Menyembuhkan Diare Secara Alami

Menyembuhkan Diare Secara Alami – Diare merupakan kondisi terganggunya sistem pencernaan hingga menyebabkan buang air besar secara terus menerus yang diakibatkan oleh bakteri. Saat mengalami diare, seseorang bisa saja merasakan sakit atau mulas berlebih pada perut dan stamina tubuh yang melemah akibat hilangnya cairan dalam jumlah besar. Untuk itu menjadi penting mengetahui cara menyembuhkan diare secara alami sebagai penanganan awal.

Ada begitu banyak bahan alami yang dapat dimanfaatkan sebagai alternatif mengobati diare atau setidaknya membantu meredakannya sebelum pasien bisa mendapat pertolongan medis. Berikut adalah cara mengobati diare secara alami menggunakan bahan-bahan sederhana dari dapur, sehingga siapa saja dapat mempraktikannya ketika terserang diare:

Minum Air Putih

Bahan alami untuk mengobati diare yang paling mudah ditemukan di mana pun adalah air putih. Saat diare, tubuh akan kehilangan banyak cairan sehingga tidak hanya perut yang merasa sakit namun stamina juga ikut menghilang. Untuk itu, sangat penting bagi penderita diare mengkonsumsi banyak air putih demi menjaga asupan cairan tubuhnya.

Konsumsi Larutan Gula Garam

Biasanya ketika berobat ke dokter terkait masalah diare, pasien akan diberikan oralit, yaitu semacam obat yang berfungsi untuk memperbarui cairan elektrolit tubuh yang terkuras selama diare.

Namun, oralit ternyata bisa dibuat sendiri di rumah dengan melarutkan gula pasir dan garam ke dalam air dengan perbandingan 12:1:1 dalam takaran sendok makan untuk gula pasir dan garam, serta liter untuk air.

Minum Teh Jahe

Jahe mengandung senyawa yang bersifat analgesik, anti-bakteri, dan anti-radang yang sangat bagus untuk membantu mengobati diare. Mengkonsumsi jahe dapat mengurangi rasa nyeri pada perut dan membantu mematikan pertumbuhan bakteri jahat penyebab diare. Agar lebih mudah dan nyaman dikonsumsi, sebaiknya jahe dibuat menjadi teh dengan cara merebus irisannya ke dalam air.

Makan Pisang

Kebanyakan orang awam mungkin mengira mengkonsumsi pisang dapat menyebabkan diare. Padahal sebenarnya, pisang justru dapat membantu meredakan diare akibat kandungan kaliumnya yang tinggi. Konsumsi buah pisang akan membantu memperbarui cairan elektrolit tubuh yang hilang selama diare.

Makan Wortel dan Kentang

Sama seperti pisang, wortel dan kentang juga mengandung kalium dalam jumlah tinggi sehingga bagus dikonsumsi saat diare. Jika di rumah tidak ada pisang, penderita diare dapat beralih mengkonsumsi wortel atau kentang saja. Namun perlu diperhatikan cara pengolahan keduanya, agar tidak memakai minyak atau mentega yang justru tidak baik bagi sistem pencernaan.

Konsumsi Yogurt

Bakteri penyebab diare adalah yang bersifat jahat seperti E. Coli, Salmonella, Shigella, dan Campylobacter. Bakteri-bakteri tersebut dapat dilawan oleh bakteri baik yang dibutuhkan tubuh, khususnya sistem pencernaan. Kabar baiknya, pertumbuhan bakteri baik dapat ditingkatkan dengan bantuan probiotik. Namun, jika tidak sedia obat di rumah, yogurt bisa menjadi alternatif karena kandungan probiotiknya yang tinggi.

Makan Olahan Gandum

Gandum dikenal sebagai sumber karbohidrat yang kaya akan serat sehingga baik bagi sistem pencernaan, termasuk dalam membantu meredakan diare. Konsumsi olahan gandum seperti roti atau sereal akan cukup bagus dan efektif dalam usaha mengobati diare menggunakan bahan alami. Namun hindari penambahan susu atau mentega saat mengkonsumsinya karena justru tidak baik bagi pasien diare.

Itu dia beberapa cara menyembuhkan diare secara alami menggunakan bahan-bahan sederhana yang umum ditemukan di dapur. Setelah membaca artikel ini, pembaca tidak perlu lagi merasa panik saat dirinya maupun ada anggota keluarga yang terserang diare.

Baca Juga:  Cara Menyembuhkan Batuk Yang Tak Kunjung Sembuh
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *