Kenali Apa Itu Spooring Balancing Dan Ciri Mobil Yang Perlu Melakukanya

Kenali Apa Itu Spooring Balancing Dan Ciri Mobil Yang Perlu Melakukanya

Apa Itu Spooring Balancing

Apa Itu Spooring Balancing – Para pengguna mobil tentu seringkali merawat mobilnya agar tetap nyaman saat dipakai sehari-hari. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mobil tetap nyaman digunakan adalah melakukan spooring balancing. Lalu apa itu spooring balancing? Temukan jawabannya dari bacaan berikut ini:

Mengenal Spooring Balancing

Bagi yang belum tahu tentang apa itu Spooring Balancing, hal ini adalah sebuah cara untuk mengembalikan kondisi mobil agar tetap seimbang saat digunakan. Hal ini wajib dilakukan secara berkala.

Spooring sendiri, punya artian sebagai melakukan kegiatan penyeimbangan kembali bagian mobil yang tidak stabil. Tanda-tandanya biasanya mudah dirasakan ketika mobil digunakan secara normal akan tidak nyaman. Untuk mengembalikan kestabilan inilah Spooring diperlukan.

Ciri Mobil yang Perlu Spooring Balancing

Setelah mengetahui apa itu spooring balancing, kenali juga kapan harus melakukan hal tersebut. Ini wajib dilakukan ketika beberapa tanda sudah muncul dengan mengenali dari ciri-ciri berikut ini:

Setir Mobil Bergerak Sendiri

Gejala atau ciri-ciri pertama yang bisa ditemukan untuk mobil yang memerlukan spooring adalah dengan melihat pergerakan setir mobil. Melakukan perjalanan dengan mobil yang berkecepatan rendah. Saat ada dalam kecepatan 40 sampai 50 Kilometer per jam jika setir bergerak sendiri berarti tanda spooring perlu dilakukan.

Kenapa cirinya bisa dilihat dari bagian setir? Bagian setir adalah benda yang paling berhubungan dengan roda dan kemanapun setir bergerak roda akan mengikuti. Maka dari itu ketika mobil yang setirnya tidak searah dengan roda, itu adalah tanda jika mobil perlu spooring.

Getaran Ketika Ban Melaju

Jika menemukan getaran yang tidak wajar pada keempat bagian roda, itu tandanya spooring harus segera dilakukan. Getarannya tidak akan normal bahkan terasa sampai kabin penumpang. Berbeda dengan jika bertemu dengan jalan yang rusak, getarannya terasa beda.

Baca Juga:  Dijamin Paling Mudah! Berikut Cara Mengunduh Video Dari You Tube Menggunakan Aplikasi Dan Tanpa Aplikasi

Saat keempat ban melaju secara bersamaan, akan ada terasa ketidakseimbangan dari kiri ke kanan, begitu sebaliknya. Spooring dan balancing disini diperlukan guna membuat kanan dan kiri dari mobil dapat stabil dan mengetahui bagian mana yang bermasalah.

Kaki Mobil Bermasalah

Bagian yang cukup penting untuk sebuah mobil adalah kaki mobil. Kaki ini bukanlah bagian yang bisa berjalan, namun kaki mobil ini berperan penting karena akan bersentuhan langsung dengan roda juga medan jalan.

Kaki mobil harus di cek secara berkala paling tidak untuk 3 bulan sekali. Dengan begitu kaki mobil bisa terawat kondisinya agar mobil bisa selalu siap sedia untuk digunakan. Jika kaki mobil bermasalah maka bisa menimbulkan efek serius saat digunakan berkendara

Setir Tidak Mau Kembali ke Posisi Semula

Spooring Balancing juga perlu dilakukan ketika menemukan masalah dimana setir tidak mau kembali ke posisi semulanya yang lurus kedepan. Cobalah belokkan setir ke berbagai arah, jika tidak kembali pada posisi normalnya, maka ada yang salah dengan mobil tersebut.

Coba juga untuk lewat jalanan yang tidak rata, jika merasa roda tidak seimbang dan setirnya dirasa berat untuk digerakkan, maka mobil tersebut harus segera mendapatkan perawatan. Roda yang tidak seimbang bisa menimbulkan getaran yang tidak nyaman saat berkendara.

Saat Parkir, Ban Tampak Miring

Kendaraan yang perlu spooring juga bisa dilihat ketika dalam keadaan parkir. Mobil yang tampak miring saat parkir harus di cek segera ke bengkel. Ban yang biasanya akan miring adalah bagian depan yang cukup terlihat jelas.

Tapi pastikan juga untuk bagian lainnya agar semua terlihat normal tanpa ada yang miring. Jika ada yang bermasalah langsung saja dilakukan pengecekan agar roda kembali normal dan nyaman digunakan lagi.

Baca Juga:  Cara Mengemudi Mobil Matic Untuk Pemula

Itu dia pembahasan mengenai apa itu spooring balancing serta bagaimana ciri kendaraan yang perlu spooring balancing. Keseimbangan kendaraan bukanlah hal yang bisa disepelekan karena menyangkut kenyamanan dan keamanan berkendara.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *