Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka

Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka – Menjadi seorang ibu hamil, tentu terdapat beberapa pantangan atau sesuatu yang tidak boleh dikonsumsi. Salah satu contohnya yaitu pertanyaan tentang bolehkah ibu hamil makan nangka yang sudah matang? Berdasarkan kandungan terdapat banyak manfaat di dalamnya, simak berikut penjelasan lengkapnya yaitu:

Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?

Pertanyaan seputar boleh atau tidaknya seorang ibu hamil memakan buah nangka, tentu boleh-boleh saja. Mengingat banyak kandungan dalam nangka yang baik untuk tubuh. Namun jumlah konsumsi lah yang perlu untuk diperhatikan.

Selagi buah nangka yang dikonsumsi masih dalam batas wajar dan normal, maka tidak ada salahnya mengkonsumsi nangka. Pasalnya kadar gula yang terdapat di dalam buah tersebut cukup tinggi. Memungkinkan ibu hamil yang memiliki riwayat diabetes perlu berjaga-jaga.

Bukan hanya itu saja, ibu hamil dengan indikasi penyakit alergi nangka, diare serta asam lambung pun diharapkan memperhatikan jumlah konsumsi. Jadi meskipun menyukai buah nangka, ada baiknya tidak terlalu sering memakannya. Hal ini bisa disiasati dengan varian buah lainnya.

Khasiat Buah Nangka untuk Ibu Hamil

Termasuk ke dalam kategori buah-buahan, nangka tentu memiliki kandungan serupa seperti adanya vitamin serta nutrisi yang baik. Memungkinkan seseorang yang mengkonsumsinya dapat menerima khasiat baiknya. Simak berikut ini beberapa khasiat yang terdapat dalam nangka yaitu:

Mengendalikan Tekanan Darah

Khasiat buah nangka yang pertama yaitu sebagai pengendali tekanan darah. Mengingat kandungan antioksidan serta kalium yang terdapat di dalamnya baik untuk tubuh. Memungkinkan pencegahan komplikasi saat kehamilan pun dapat dihindari sedini mungkin.

Baca Juga:  Alpukat Untuk Ibu Hamil Apakah Baik - Begini Ulasan Lengkapnya!

Gangguan tersebut bisa seperti adanya preeklamsia dan hipertensi yang terjadi saat hamil. Oleh sebab itu, penting sekali untuk para ibu agar menjaga tekanan darah supaya tetap stabil. Salah satunya dengan mengkonsumsi buah-buah dengan kandungan baik.

Mencegah dan Mengatasi Sembelit

Selanjutnya, khasiat yang terdapat dalam buah nangka yaitu mampu untuk mencegah serta mengatasi sembelit. Hal ini sebenarnya kerap terjadi pada ibu hamil, karena adanya perubahan hormone. Namun, hal ini dapat diatasi dengan menambah asupan lewat sayur dan buah-buahan.

Salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi buah nangka yang banyak mengandung serat di dalamnya. Memungkinkan para ibu hamil dapat BAB secara teratur. Tidak hanya itu, hal ini juga mendukung pertumbuhan bakteri baik yang terjadi pada saluran pencernaan tentunya.

Memberikan Energi

Supaya tetap sehat dan bertenaga, seorang ibu hamil tentu harus mencukupi kebutuhan akan nutrisi dan kalori seimbang. Contohnya seperti lemak, protein, serta karbohidrat. Untuk mendapatkan asupan tersebut seseorang tentu harus makan-makanan yang bergizi.

Salah satunya dapat berasal dari nasi, ikan, daging, sayur serta buah, termasuk nangka ke dalamnya. Memungkinkan kebutuhan akan energi pun dapat diberikan oleh makanan tersebut. Jika energi telah terpenuhi, maka semangat untuk beraktivitas pun akan timbul.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Adanya kandungan protein, antioksidan, vitamin A dan C membuat buah nangka berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal itu, dapat terlihat dari imunitas tubuh yang kuat dalam melawan virus. Memungkinkan ibu hamil tidak mudah untuk terserang penyakit tentunya.

Mengontrol Berat Badan

Selama Hamil Mempunyai berat badan yang lebih besar ketika hamil adalah hal yang wajar bagi seorang ibu. Namun adanya peningkatan berat badan tersebut bukanlah sebuah patokan. Pasalnya kenaikan berat badan yang terlalu banyak, dapat mempengaruhi kesehatan.

Oleh sebab itu, sebagai salah satu upaya pengontrolan, seorang ibu dapat menjaga pola makannya. Termasuk mengkonsumsi buah nangka secukupnya. Mengingat kandungannya yang dapat memberikan rasa kenyang karena rasa manis dari buah tersebut.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Sensor Pada Foto Super Gampang

Mendukung Proses Tumbuh Kembang Janin

Memiliki kandungan serta nutrisi yang lengkap di dalamnya, menjadikan buah nangka sangat baik dikonsumsi. Pasalnya dengan teratur makannya dapat memelihara kesehatan tubuh saat hamil beserta janin di dalamnya. Terlebih lagi dalam mendukung tumbuh kembang janin.

Namun, selain memakan buah nangka, ibu hamil juga harus melengkapinya dengan asupan bergizi lainnya. Contohnya dengan memakan-makanan yang sehat seperti telur, susu, sayur, daging serta kacang-kacangan. Jika telah terlengkapi semua asupan, maka tumbuh kembang bayi pun akan terjamin.

Itulah penjelasan tentang pertanyaan bolehkah ibu hamil makan nangka yang banyak didiskusikan. Berdasarkan kandungan yang terdapat didalamnya, sangat banyak hal baik yang ada. Memungkinkan konsumsi buah nangka tidak masalah jika dalam jumlah normal.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *