Mengatasi Kunci Motor Macet

Mengatasi Kunci Motor Macet – Motor menjadi alat transportasi untuk bepergian baik untuk sekolah, kerja, bisnis dan lainnya. Masalah kunci macet otomatis akan menghambat jadwal aktivitas yang telah diatur sebelumnya. Pengguna harus tahu cara mengatasi kunci motor macet agar dapat mengatasinya saat darurat. Yuk simak penjelasan apa saja cara untuk mengatasi kunci motor macet yaitu :

Memanfaatkan Minyak Goreng

Minyak goreng di rumah dapat dijadikan cara mengatasi kunci motor macet. Mengingat mencari minyak goreng mudah dan sering ditemui di toko. Hanya saja minyak goreng yang boleh digunakan cuma minyak goreng baru. Ini karena minyak goreng baru masih bersih dan tidak ada kotoran.

Cara memperbaiki kunci macet dengan minyak goreng cukup mengoleskan minyak secara merata ke kunci. Jumlah minyak yang diperlukan hanya sedikit karena untuk mengolesi saja. Selanjutnya masukkan ke lubang kunci dan putar dengan hati-hati maka kunci pun tidak macet lagi.

Menggunakan Cairan Penetran

Di bengkel cairan penetran dipakai untuk membersihkan kotoran termasuk membersihkan kotoran pada lubang kunci. Oleh karena itu menggunakan cairan penetran bisa dijadikan alternatif cara mengatasi kunci motor macet. Langkah menggunakannya cukup disemprotkan pada lubang kunci. Tunggu sampai cairan meresap dan berhasil menghilangkan semua kotoran.

Coba lagi untuk memasukkan kunci lalu jika berhasil maka permasalahan kunci macet karena kotoran. Kotoran memang akan membuat lubang terganjal sehingga kunci tidak dapat diposisikan sesuai posisinya. Akibatnya saat diputar tidak bisa karena posisinya tidak pas. Cuma cairan ini biasanya dijual seharga empat puluh lima sampai lima puluh lima ribu rupiah.

Baca Juga:  Inilah 5 Jabatan Di Bank Dan Tugas Yang Dimilikinya

Memakai Oli Baru

Penggunaan oli baru disarankan untuk mengatasi kunci yang sedang macet apalagi oli sisa akan ada sisa-sisa kotoran didalamnya. Oli dianggap mampu memberikan pelumas agar kunci macet bisa diatasi. Mengatasi kunci macet dengan oli cukup diteteskan ke lubang kunci.

Teteskan sedikit oli lalu biarkan baru coba untuk memasukkan kunci. Kemudian jika masih belum bisa jumlah tetesan oli ditambah karena kemungkinan oli yang diteteskan kurang. Tenang saja karena oli yang dibutuhkan tidak banyak sehingga bisa menyimpan oli baru motor sebelum digunakan.

Membongkar Rumah Kunci

Pembongkaran rumah kunci baru bisa dilakukan jika tidak ada cara ampuh menangani kunci macet. Membongkar rumah kunci tentunya membutuhkan beberapa peralatan dan keahlian tertentu. Hal ini yang membuat pembongkaran rumah kunci harus dilakukan oleh orang ahli.

Meminta orang untuk membongkar rumah kunci berarti harus siap untuk mengeluarkan sejumlah uang sebagai bentuk pembayaran jasa maupun item yang diganti bila ada. Pemilik motor bisa membongkar rumah kunci asal sudah tahu tata caranya dan prakteknya. Kesalahan membongkar rumah kunci dikhawatirkan akan membuat komponen lain ikut rusak.

Dengan Cara Memutar Dan Menekan Kunci

Memutar dan menekan kunci bisa dicoba jika mengalami kunci motor macet. Gerakkan kunci dengan perlahan memutar ke kanan dan ke kiri. Tindakan memutar kanan kiri dilakukan berulang-ulang sampai kunci memiliki gerak sehingga tidak macet lagi.

Perhatikan saat memutar kunci, usahakan memutar kunci selagi ada ruang dan bisa diputar ke kanan kiri. Jangan memaksakan untuk memutar kunci yang tidak dapat diputar karena dikhawatirkan kunci akan patah karena terlalu dipaksakan.

Itulah berbagai cara mengatasi kunci motor macet yang dapat direkomendasikan. Ketahui terlebih dahulu permasalahannya baru cari solusinya. Rawatlah motor termasuk membersihkan lubang kunci secara teratur. Lakukan pengecekan setiap bulan untuk semua komponen agar tidak ada komponen yang bermasalah.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *