Ukuran Ban Motor Ring 17 Paling Kecil, Ini Jenis Dan Tips Memilihnya

Ukuran Ban Motor Ring 17 Paling Kecil, Ini Jenis Dan Tips Memilihnya

Ukuran Ban Motor

Ukuran Ban Motor – Ukuran ban motor ring 17 paling kecil termasuk tipe yang banyak digunakan pengendara, tipe imperial ataupun matrik. Secara umum, ban dibuat dari bahan karet sintetik yang ukurannya bervariasi. Ring 17 sendiri termasuk yang umum dipakai menjadi standar untuk ban motor yang dinilai paling efisien.

Sebab, kondisi ban berperan terhadap kinerja mesin serta kenyamanan pada saat berkendara. Keliru memilih ukuran ban akan membuat pengendara kurang leluasa ketika mengendarai motornya. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari simak pembahasannya di sini:

Berbagai Jenis Ukuran Ban Motor Ring 17 Paling Kecil

Bagi pengendara motor khususnya yang masih pemula, penting untuk memperhatikan ukuran dari ban. Dengan begitu, performa motor akan lebih maksimal. Informasi ini akan sangat berguna pada saat akan mengganti ban yang lama atau modifikasi. Berikut beberapa tipe ukuran ring 17:

Imperial

Pertama ada tipe Imperial, yang biasanya ditulis dengan menggunakan satuan inci. Contohnya, standar untuk ban motor bagian belakang berukuran 2.50-17. Angka 2.50 tersebut menggambarkan lebar dari telapak atau ukuran bagian dalamnya (section width).

Lebar pada telapak ban ukurannya juga sama seperti section height. Sehingga bentuk dari penampang ban yang dimiliki tipe Imperial terlihat menyerupai bulan. Sementara itu , angka 17 menggambarkan ukuran dari diameter velg di satuan inci.

Matrik

Ukuran ban motor ring 17 paling kecil berikutnya adalah Matrik. Ukuran ban Matrik dituliskan menggunakan satuan milimeter. Sebagai contoh, ukuran pada ban depan adalah 70/90-17. Penulisan ukuran tersebut tentunya berbeda dari Imperial.

Angka 17 yang tertera di Matrik bermakna sama seperti Imperial, yaitu menyatakan diameter dari velg-nya. Sementara itu, angka 70 di ban disebut lebar telapak (satuan milimeter).

Baca Juga:  Inilah Cara Membuka Blokiran Di Messenger Dengan Cepat

Kemudian angka 90 bermakna aspek rasio/perbandingan di antara section width serta height di ban. Dapat dikatakan section height adalah 90% dari 70 mm. Adanya perbedaan ukuran tersebut membuat bagian penampang ban nampak seperti oval.

Tips untuk Memilih Ban Motor Ring

Sebagai komponen yang perannya besar untuk kendaraan bermotor, tentunya perlu cermat dalam memilihnya. Tidak cukup dengan mengetahui jenis-jenis ban ring 17, pengendara juga perlu mengetahui tips untuk memilihnya. Sehingga bisa menemukan mana yang paling sesuai dengan kebutuhannya. Berikut beberapa tipsnya:

Mencari Informasi Ukuran Ban Paling Sesuai

Pahami ukuran standar dari ban sebagai awal sebelum mengganti dengan yang baru. Sebab jika sudah nyaman menggunakan ukuran yang paling standar, akan lebih baik jika tidak mengganti ukurannya.

Umumnya, motor memakai standar 70/90-17 pada bagian depannya. Sementara itu yang belakang 80/90-17. Namun kembali lagi, semuanya tergantung jenis motor yang digunakan serta kenyamanannya. Konsultasikan langsung ke ahlinya agar tidak keliru memilih.

Mengetahui Kelebihan Serta Kekurangannya

Tips selanjutnya adalah mencari tahu kelebihan dan kekurangan dari ban pilihannya. Motor yang bannya besar cenderung stabil, terutama di daerah bergelombang dan ingin menggunakan kecepatan tinggi. Kendati demikian, bobot motor menjadi lebih berat jika ukuran bannya besar.

Hal ini berdampak terhadap kinerja mesin serta konsumsi BBM. Oleh sebab itu, pengendara perlu memilih kelebihan apa yang dibutuhkannya, dan kekurangan apa yang masih dapat ditoleransi olehnya. Baik ban berukuran besar maupun kecil, yang terpenting adalah kenyamanan terkait perawatan dan saat dikendarai.

Demikian informasi mengenai ukuran ban motor ring 17 paling kecil beserta tips untuk memilihnya. Pemilihan ban sangat penting, sebab perannya signifikan dalam berkendara sehari-hari. Apabila ban terasa nyaman, tentu berkendara akan lebih aman dan nyaman. Begitu juga dari sisi konsumsi BBM yang merupakan pertimbangan penting.

Baca Juga:  Inilah 2 Cara Mengembalikan Foto Di Hp Yang Sudah Di Reset

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *