Mengetahui Kata Sandi Email

Mengetahui Kata Sandi Email – Saat ini semua lini kehidupan sudah tersinkronisasi dengan email, baik dalam pekerjaan atau hal pribadi. Sayangnya banyak yang sering lupa kata sandi emailnya. Ketahui cara mengetahui kata sandi email, agar tidak lupa saat hendak mengaksesnya.

Fungsi dari kata sandi itu sendiri, selain agar bisa diakses oleh pengguna secara personal. Juga tidak lain sebagai penjaga keamanan dari account itu sendiri, sehingga tidak mudah diakses orang lain. Maka sudah jelas bukan, pentingnya menyimpan dengan baik kata sandi dari setiap email yang dimiliki.

Begini Cara Mengetahui Kata Sandi Email di Platform Google

Meski email bersifat pribadi, namun ada kalanya juga lupa akan kata sandi datang menghampiri. Hal ini tentu tidak akan pernah luput dari setiap pengguna, pasalnya human error selalu saja terjadi. Akan tetapi jika hal ini dibiarkan terus terjadi, justru hanya akan menghambat aktivitas penggunanya sendiri.

Saat situasi seperti ini terjadi, sebagai pemilik email haruslah mampu mengatasinya dengan baik. Sehingga harus mengetahui bagaimana cara mengatasinya, sebab kini email sudah bisa ditautkan di berbagai platform. Artinya bisa disimpan secara otomatis, seperti di platform google yang caranya akan diulas berikut ini!

  • Membuka browser google pada perangkat komputer, pastikan browser sudah terpasang dengan benar.
  • Jika sudah terbuka, pastikan account sudah di login pada platform tersebut menggunakan account pribadi pengguna.
  • Klik icon titik tiga pada pojok kanan atas yang terdapat pada platform, kemudian buka fitur setelan.
  • Selanjutnya buka autofill lalu klik password.
  • Disinilah kemudian setiap pengguna bisa menyimpan kata sandi dengan otomatis. Sehingga tidak akan khawatir lupa atau kesulitan menemukan kata sandi lagi nantinya.
  • Jika sudah diisi, muncul menu kata sandi lalu scroll ke bawah.
  • Klik icon show password, disitulah setiap pengguna bisa melihat kata sandi yang disimpan.
Baca Juga:  Tata Cara Download Video Di Twitter Lewat Telegram Dengan Menggunakan Robot Telegram

Pulihkan Kata Sandi Email Jika Tidak Berhasil Mencari Tahunya Kembali

Setelah menyimak cara mengetahui kata sandi email, semoga bisa kembali menemukan kata sandi yang hilang ya. Akan tetapi jika cara tersebut belum bisa membantu, lebih mudahnya pengguna bisa langsung saja memulihkan kata sandinya, sembari membuat perlindungan baru juga pada account yang dimiliki.

Pasalnya tidak ada salahnya juga melakukan pergantian kata sandi secara berkala. Toh faktanya google sering menyarankan pemutakhiran kata sandi agar tidak mudah diretas.

Pemulihan kata sandi ini bisa berarti menggantinya dengan yang baru, atau memperkuatnya dengan beberapa pertanyaan tambahan. Inilah langkah yang bisa dilakukan :

  • Masukkan email yang kata sandinya sempat lupa pada halaman utama login email yang tersedia.
  • Kemudian tekan lupa kata sandi yang tertera pada bagian bawah kolom, biasanya tulisan berwarna biru.
  • Setelah datanya terisi, google akan mengirim kode verifikasi pada email pemulihan yang sudah didaftarkan di account utama.
  • Jangan pernah berikan kode verifikasi pada siapa pun, cukup masukkan saja pada kolom kosong yang sudah disediakan.
  • Buat kata sandi baru dan klik simpan kata sandi, secara otomatis kata sandi lama yang terlupakan agan diganti.
  • Selanjutnya pengguna sudah dapat masuk ke akun lama menggunakan kata sandi baru.

Dua cara di atas bisa dicoba jika diperlukan, pilihlah ingin menggunakan yang mana. Selama dirasa lebih mudah dan membantu kenapa tidak dilakukan? Yang terpenting bisa mencoba cara mengetahui kata sandi email yang lupa. Sehingga tidak khawatir lagi saat hendak mengakses email namun lupa kata sandinya.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *