Wifi Extender vs Repeater

Wifi Extender vs Repeater – Mengalami kendala dengan jangkauan sinyal WiFi? Tak perlu khawatir sebab ada WiFi Repeater dan juga WiFi Extender. Keduanya memang memiliki fungsi yang hampir sama, namun ternyata terdapat beberapa perbedaan mendasar. Untuk mengetahui perbedaan WiFi Extender vs Repeater, simak penjelasannya di bawah ini:

Pengertian WiFi Extender

WiFi Extender merupakan salah satu penguat sinyal WiFi yang dapat digunakan ketika mengalami kendala mengenai jangkauan WiFi. Dengan menggunakan WiFi Extender ini, wilayah yang sebelumnya tidak terjangkau WiFi kini bisa terjangkau dengan bantuan alat tersebut. Cara kerja perangkat yang satu ini adalah dengan menghubungkan router ke WiFi Extender dengan menggunakan kabel ethernet.

Dengan menggunakan perangkat WiFi Extender ini sama saja menambahkan router ke wilayah lain yang sebelumnya tidak terjangkau dengan sinyal WiFi. Karena menggunakan sambungan kabel ethernet maka WiFi Extender ini tidak akan mengurangi bandwidth dan kecepatan internet akan tetap sama.

Pengertian WiFi Repeater

Untuk mengetahui mana yang lebih baik antara WiFi Extender vs Repeater, pahami terlebih dahulu pengertian dari keduanya. Sama-sama berfungsi untuk memperluas jangkauan WiFi, ternyata WiFi Repeater berbeda dengan WiFi Extender. Jika WiFi Repeater bekerja dengan menjadi router kedua, maka Repeater berfungsi untuk mengulang sinyal dari router utama ke wilayah yang tidak terjangkau.

WiFi Repeater akan menangkap sinyal dan menyebarkan sinyal tersebut lebih banyak ke wilayah lain. Dengan demikian, WiFi Repeater dapat mengurangi bandwidth. Hal tersebut tentu sangat berbeda dengan WiFi Extender sebelumnya.

Perbedaan WiFi Extender dan Repeater

Setelah mengetahui pengertian dari kedua perangkat ini, sudah bisa ditangkap dengan jelas bahwa keduanya cukup berbeda. Perangkat yang sama-sama digunakan untuk menguatkan dan menyebarkan ulang sinyal WiFi ini memiliki banyak perbedaan. Hal tersebut perlu dipahami untuk memiliki WiFi Extender vs Repeater. Penjelasan selengkapnya adalah sebagai berikut:

Baca Juga:  Cara Merekam Video Call WhatsApp Secara Otomatis Tanpa Aplikasi Dengan Mudah

Perbedaan Bandwidth

Perbedaan ini cukup mendasar untuk mengetahui perbedaan dari WiFi Extender dan Repeater. Extender berfungsi sebagai router kedua yang terhubung dengan kabel ethernet sehingga tidak akan mengurangi bandwidth. Sedangkan pada WiFi Repeater yang menangkap sinyal dan menyebarkannya ulang dengan lebih luas dapat mengurangi bandwidth.

Gangguan Koneksi

WiFi Extender memiliki koneksi yang lebih kuat sebab terhubung dengan jaringan utama dengan menggunakan kabel ethernet. Sedangkan WiFi Repeater bekerja dengan menggunakan jaringan nirkabel untuk menyebarkan ulang jaringan. Hal tersebut membuat WiFi Repeater lebih mudah terganggu dengan adanya sinyal eksternal.

Pemasangan

Selanjutnya, perbedaan WiFi Extender vs Repeater adalah dari segi pemasangannya. Untuk melakukan pemasangan WiFi Repeater tentu lebih mudah, sebab WiFi Repeater merupakan perangkat plug and play yang bisa dipasang sendiri oleh pengguna bahkan yang awam dengan masalah teknis komputer sekalipun. Sedangkan untuk pemasangan WiFi Extender lebih sulit dan membutuhkan pengetahuan teknis untuk bisa memasangnya.

Harga

Perbedaan selanjutnya adalah dari segi harga. Jika dilihat dari harganya, WiFi Repeater memiliki harga yang lebih murah dibanding WiFi Repeater. Sebab perangkat WiFi Repeater juga lebih sulit dalam pemasangannya, untuk melakukannya setidaknya dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman atau ahli melakukan instalasi WiFi.

Itu tadi adalah beberapa perbedaan WiFi Extender vs Repeater. Keduanya merupakan perangkat untuk membuat sinyal WiFi menjadi lebih merata ke seluruh penjuru ruangan. Untuk menentukan mana yang lebih baik, maka pengguna bisa menentukannya berdasarkan kebutuhan masing-masing. Tentunya setiap orang akan berbeda dan tergantung preferensi.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *