Menyambungkan Laptop Dengan Proyektor

Menyambungkan Laptop Dengan Proyektor – Cara menyambungkan laptop dengan proyektor pada umumnya banyak dicari oleh para mahasiswa dan orang yang bekerja di kantor atau orang lain yang sedang membutuhkan tutor. Proyektor merupakan alat bantu yang di pasangkan di laptop untuk menayangkan agar jelas bisa dilihat banyak orang.

Sebelum presentasi dimulai pastikan laptop dan proyektor dalam keadaan aman dan berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk perlengkapan selanjutnya perlu juga memperhatikan sambungan atau port yang digunakan laptop ke proyektor support. Umumnya proyektor menggunakan port VGA namun ada alat tambahan VGA to HDMI dibutuhkan.

Apakah itu Windows 10 dan Keunggulannya?

Windows merupakan sistem operasi yang ada di desktop laptop/PC yang mana sistem operasinya sudah mencapai windows 10 yang bisa ditemukan di laptop keluaran terbaru. Untuk keunggulan windows 10 itu sendiri dibanding dengan windows 7 dan 8 sangat jauh perbedaannya:

  • Teknologi virtual desktop dengan tema berbeda-beda.
  • Start menu pada windows 10 lebih menarik.
  • Kemampuan multitasking bisa membuka dan menutup banyak aplikasi dalam satu layar.
  • Browser canggih yang bisa pengguna menulis dan membuat gambar langsung di internet.
  • Windows 10 memiliki banyak tipe seperti windows 10 home, Pro, Enterprise dan Education yang keunggulanya hamper sama rata.

Cara Menyambungkan Laptop dengan Proyektor Menggunakan Windows 10?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas untuk memasang proyektor di laptop dengan windows 10 caranya hampir sama dengan laptop versi windows di bawahnya. Hanya saja yang membedakanya dari segi keunggulan yang dimiliki windows 10 lebih canggih dan terbaru. Selanjutnya berikut ini cara memasang proyektor di windows 10:

Siapkan Laptop dan Proyektor

Langkah pertama yang perlu dilakukan mahasiswa dan pengguna lain. ketika ingin melakukan presentasi ataupun kegiatan lain yang berhubungan dengan laptop dan proyektor cek keamanan dan kelengkapan keduanya. Jika dirasa sudah aman bisa langsung digunakan.

Baca Juga:  Cek Lokasi Lewat Gmail, Bisa Lacak Seseorang Atau Hp Yang Hilang

Sambungkan Kabel Laptop ke Proyektor

Langkah kedua sekaligus langkah selanjutnya untuk menghubungkan laptop dengan proyektor pastinya membutuhkan kabel. Pastikan kabel yang dipakai sesuai dengan laptop dan proyektor ada beberapa macam kabel yaitu VGA, DVI dan HDMI. VGA dan HDMI biasanya umum digunakan jika tidak cocok menggunakan converter VGA atau HDMI.

Pilih Pintasan Windows + P

Ketika laptop yang digunakan memiliki port VGA maka hanya perlu langsung dicolokkan saja. Akan tetapi jika laptop tidak memiliki port VGA pakai port HDMI dengan bantuan adaptor. Lalu ketika kabel sudah menghubungkan laptop dan proyektor maka cukup klik keyboard logo windows + P secara bersamaan.

Memilih Opsi Tampilan yang Ada di Laptop

Selanjutnya setelah proyektor dan laptop terhubung dengan alat bantu VGA dan HDMI maka selanjutnya akan muncul opsi untuk beberapa pilihan yang akan ditampilkan di layar proyektor antara lain:

  • Second Screen Only merupakan pilihan yang menampilkan laptop pada proyektor sebagai tampilan utama yang akan ditayangkan dengan keadaan layar laptop mati sehingga pengoprasiannya melalui proyektor.
  • Extend merupakan memperbesar atau memperluas tampilan layar laptop pada proyektor.
  • Duplicate Merupakan menampilkan layar yang sama pada laptop dan proyektor.
  • PC Screen Only Merupakan tampilan pada laptop saja yang biasanya opsi ini digunakan ketika pengguna belum siap untuk menampilkan ke proyektor.

Fitur Miracast

Fitur Miracast pada umumnya terdapat pada proyektor wireless atau tanpa kabel sehingga memudahkan pengguna tanpa perlu menghubungkan laptop ke proyektor menggunakan kabel. Untuk mengoperasikan cukup menekan tombol logo Windows + K digunakan untuk menghubungkan miracast ke laptop.

Demikian cara menyambungkan laptop dengan proyektor menggunakan windows 10 dengan mudah. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghubungkan proyektor ke laptop yang terpenting memiliki dan menyiapkan alat penghubung seperti HDMI, VGA dan DVI jikalau sewaktu-waktu dibutuhkan.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *