Penyebab ATM Mandiri Tidak Bisa Digunakan

Penyebab ATM Mandiri Tidak Bisa Digunakan – Mandiri merupakan salah satu lembaga keuangan yang melayani transfer, menabung, penarikan uang dan lain sebagainya. Sebelum menggunakannya pengguna perlu memastikan ATM aktif. Lalu bagaimana cara cek rekening mandiri masih aktif atau tidak dengan mudah dan cepat? Sebab ATM tidak dapat digunakan jika sudah tidak aktif.

Masih banyak nasabah yang tiba-tiba terkejut saat ATMnya sudah tidak dapat digunakan. Jika masalah ini terjadi maka nasabah sudah tidak dapat melakukan transaksi menggunakan ATM. Untuk dapat mengatasinya ketahui terlebih dahulu penyebab dan cara memastikan ATM masih bisa digunakan atau tidak pada penjelasan di bawah:

Kenali Penyebab ATM Mandiri Tidak Bisa Digunakan

Kehadiran ATM mandiri dapat mempermudah nasabah dalam melakukan berbagai transaksi dengan menggunakan kartu. Namun terkadang kartu ATM tiba-tiba tidak dapat digunakan, mengapa demikian? Hal yang menjadi penyebab utamanya yaitu adanya gangguan atau error.

Nasabah hanya perlu bersabar hingga ATM kembali normal. Selain itu, apabila nasabah telah memasukkan PIN lebih dari 3 kali maka pihak bank akan memblokir kartu secara otomatis.

Cara Memastikan Status Rekening Mandiri

Bank mandiri memang memiliki banyak jenis layanan namun hal itu percuma jika rekening tidak aktif. Apabila nasabah sedang mengalami masalah ini tidak usah khawatir. Sebab berikut sudah ada beberapa cara untuk memastikan rekening masih aktif atau tidak:

Menggunakan Via Mandiri Call

Cara cek rekening mandiri masih aktif atau tidak yang pertama yaitu dengan menggunakan via mandiri call. Nasabah hanya perlu menghubungi pihak mandiri di nomor 14000. Setelah itu melaporkan keluhannya dan mintalah bantuan petugas untuk mengecek rekening tersebut.

Baca Juga:  Macam-Macam Cicilan Pinjaman Bank BRI Favorit Nasabah

Cara ini dapat dengan mudah dilakukan tanpa perlu keluar rumah. Cukup sebutkan nomor rekening dengan benar lalu pihak mandiri akan segera mengecek statusnya. Jangan lupa pastikan jaringan yang digunakan baik agar suara dapat terdengar dengan jelas.

Mengunjungi Kantor Bank Mandiri

Jika nasabah memiliki banyak waktu luang maka lebih baik langsung datang ke kantor cabang terdekat. Cara ini dapat membuat pelayanan lebih mudah dilakukan jika dibanding dengan melalui via telepon. Namun ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan.

Setelah sampai di kantor bank mandiri ambil nomor antrian. Jika sudah terpanggil segera tanyakan ke CS mandiri mengenai status rekening yang dimiliki.

Menggunakan ATM Mandiri

Setiap nasabah yang telah memiliki buku rekening akan diberikan kartu ATM. Adapun manfaat dari kartu tersebut yaitu dapat digunakan ketika ingin melakukan transfer atau penarikan tanpa perlu datang ke kantor mandiri.

Selain manfaat tersebut, ternyata kartu ATM dapat digunakan untuk mengecek status dari rekening mandiri yang dimiliki. Caranya yaitu datang ke ATM terdekat lalu masukkan kartu. Setelah itu lakukan pengecekan saldo, apabila gagal maka rekening sudah tidak aktif.

Melakukan Transaksi Transfer Dari Bank Lain

Berikutnya yaitu dengan melakukan transfer ke dari bank lain atau sesama mandiri. Nasabah dapat mencoba cara ini untuk memastikan rekening masih aktif atau tidak. Apabila nasabah memiliki 2 rekening maka dapat menggunakan rekening satunya untuk melakukan transfer.

Jika tidak maka minta bantuan ke teman untuk transfer sejumlah uang ke rekening yang ingin di cek statusnya. Jika gagal maka dipastikan rekening tersebut sudah tidak aktif lagi.

Menggunakan E-banking

Cara yang terakhir yaitu dengan menggunakan e-banking. Cara ini terbilang sangat praktis karena nasabah hanya memerlukan kuota internet saja. Mobile banking dapat mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi tanpa mengenal tempat dan waktu.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Saldo Gopay Tidak Masuk Yang Bisa Dicoba

Namun manfaat yang jarang diketahui yaitu mobile banking ternyata juga dapat digunakan untuk mengecek status rekening. Caranya yaitu nasabah perlu melakukan login aplikasi terlebih dahulu. Setelah itu buka menu utama dan lihat status rekening.

Itulah beberapa penyebab ATM mandiri tidak bisa digunakan serta cara cek rekening mandiri masih aktif atau tidak. Jika tidak, segera buat rekening baru untuk dapat kembali melakukan transaksi.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *