Cara Mengobati Mata Kelilipan

Cara Mengobati Mata Kelilipan  – Kelilipan sering terjadi pada mata akibat adanya benda asing masuk ke mata sehingga membuat mata gatal hingga kemerahan. Penyebabnya bisa karena debu, bulu mata rontok atau benda kecil lainnya. Refleks orang adalah mengucek mata padahal ada cara mengobati mata kelilipan yang mudah dilakukan.

Untuk mengeluarkan benda tersebut tanpa menyebabkan luka perlu penanganan khusus. Apapun penyebabnya benda asing tersebut harus segera dikeluarkan dari mata sebelum terjadi luka dan infeksi. Berikut cara-caranya:

Segera Cuci Tangan dan Lepaskan Lensa Kontak

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengobati mata kelilipan adalah dengan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memegang mata. Pastikan tangan dalam keadaan bersih, setelah itu buka mata lebar-lebar dan putar mata untuk merasakan bagian mana yang mengganjal. Bilamana menggunakan lensa kontak, lepaskan dulu agar mata bisa bebas dibersihkan.

Jangan Mengucek Mata

Mengucek mata hanya akan membuat benda tersebut menggesek permukaan mata dan merusak epitel kornea. Jadi lebih baik tariklah kantung mata ke bawah dan keluarkan benda asing itu dari sana. Namun pastikan tangan sudah bersih agar tidak menimbulkan masalah baru seperti infeksi karena tangan kotor.

Kedipkan Mata Secara Perlahan

Dengan mengedipkan mata beberapa kali dengan cepat mata akan mengeluarkan cairan air mata yang bisa mendorong benda tersebut keluar. Lakukan terus hingga terasa benda tersebut tidak lagi mengganjal mata.

Cucilah Mata Dengan Air Hangat

Mencuci mata baik dengan air hangat atau cairan steril seperti boorwater bisa membantu mengeluarkan benda asing dari mata. Tuangkanlah ke dalam wadah kecil lalu masukkan dan kedipkanlah mata di dalamnya. Bantulah dengan menarik kelopak mata jika benda tersebut terselip. Lakukan beberapa kali hingga benda keluar dan tidak lagi mengganjal mata.

Baca Juga:  6 Nama Nama Spare Part Motor Vixion Untuk Modifikasi

Teteskan Obat Mata

Obat tetes mata biasa yang dijual umum bisa digunakan untuk mengeluarkan benda asing yang masuk ke mata. Fungsinya sebenarnya sama dengan air mata atau cairan steril yang membasuh permukaan mata untuk mendorong benda asing keluar.

Gunakan Alat Bantu

Jika benda asing tersebut bertahan di sudut mata, menggunakan cotton bud dengan menempelkannya di ujung mata bisa membantu tapi bukan untuk mengoreknya. Gerakan bola mata melihat ke arah yang berlawanan dengan letak benda agar bisa terdorong ke arah cotton bud. Tetap berhati-hati agar tidak memperburuk keadaan karena terdorong alat bantu.

Hentikan Pemakaian Lensa Kontak

Pemakaian lensa kontak yang tahan lama bisa memicu persoalan kelopak mata menjadi bentol kecil-kecil sehingga mata sulit melihat ke atas. Biasanya ini disebabkan oleh tumpukan lemak yang menempel di permukaan lensa. Lensa tahan lama ini harus sering dibersihkan untuk menghindari iritasi seperti ini.

Biasanya ada obat khusus untuk merendam lensa kontak jangka panjang agar lemaknya bisa hilang. Jika ini terjadi maka harus diobati dengan obat dokter agar tepat sasaran. Biasanya diberikan obat tetes dan obat minum untuk menghilangkan benjolannya. Disarankan agar menggunakan lensa kontak jangka pendek untuk menghindari masalah serupa.

Selain itu ada baiknya lensa kontak dilepaskan sebelum tidur malam agar tidak membuat mata menjadi kering dan iritasi. Juga untuk memberi kesempatan pada mata untuk membersihkan kotoran supaya saluran pembuangannya tidak terganggu.

Cara mengobati mata kelilipan tidak sulit namun harus dilakukan dengan tangan yang bersih, cahaya yang cukup untuk memperhatikan dengan teliti. Berhati-hatilah agar tidak melukai mata saat melakukannya supaya tidak menimbulkan masalah lebih buruk. Jika pengobatan sendiri tidak berhasil, mintalah bantuan dokter mata untuk melakukannya dengan aman.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *