Inilah 7 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin Saja

Inilah 7 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin Saja

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin – Ketika hari sedang panas atau mengalami macet ketika di jalanan, kebanyakan orang akan menghidupkan AC. Namun apa jadinya jika AC yang dihidupkan justru tidak dingin sama sekali. Pastinya kebingungan penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin tersebut apa saja.

Bagi pemilik kendaraan yang sering mengalami masalah ini tentu akan cepat melakukan pengecekan. Berbeda dengan pemilik mobil baru, biasanya kebingungan mana yang menjadi permasalahannya. Simak berikut beberapa hal yang membuat AC pada mobil tidak dapat mendinginkan kabin.

Freon yang Habis

Permasalahan utama yang menyebabkan AC tidak dingin pada mobil adalah habisnya freon. Entah karena faktor memang benar-benar habis atau terjadi kebocoran. Mengecek freon dalam kendaraan pun gampang, yakni tinggal menghidupkan AC dan merasakan kabin dingin atau tidak.

Ketika AC dihidupkan dan kabin sama sekali tidak dingin, maka benar freon telah habis. Untuk mengisi ulang freon ini tinggal ke bengkel resmi merek kendaraan atau ke bengkel langganan yang sudah berpengalaman.

Kipas yang Rusak

Perlu diketahui bahwa mobil juga memiliki kipas yang bertugas memberikan udara dingin ke kabin. Letak kipasnya sendiri ada di luar dan dapat dilihat. Kipas yang tidak mengalami perputaran akan berpengaruh pada kondensasi jadi tidak maksimal.

Evaporator Tersumbat

Kemudian evaporator yang terhalang kotoran dan debu juga bisa menjadikan penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin saja. Saat debu menumpuk maka akan mengganggu kinerja blower dan sirkulasi AC pun menjadi terganggu.

Filter AC yang juga jarang atau tidak pernah dibersihkan pun dapat mempengaruhi evaporator. Oleh sebab itulah, ada baiknya untuk rutin membersihkan evaporator dan filter AC setidaknya 3 – 4 bulan sekali.

Baca Juga:  5 Manfaat Jus Seledri Untuk Kesehatan Tubuh, Wajib Tahu!

Thermistor Bermasalah

Komponen thermistor (thermo dan resistor) ini bertanggung jawab untuk menghentikan kinerja apabila suhu dalam kabin mencapai sudah sesuai pengaturan AC. Namun jika thermistor ini bermasalah atau rusak, tentunya membuat kompresor bekerja sampai evaporator membeku.

Thermistor yang bermasalah inilah pemicu AC mobil ketika dinyalakan membuat tidak dingin di dalam kabin. Untuk perbaikannya bisa diserahkan kepada bengkel resmi atau langganan yang sudah profesional.

Sensor AC Terganggu

Selain itu permasalahan AC mobil lainnya juga dapat dikarenakan sensor AC yang bermasalah. Umumnya tiap-tiap AC pada mobil sudah dilengkapi sensor yang berguna melakukan pendeteksian antara udara panas dan dingin.

Penyebab sensor AC bermasalah karena kabel-kabel yang putus dan pemakaiannya sudah lama. Yang berakibat pada sensor tidak dapat membedakan mana udara panas dan dingin di dalam kabin mobil.

Kelistrikan Tidak Stabil

Saat arus listrik AC mobil tidak stabil dan mengalami kenaikan serta penurunan drastis, maka bisa mengakibatkan AC tidak dingin. Jika hal ini terus berlangsung lama maka bisa membuat kabel konsleting dan AC pun tidak dapat bekerja normal.

Namun tidak perlu khawatir atau kebingungan, sebab hal ini bisa diantisipasi dengan memakai alat penstabil kelistrikan mobil. Alat ini bisa didapatkan di bengkel-bengkel resmi dan sudah terpercaya.

Oli Kompresor Terlalu Banyak

Hal lain yang membuat AC mobil tidak dingin adalah karena oli kompresor melebihi kapasitas normal. Apabila sampai berlebihan maka dapat membuat tekanan freon menjadi meningkat. Yang mana kompresor menjadi panas dan imbasnya kondensasi menjadi terhambat.

Demikianlah ketujuh penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin agar diketahui pemiliknya. Pastikan untuk selalu rutin melakukan service pada kendaraan secara menyeluruh supaya tetap optimal.

Baca Juga:  5 Cara Membuka Jok Motor Tanpa Kunci Dengan Cepat Dan Ampuh

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *