Mengenal Kaspersky Internet Security

Mengenal Kaspersky Internet Security – Dewasa ini, semakin banyak malware beredar bebas di internet. Karenanya, mengenal software pelindung seperti Kaspersky sebenarnya cukup penting. Setidaknya orang-orang harus mempelajari apa itu Kaspersky Internet Security beserta kegunaannya, sebab serangan malware tidak pandang bulu.

Malware bisa dipahami sebagai program jahat yang dirancang untuk menyusup ke komputer dan memasang perangkat lunak yang tidak dikehendaki. Malware bisa menyebabkan kerusakan laptop/PC, mencuri data, dan memaksa korbannya untuk membayar tebusan untuk data tersebut.

Mengenal Software Kaspersky Internet Security Beserta Fitur-fiturnya

Meskipun malware terlihat mengerikan, nyatanya hal itu dapat dicegah dengan menggunakan Kaspersky Internet Security. Software ini merupakan program yang menyediakan perlindungan internet dan anti-virus. Kaspersky memblokir akses internet menyimpang bahkan mendeteksi malware/ransomware secara real time.

Software Kaspersky Internet Security dapat dipercaya, karena telah teruji oleh lembaga-lembaga uji terkemuka di dunia. Software ini menyediakan sistem peringatan dini jika muncul serangan siber dan menunjukkan ancaman potensial. Lalu, apa sajakah fitur-fitur yang ditawarkan?

  • Pemindaian granular. Tersedia konfigurasi opsi pemindaian serta penjadwalan pemindaian yang bisa disesuaikan penggunanya. Ada juga pemindaian secara penuh dan selektif pada perangkat laptop/komputer serta pemindaian drive eksternal.
  • Safe money. Terdapat keyboard virtual yang bisa digunakan untuk mencegah peretas mencuri data-data penting dari tekanan yang dihasilkan di keyboard. Hal seperti ini biasanya dilakukan oleh peretas yang menggunakan program keylogger.
  • File shredder and encryption. Fitur ini akan menghapus file-file yang beresiko sampai ke akar-akarnya, karena menghapus dari Recycle Bin saja tidak cukup. Melalui Total Security, jejak aktivitas di internet juga bisa terhapus lebih dalam lagi.
  • Kontrol orang tua serta pemantauan jaringan. Dengan Kaspersky Internet Security, orangtua dapat mengontrol penggunaan internet anak. Selain itu, orang tua juga dapat mengatur waktu istirahat serta waktu penggunaan maksimum internetnya.
  • Utilitas untuk backup dan restore. Software ini dapat mencadangkan dan memulihkan data melalui FTP, Dropbox, ataupun Google Drive.
  • Interface-nya dirancang dengan baik dan teratur. Tata letak hal-hal yang penting seperti fitur pelaporan dan privasi ditampilkan di platform teratasnya. Alat-alat lainnya yang canggih dan berguna juga dikumpulkan dalam satu menu.
  • Tersedia customer service. Jika memiliki pertanyaan, keluhan, ataupun hal lainnya, tersedia layanan chat ataupun telepon untuk pengguna.
Baca Juga:  Cara Reset Printer Canon MG2570S Yang Mudah Untuk Di Praktikkan

Cara Menginstall Kaspersky Internet Security di Laptop/PC

Setelah memahami apa itu Kaspersky Internet Security beserta fitur-fiturnya, pahamilah juga bagaimana cara melakukan instalasinya. Kaspersky Internet Security sendiri dapat di-install pada laptop/PC menggunakan CD ataupun paket yang tersedia di internet menggunakan bantuan Setup Wizard.

  • Instalasi akan dimulai dengan pencarian versi terbaru. Namun jika Setup Wizard tidak menemukan versi terbaru, versi yang ada akan di-install. Semakin baru versinya, semakin kuat juga perlindungannya.
  • Klik tombol ‘Lanjutkan’ untuk melanjutkan instalasi. Bacalah dan setujui perjanjian lisensi yang tertera di Setup Wizardnya dengan mengklik tombol ‘Terima’.
  • Akan muncul permintaan partisipasi di Kaspersky Security Network. Tekanlah kembali tombol ‘Terima’ atau ‘Tolak’. Sekalipun menolak, instalasi software-nya akan tetap dilanjutkan karena hal tersebut tidak bersifat wajib.
  • Masukkanlah kata sandi. Setelah ini, instalasi akan dilakukan. Di ini, kesesuaian OS, perangkat lunak, kompatibilitas aplikasi, dan program-program berbahaya akan dicek. Pengguna juga akan diperintahkan menginstal Kaspersky Password Manager.
  • Ubahlah pengaturan Kaspersky Internet Security. Seperti perlindungan terhadap iklan saat meng-install aplikasi, perlindungan dari alat berbahaya, auto-dialler, paket mencurigakan, dan adware. Atur juga pendeteksi malware, dan fitur tur aplikasi. Setelah ini, klik tombol ‘Terapkan’.
  • Klik tombol ‘Selesai’ untuk menyelesaikan instalasi. Semua fitur yang ada di Kaspersky Internet Security akan otomatis aktif setelah instalasi selesai. Lakukan restart pada perangkat agar software berjalan dengan optimal.
  • Aktifkan aplikasi dan lakukan pendaftaran. Gunakanlah kode aktivasi yang didapatkan setelah membeli lisensi. Mendaftarlah juga di My Kaspersky jika software tersebut memintanya. Klik tombol ‘Selesai’ untuk menyelesaikan pendaftaran.

Demikianlah pembahasan mengenai apa itu Kaspersky Internet Security dan bagaimana cara instalasinya. Meski berbayar, hasil penggunaan dari software seperti Kaspersky Internet Security akan sebanding dengan terlindunginya data-data penting di laptop/PC.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *