Ini Dia 5 Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Di Stater Saat Ingin Di Gunakan

Ini Dia 5 Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Di Stater Saat Ingin Di Gunakan

Mengatasi Mobil Tidak Bisa Di Stater

Mengatasi Mobil Tidak Bisa Di Stater – Mobil yang tidak dapat distarter adalah masalah klasik yang sering dialami pemilik mobil. Kejadian ini tidak dapat diprediksi dan tentunya dapat sangat mengganggu mobilitas. Karenanya, cara mengatasi mobil tidak bisa distarter perlu diketahui untuk berjaga-jaga.

Biasanya kerusakan atau terganggunya fungsi pada komponen-komponen tertentu bisa menyebabkan mobil tidak bisa distarter. Komponen itu bisa saja dinamo starter, aki mobil, saluran bahan bakar, busi, koil, serta alternatornya. Lantas, bagaimanakah caranya pengguna mengatasinya? Yuk simak pembahasan di bawah ini!

Membersihkan atau Mengganti Busi Mobil

Busi merupakan komponen pada mobil yang bisa mengeluarkan bunga api yang dibutuhkan untuk keperluan starter. Namun, apabila tidak sering dibersihkan, busi bisa menjadi kotor, berkarat, rusak, atau aus. Jika busi berkondisi seperti itu, maka sangat mungkin mobil tidak dapat distarter.

Untuk pertolongan pertama, pengguna mobil bisa membersihkan busi tersebut dengan cara menggosoknya menggunakan kain. Jika memiliki pembersih khusus busi, pengguna bisa menggunakannya terlebih dahulu sebelum nantinya membawa mobil ke bengkel. Segeralah ganti busi jika pernah bermasalah untuk mencegah gangguan berulang.

Memastikan Kondisi Aki Mobil

Sistem kelistrikan pada mobil bergantung pada aki. Jika aki mengalami masalah, bukan hanya tidak bisa distarter, komponen mobil lain yang membutuhkan listrik akan ikut bermasalah. Masalah aki mobil bisa datang dari kabelnya yang kendur atau karena komponen aki mobil kotor.

Untuk memperbaiki aki mobil sebelum dibawa ke bengkel, pengguna bisa membersihkan komponen yang kotor kemudian mengencangkan kabelnya. Jika masih belum bisa, cobalah melakukan jump start. Proses ini akan mengalirkan listrik dari aki mobil lain ke mobil pengguna menggunakan jumper cable.

Baca Juga:  Cara Memperbaiki ECU Mobil Avanza Dan Hal Penting Lainya

Mengencangkan Baut Dinamo Starter

Dinamo starter merupakan sebuah komponen yang bisa menggerakan piston mobil, dan ada baut khusus yang menghubungkan dinamo starter dengan piston. Jika baut tersebut terpasang dengan kencang, daya yang dihasilkan piston pun akan kuat, sedangkan jika longgar yang terjadi adalah sebaliknya.

Satu-satunya cara mengatasi mobil tidak bisa distarter karena masalah ini adalah dengan mengencangkan baut dinamo starter tersebut. Sebenarnya, dinamo starter adalah komponen yang paling jarang rusak. Untuk pencegahan, gantilah komponen dinamo starter jika usianya sudah tua di bengkel yang terpercaya.

Memeriksa Kondisi Fuel Pump

Fuel pump adalah komponen mobil yang memiliki fungsi mengatur aliran bahan bakar. Tentunya, mobil tidak akan bisa distarter apabila komponen ini mengalami sumbatan atau rusak. Untuk mengetahui kondisi fuel pump, pengguna bisa mengecek layar multi-information display pada bagian check engine.

Masalah yang sering terjadi adalah saluran fuel yang tersumbat. Jika itu masalahnya, sebagai penanganan pertama pengguna bisa mencoba menghentak fuel pump hingga berfungsi. Namun, jika sudah menyala, segeralah bawa mobil ke bengkel agar fuel pump bisa dibersihkan dan dikalibrasi ulang.

Membersihkan Karburator

Karburator adalah sebuah komponen mobil yang berfungsi untuk mengatur sirkulasi udara dan menyalurkan bahan bakar ke saluran hisap mesin mobil. Jika komponen ini kotor serta memiliki banyak debu dan noda, mobil sudah pasti akan mengalami masalah pada proses starter.

Apabila mobil tidak bisa distarter, tidak ada salahnya untuk mengecek kondisi karburator terlebih dahulu. Jika memang masalahnya adalah karburator yang kotor, pengguna bisa mencoba sebisanya untuk membersihkan karburator. Untuk pencegahan, rajin-rajinlah membersihkan komponen karburator secara mandiri atau dibantu montir.

Itulah 5 cara mengatasi mobil tidak bisa distarter yang bisa pengguna lakukan sendiri untuk memperbaiki mobil di saat darurat. Namun untuk mencegah terjadi pelebaran wilayah kerusakan, ada baiknya menghubungi teknisi khusus untuk mengamati dan memperbaiki kerusakan mobil lebih dalam.

Baca Juga:  Cara Membuat Charger Aki Mobil Mudah Dan Sederhana

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *