Cara Membuka File XML

Cara Membuka File XML – Istilah file XML memang cukup familiar di telinga. Dengan begitu, penting juga dimengerti bagaimana cara membuka file XML dengan cepat agar file yang ada di dalamnya dapat berfungsi dan bisa digunakan sebagaimana mestinya. Perhatikan penjelasan di bawah ini.

Mengenal File XML

Jadi yang disebut dengan file XML adalah bahasa markup buatan konsorsium World Wide Web untuk menyederhanakan proses pengiriman data. Dalam setiap server pasti memiliki sistem yang berbeda, hal itu akan berpengaruh pada waktu yang diperlukan untuk pengiriman file.

Tentunya programer harus mengubah format agar menjadi sesuai dengan format data pada server tujuan. Di sanalah tujuan dibuatnya XML, agar menjadi solusi dari masalah tersebut. Sehingga tidak diperlukan untuk mengubah format file sesuai dengan format pada server tujuan.

Kemudian perbedaannya dengan HTML sangatlah jelas terlihat pada fungsinya. Fungsi utama HTML ialah untuk menampilkan data, sedangkan fungsi XML untuk mengirimkan dan menyimpan data.

Pemakaian tag dalam XML bebas tanpa syarat, sedangkan HTML memerlukan tag yang khusus sesuai dengan fungsi yang dijalankan. Tentu kedua perbedaan tersebut cukup mudah dipahami, bukan?

Cara Membuka File XML

Setelah mengenal apa itu file XML, maka selanjutnya juga perlu mempelajari bagaimana cara membuka file XML dengan cepat. Dengan hal itu, maka berbagai file di dalamnya dapat dibuka dan diakses sebagaimana mestinya.

Terdapat beberapa cara untuk dapat membukanya. Bisa dengan dengan browser ataupun aplikasi. Untuk lebih mengerti, silahkan perhatikan beberapa tutorial berikut.

Melalui MS. Excel

Cara membuka file XML yang pertama adalah dengan memanfaatkan MS. Excel yang terdapat dalam laptop. Selain untuk mengetik berbagai tulisan, MS. Excel juga dapat dipakai untuk membuka file XML. Adapun caranya adalah:

  • Pertama-tama bukalah MS. Excel terlebih dahulu.
  • Kemudian silahkan klik menu “File” lalu pilih opsi “Open”.
  • Jika sudah carilah file XML yang akan dibuka dalam penyimpanan laptop.
  • Setelah itu klik opsi “Open” pada bagian bawah.
  • Selanjutnya akan terdapat beberapa mode, pilihlah “As an XML table” agar bisa membuka file XML dengan format tabel Excel.
  • Selesai, file akan tersusun dalam tabel sesuai dengan urutan tag.
Baca Juga:  Tips Jualan di Tiktok Agar Laku Keras

Melalui Notepad

Setiap laptop pasti dibekali dengan Notepad. Hal itu juga bisa dimanfaatkan untuk dapat membuka file XML yang dimiliki. Caranya juga tidak kalah mudah dengan tutorial sebelumnya, hanya perlu mempraktekkan beberapa langkah berikut:

  • Bukalah penyimpanan laptop, lalu carilah file XML yang hendak di buka di dalamnya.
  • Setelah sudah, maka klik kanan file XML tersebut kemudian klik “Open with”.
  • Selanjutnya silahkan pilih “Notepad” pada beberapa pilihan yang tersedia.
  • Selesai, semua informasi file XML akan terlihat dalam penyunting teks.

Melalui Browser

Cara selanjutnya adalah dengan memakai sebuah browser untuk dapat membuka file XML. Caranya juga sederhana, semua orang pasti dapat mempraktekkannya. Adapun langkah-langkahnya ialah:

  • Temukan file XML yang akan dibuka dalam penyimpanan laptop.
  • Jika sudah ditemukan, maka klik kanan file tersebut.
  • Klik opsi “Open with” lalu pilih browser yang ada dalam beberapa pilihan tersebut.
  • Setelah itu, semua file XML akan terlihat pada browser dengan jelas sesuai indetasinya. Pengguna juga bisa memetakan data dengan mudah.

Kelebihan memakai browser untuk membuka file XML ialah dapat mengontrol tampilan file dengan mudah. Yaitu dengan cara klik icon (+) dan (-) untuk membuka ataupun menutup bagian tersebut.

Demikianlah cara membuka file XML dengan cepat. Pilih salah satu dari tutorial di atas jika ingin mengetahui atau membuka isi dari file XML. Pastinya, cara di atas sangatlah mudah dipraktekkan dan tidak membutuhkan waktu lama.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *