti kabel USB. Namun sekarang kabel penghubungnya sudah banyak yang menggunakan type C.

Tetapi apapun jenis kabelnya bisa jadi ini merupakan penyebab transfer file gagal dan bahkan Hardisk tidak bisa terbaca di laptop. Maka dari itu pengguna perlu mengganti kabel USB atau kabel penghubung Hardisk untuk dapat menggunakannya kembali.

Manajemen Ulang Disk

Apabila cara pertama dan kedua belum berhasil, cobalah untuk manajemen ulang disk. Namun ketika menggunakan cara ini, pengguna akan siap kehilangan seluruh file data yang ada di Hardisk.

Adapun caranya yaitu masuk ke menu disk. Setelah itu masuk ke halaman run dan ketik diskmgmt.msc. tunggu beberapa saat hingga proses manajemen ulang selesai.

Mengganti Letter Harddisk

Seperti halnya laptop yang memiliki keterangan C dan D, Hardisk juga memiliki data tersebut yang disebut letter. Sering kali Hardisk sudah tersambung ke laptop tadi letter belum terbaca.

Cara untuk mengatasinya yaitu pertama masuk ke Disk Management. Lalu klik kanan dan pilih Change Drive Letter and Path. Ubahlah letter Hardisk dengan mengklik Add atau change.

Mengganti Case Hardisk

Cara terakhir yaitu dengan mengganti case Hardisk. Bagian dari case Hardisk ini memiliki beberapa komponen yang dapat melindungi Hardisk. Case yang rusak akan mengganggu komponen Hardisk.

Baca Juga:  Lupa Nomor Rekening BRI - Begini Solusi Lengkapnya

Maka dari itu cobalah untuk mengganti case agar bagian dari Harddisk dapat tetap aman. Pengguna tidak perlu khawatir sebab ada banyak case Hardisk yang terjual bebas di pasaran.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi Hardisk tidak terbaca di PC dengan mudah. Beberapa cara di atas memerlukan format drive yang kosong. Namun jika tidak ingin filenya hilang, pengguna bisa mencoba cara lainnya.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *