Biaya Kuliah Kedokteran

Biaya Kuliah Kedokteran – Bagi seseorang yang akan masuk ke sekolah kedokteran tentu perlu memahami berapa biaya kuliah kedokteran yang nantinya harus dipersiapkan. Melalui pemahaman inilah nantinya seseorang bisa mempersiapkan biaya yang nantinya akan digunakan.

Apalagi bila melihat dari kenyataan dilapangan dimana biaya untuk masuk kuliah kedokteran memang cukup tinggi. Lalu, berapa sebenarnya biaya yang perlu dipersiapkan untuk bisa masuk ke perkuliahan kedokteran? Mari simak ulasan berikut:

Apakah Semua Biaya untuk Kuliah Kedokteran Sama?

Seperti yang diketahui bahwa biaya kuliah kedokteran memanglah bukan nilai yang murah. Namun, tentu hal ini akan sebanding dengan ilmu yang nantinya akan diberikan kepada mahasiswa.

Pada dasarnya keinginan untuk dapat melanjutkan kuliah di jurusan ini pun menjadi minat yang cukup banyak diinginkan seorang anak. Pendidikan profesi satu ini memang bisa dibilang merupakan impian banyak anak bahkan orang tua di Indonesia.

Hal inilah kemudian yang membuat tidak sedikit orang tua akan mengerahkan berbagai macam cara supaya sang anak bisa meraih cita-cita menjadi dokter. Namun, seperti yang diketahui bahwa biaya untuk sekolah dokter memang sangat mahal.

Bahkan biaya untuk dapat mengenyam sekolah kedokteran ini pun juga memiliki angka yang berbeda pada setiap PTN atau bahkan prodi yang diambil. Inilah kemudian yang membuat adanya persiapan biaya menjadi penting untuk dipertimbangkan terlebih dahulu.

Tentunya dengan adanya persiapan biaya maka, nantinya juga akan lebih mudah pada saat kuliah sudah dimulai. Mahasiswa pun bisa mengikuti setiap kelas juga praktikum yang diadakan di kampus.

Berapa Biaya yang Perlu Dipersiapkan?

Biaya kuliah kedokteran memang memiliki perbedaan angka seperti yang sempat dibahas sebelumnya. Hal ini biasanya tergantung dari setiap PTN itu sendiri. Lalu, berapa sebenarnya biaya yang perlu dipersiapkan tersebut? Mari simak ulasan berikut:

Baca Juga:  SNI ISO/IEC 17025: 2017 Sistem Manajemen Mutu Laboratorium Pengujian atau Kalibrasi

Perkiraan Kuliah Kedokteran di Universitas Airlangga

Perkiraan biaya yang pertama bisa dilihat melalui fakultas kedokteran yang disebut sebagai yang terbaik di Indonesia. Fakultas tersebut adalah fakultas kedokteran di Unair atau Universitas Airlangga.

Biaya kuliah jurusan kedokteran di universitas ini sendiri nantinya akan terbagi menjadi 4 golongan yang utama. Lalu, apa saja golongan tersebut? Berikut pembagian golongan biaya kuliah kedokteran di Unair:

  • IA sebagai UKT pertama akan menarik biaya sekitar 500 ribu.
  • IB sebagai adalah 1 juta.
  • IC 2.400.000.
  • Sedangkan untuk UKT berikutnya adalah golongan I,II serta III yang dimulai dengan angka 10 juta hingga 25 juta.

Perkiraan Biaya di UI

Universitas Indonesia tentu menjadi tujuan utama dari banyak calon mahasiswa di Indonesia. Tidak terkecuali untuk jurusan kedokteran yang juga banyak menjadi incaran. Lalu, berapa biaya yang perlu dikeluarkan bila ingin menjadi mahasiswa di fakultas kedokteran UI? Berikut ulasannya:

  • Ilmu gizi di UI akan membutuhkan uang pangkal sekitar 22 juta dengan biaya regulernya adalah 15 juta.
  • Untuk Ilmu kedokteran umum akan membutuhkan uang muka sebesar 25 juta dengan biaya perkuliahaan sekitar 17 juta.
  • Biomedik membutuhkan uang muka sekitar 20 juta dengan biaya kuliah umum sekitar 15 juta.

Biaya di Universitas Padjadjaran

Pada Universitas Padjajaran sendiri memiliki estimasi biaya yang hampir mirip dengan Universitas Airlangga. Nantinya pembagian kelompok 1 hingga 5 adalah UKT yang bisa dijadikan estimasi untuk penerima jalur SNMPTN maupun SBMPTN.

Biaya kuliah kedokteran di universitas ini untuk pembagian kelima kelompok tersebut berada pada nilai terkecil 500 ribu dan nilai tertinggi 15 juta. Hal ini tentu akan memiliki angka yang berbeda bagi mahasiswa yang mengambil jalur mandiri.

Universitas Sriwijaya

Biaya yang perlu dikeluarkan oleh calon mahasiswa yang akan mengambil mata kuliah kedokteran di Universitas Sriwijaya tentu juga akan berbeda. Pada universitas ini sendiri membagi biaya dalam fakultas kedokteran menjadi 3 seperti pada keterang berikut:

  • BOP merupakan pembayaran yang dilakukan sekali dengan perkiraan biaya sekitar 200 juta.
  • Preklinik menjadi pilihan berikutnya dimana pembayaran dilakukan per semester dengan perkiraan biaya 30 juta.
  • Sedangkan untuk pilihan terakhir adalah klinik dimana biaya yang perlu dibayarkan adalah 45 juta per semester.
Baca Juga:  5 Cara Andalan Cara Upload Video You Tube Bebas Klaim Hak Cipta Pasti Berhasil

Itulah tadi gambaran biaya kuliah kedokteran dari 4 universitas berbeda di Indonesia. Tentunya melalui 4 universitas tersebut juga sudah bisa diketahui berapa saja kemungkinan biaya yang perlu dipersiapkan.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *