Biaya Kuliah S2 Di Indonesia

Biaya Kuliah S2 Di Indonesia  – Melanjutkan pendidikan di jenjang magister memang menjadi keinginan sejumlah orang. Sebelum memulai untuk mendaftar ketahui dulu biaya kuliah S2 yang ditetapkan untuk jurusan yang akan diambil. Hal ini, untuk meminimalisir terjadinya kendala seperti kuliah yang terhenti lantaran biaya.

Mengingat setiap jurusan biasanya mempunyai kisaran biaya yang tidak sama. Biasanya antar universitas juga tidak sama biayanya meskipun jurusan tersebut sama. Untuk itu, berikut daftar biaya kuliah untuk program magister di beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia:

S2 di Universitas Gadjah Mada

Nama Perguruan Tinggi yang sering dikenal dengan nama UGM ini mempunyai sejumlah fakultas yang bisa menjadi pilihan. Biaya yang dibebankan ini nantinya hanya bersifat UKT saja, tanpa adanya uang gedung maupun uang pangkal.

Contohnya S2 di fakultas biologi mempunyai ketentuan biaya dengan rentang 11 juta rupiah sampai dengan 37 juta untuk satu semesternya. Fakultas filsafat mempunyai ketentuan biaya S2 sebesar 9 juta hingga mencapai 35 juta rupiah untuk satu semesternya.

Untuk S2 fakultas hukum tergolong lebih terjangkau yaitu antara 9 juta sampai dengan 20 juta rupiah per satu semesternya. Sedangkan S2 di fakultas teknik UGM biayanya yang harus dikeluarkan berkisar antara 5,5 juta hingga 37 juta rupiah per hari semesternya.

S2 di Institut Teknologi Bandung

Nama untuk biaya kuliah S2 di ITB sendiri disebut dengan istilah BPP. Yang mana istilah tersebut mempunyai singkatan berupa Biaya Penyelenggaraan Pendidikan. Tentunya besaran biaya yang harus dibayarkan, ketika menempuh jenjang magister di ITB akan tergantung dengan jurusan yang diambil.

Baca Juga:  Daftar Biaya Telkom University Program S1 Tahun Ajaran 2023_2024

Ketentuan biaya program magister untuk bagian fakultas selain dari SBM lebih kurang sekitar 13,5 juta rupiah per satu semesternya. SBM sendiri, mempunyai kepanjangan Sekolah Bisnis dan Manajemen. Sedangkan untuk fakultas farmasi industri, dikhususkan memiliki biaya S2 sekitar 22 juta per satu semesternya.

Sementara itu, khusus kelas internasional mempunyai kisaran biaya S2 mencapai 35 juta rupiah untuk satu semesternya. Terakhir untuk program SBM yang disinggung sebelumnya mempunyai ketentuan BPP senilai 13,5 juta sampai dengan 40 juta rupiah untuk satu semesternya.

S2 di Institut Pertanian Bogor

Jika sebelumnya besaran biaya untuk jenjang magister dipengaruhi oleh jurusan yang akan diambil. Untuk menempuh S2 di IPB ini, biayanya akan ditentukan oleh jalur masuknya mahasiswa yang bersangkutan. Daftar jalur yang disediakan memang cukup banyak.

Mulai dari jalur reguler, kemudian ada jalur khusus dan juga jalur penelitian. Untuk jalur reguler, kisaran biaya yang harus dibayar per satu semesternya adalah 9 juta rupiah.

Sedangkan untuk jalur khusus mempunyai ketentuan biaya S2 senilai 10 juta, hingga 15 juta untuk satu semester. Terakhir adalah untuk jalur penelitian memiliki besaran biaya S2 9 juta rupiah satu semester.

S2 di Universitas Airlangga

Untuk Universitas Airlangga memberlakukan aturan bahwa biaya S2 akan terdiri dari 2 hal. Yang pertama adalah UKS yang merupakan singkatan dari uang kuliah semester. Serta yang kedua adalah UKA yang merupakan kepanjangan singkatan dari uang kuliah awal.

Untuk S2 di fakultas kedokteran Unair mempunyai UKA sebesar 10 juta sampai dengan 25 juta rupiah. Sedangkan untuk UKS dari fakultas ini berkisar antara 8,5 sampai dengan 22 juta rupiah per semesternya.

Sementara untuk fakultas farmasi mempunyai ketentuan UKA antara 10 juta sampai dengan 75 juta rupiah. Di jurusan yang masih sama, UKS yang ditetapkan antara I, 5 juta sampai dengan 22,5 juta rupiah.

Baca Juga:  Begini Cara Memperbaiki Facebook Lite Di HP, Mudah Dan Cepat!

S2 di Universitas Indonesia

UI memang menjadi satu diantara beberapa Perguruan Tinggi favorit untuk melanjutkan pendidikan. Program magister yang ada di Universitas Indonesia ini akan terdiri dari uang pangkal serta juga biaya operasional pendidikan. Nantinya biaya tersebut akan mengalami perbedaan tergantung kewarganegaraan dan program studi.

Untuk S2 dengan mengambil fakultas kedokteran, UP yang harus dibayar sekitar 17,6 juta hingga 22 juta rupiah. Sedangkan untuk BPP nya sekitar 13,7 juta hingga 51,7 juta rupiah.

Kemudian ketika memilih fakultas psikologi, memiliki ketentuan UP sebesar 14 juta sampai pada 47 juta. Sementara untuk BOP, yang ada berkisar antara 17 juta sampai dengan 42,5 juta rupiah.

Itulah pembahasan terkait biaya kuliah S2 di Indonesia. Dari ulasan di atas bisa diketahui jika nominal biaya antar perguruan tinggi serta jurusan tidaklah sama. Biaya juga bisa didasarkan atas jalur masuk yang dipakai mahasiswa.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *