Obat Sakit Ulu Hati dan Sesak Nafas

Obat Sakit Ulu Hati dan Sesak Nafas – Sakit ulu hati ditandai dengan rasa sakit di perut bagian atas dan terasa panas atau seperti ditusuk, penderitanya akan merasa tidak nyaman dan aktivitasnya terganggu. Agar tidak berlarut-larut, perlu diketahui cara menyembuhkan sakit ulu hati dengan tepat. Sebab meskipun terkadang ringan, sakit ulu hati bisa menjadi tanda adanya masalah serius pada tubuh.

Sakit ulu hati biasanya dirasakan saat sebelum makan atau setelah makan, penderita juga mungkin akan merasakan mual dan perutnya kembung. Oleh karena itu, sakit ulu hati perlu cepat-cepat ditangani agar tidak mengganggu aktivitas. Jika sakit di ulu hati tidak terasa parah, cara-cara berikut ini dapat dilakukan di rumah:

1. Minum Antasida

Salah satu penyebab sakit ulu hati adalah asam lambung naik ke kerongkongan, konsumsi antasida dapat menetralkan asam lambung dan mengurangi sakit di ulu hati. Usahakan untuk memberi jarak 1 jam setelah makan sebelum mengkonsumsi antasida. Antasida berbentuk cair biasanya lebih disarankan daripada tablet, namun untuk lebih pastinya, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

2. Perbaiki Pola Makan

Sakit ulu hati dapat disebabkan karena kebiasaan makan makanan pedas, sebisa mungkin jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas. Cobalah untuk beralih ke makanan ringan dan sehat seperti sayuran dan buah-buahan. Hindari juga terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol dan berkafein, serta biasakanlah untuk makan dengan pola waktu yang lebih teratur.

Jenis makanan/minuman lainnya yang perlu dihindari penderita sakit ulu hati antara lain makanan berlemak dan minuman bersoda. Usahakan untuk tidak terlalu sering mengonsumsi makanan yang digoreng, daging olahan, dan daging yang berlemak. Beberapa sayuran/buah-buahan juga ada yang perlu dihindari, misalnya nanas, lemon, dan kol.

Baca Juga : Cara Mengobati Pilek Secara Alami

Baca Juga:  7 Makanan Kaya Serat Untuk Pencernaan, Baik Dikonsumsi Setiap Hari

3. Konsumsi Minuman atau Makanan yang Mengandung Jahe

Mengkonsumsi jahe bisa menjadi salah satu cara menyembuhkan sakit ulu hati, jahe dikenal mengandung senyawa anti-inflamasi dan mampu meredakan mual. Selain bisa menyembuhkan sakit ulu hati, jahe juga berkhasiat untuk menghangatkan tubuh. Jika kurang suka dengan rasa jahe yang pedas, olah jahe menjadi minuman terlebih dahulu, misalnya wedang jahe.

Satu hal yang perlu menjadi perhatian jika ingin mengobati sakit ulu hati dengan jahe, pastikan untuk memberikan dosis sedikit terlebih dahulu. Jika terlalu banyak, dikhawatirkan rasa pedas pada jahe akan memicu asam lambung berlebih lagi. Cukup gunakan paling banyak 4 gram atau setara dengan 2 sendok teh jahe.

4. Buat Racikan Jamu dari Kunyit

Selain jahe, ada bumbu dapur lainnya yang dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit ulu hati, yaitu kunyit. Kunyit mengandung senyawa flavonoid yang membantu menangkal bakteri jahat dan mengobati inflamasi, tidak hanya itu, kunyit juga mengandung minyak atsiri yang mencegah asam lambung berlebih. Terdapat juga senyawa kurkumin yang berkhasiat dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Kompres Perut dengan Air Hangat

Cara ini mungkin tidak menyembuhkan sakit ulu hati secara permanen, namun bisa dilakukan dalam keadaan mendesak ketika rasa nyeri sudah terlalu mengganggu. Mengompres perut dengan air hangat dapat meredakan rasa nyeri untuk sementara. Kompres air hangat dapat melebarkan pembuluh darah sehingga mengurangi ketegangan otot dan memberikan rasa nyaman.

Baca Juga : Khasiat Biji Pepaya Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Itulah beberapa penyebab dan cara menyembuhkan sakit ulu hati, tentu mencegah akan selalu lebih baik daripada mengobati. Terapkan pola hidup sehat, kurangi konsumsi makanan pedas, pilihlah makanan yang bersih, dan hindari kebiasaan merokok serta mengonsumsi minuman beralkohol. Jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter apabila sakit pada ulu hati berlanjut.

Baca Juga:  Begini Cara Menyembuhkan Batuk Yang Tak Kunjung Sembuh, Ampuh!
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *