Mengatasi Pintu Mobil Tidak Bisa Dikunci

Mengatasi Pintu Mobil Tidak Bisa Dikunci – Pintu mobil tidak bisa dikunci manual tentu ada penyebabnya, bisa saja karena terjadi kerusakan pada bagian-bagian vital mobil. Terpenting jika menghadapi kondisi yang seperti ini janganlah panik. Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Berkendara dengan mobil yang tidak bisa dikunci manual sebenarnya tidak apa-apa, namun hal ini beresiko jika mobil tersebut tidak bisa dibuka kuncinya. Maka dari itu, cobalah untuk memperhatikan cara mengatasi pintu mobil yang tidak bisa dikunci manual berikut ini:

Bersihkan Area Handle Mobil Dari Kotoran

Handle mobil yang kotor biasanya menjadi pemicu, kenapa mobil tidak bisa dikunci manual. Penguncian secara manual wajarnya terjadi jika ada benda yang menghalangi handle mobil. Solusinya disini adalah dengan membersihkan bagian yang kotor tersebut.

Selain dibersihkan, handle mobil juga harus mendapatkan perawatan sederhana. Perawatan seperti pemberian oli bening sesekali perlu diberikan pada mobil. Tujuannya adalah untuk menjaga kinerja bagian-bagian pintu yang berperan penting pada proses penutupan manual.

Matikan Fitur Child Safety Lock Pada Mobil

Sebagian besar mobil sudah dilengkapi dengan fitur child safety lock yang menyebabkan mobil tidak bisa dikunci manual alias selalu terbuka. Jika menemukan mobil dalam keadaan yang demikian, maka gunakan saja remot bawaan untuk mematikan fitur tersebut.

Dalam remot kemudi, biasanya child safety lock sudah dimasukan menjadi satu. Hal ini berfungsi dalam keadaan darurat dimana pengguna bisa langsung negaktifkan atau menonaktifkannya. Sehingga bisa meminimalisir terjadinya kasus terkunci di dalam mobil.

Baca Juga:  Merdeka Copper Gold Saham untuk Investasi Masa Depan Anda

Hindari Menutup dengan Keras

Benturan keras terkadang menjadi penyebab kenapa terjadi masalah saat menutup pintu otomatis. Saat terjadi sebuah benturan, sudah tentu struktur dari bagian dalam mobil yang bertepatan pada kepala pengunci dimungkinkan bengkok. Jika sudah begitu, tentu saja resiko pintu tidak bisa dikunci manual semakin besar.

Cobalah memeriksa bagian dalam pintu ke mobil untuk melihat apakah terjadi pembengkokan ataukah tidak. Jika ternyata terjadi pembengkokan, lakukan konsultasi saja pada pihak bengkel yang sudah paham betul akar permasalahan yang sedang dihadapi tersebut.

Periksa Kondisi Motor Penggerak

Kejadian mobil tidak bisa dikunci manual sangatlah banyak, penyebabnya juga beragam bisa juga karena adanya kerusakan pada motor penggerak. Jika kerusakannya pada bagian ini, sudah tentu kedepannya harus berhati-hati. Biaya perbaikannya lumayan mahal, bahkan pada beberapa kasus motor penggerak ini harus diganti.

Penggantiannya memanglah tidak seberapa, namun sangat disayangkan jika kerusakannya terjadi pada bagian ini. Seharusnya seseorang bisa berhemat, tetapi dengan adanya kerusakan pada bagian ini membuatnya harus membuang-buang uang.

Memeriksa Kabel Penghubung Mobil

Penghubung dari setiap pintu sendiri terdiri dari bagian-bagian yang berbeda, ada yang dihubungkan menggunakan kabel. Jika penggabungannya dilakukan menggunakan kabel, sesekali cobalah untuk memeriksa bagian tersebut. Setidaknya untuk mengetahui apakah kabelnya sehar atau ada masalah terkait kabel.

Ternyata selesai dibongkar, mobil menunjukkan bahwa ada masalah dengan kabel penghubung yang menyalurkan ke bagian pintu. Maka perbaikilah kabel yang rusak tersebut. Umumnya perbaikan pada hal ini memang sedikit mahal, tetapi dengan mengganti bagian ini, maka pintu manual mobil bisa bekerja secara normal.

Mobil yang fitur keamanannya sudah lengkap memang memberikan kenyamanan tersendiri. Namun hal ini juga perlu dipertimbangkan terkait cara mengatasinya jika seketika pintu mobil tidak bisa dikunci manual. Jangan sampai membahayakan orang lain, ketika berada dijalan karena alasan mobil yang pintunya tidak berfungsi.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *