Cara Menyembuhkan Bibir Mencong

Begini Cara Menyembuhkan Bibir Mencong Secara Alami

Cara Menyembuhkan Bibir Mencong Secara Alami

Cara Menyembuhkan Bibir Mencong Secara Alami – Kasus bibir mencong mungkin jarang terjadi, namun bukan berarti tidak ada. Hal ini bisa disebabkan karena pelbagai hal. Penyakit bibir mencong ini dapat membuat bentuk bibir menjadi mencong. Penderita tidak perlu risau, selalu ada cara untuk menyembuhkan penyakit. Banyak cara menyembuhkan bibir mencong yang telah diketahui dan terbukti ampuh.

Meskipun terlihat tidak terlalu berbahaya, penyakit bibir mencong ini akan berdampak serius bagi kesehatan penderita. Maka dari itu, lebih baik untuk ditangani secepat mungkin agar bentuk bibir bisa kembali seperti sedia kala. Agar lebih paham mengenai penyakit ini, simak ulasan berikut!

Inilah Virus Penyebab Bibir Mencong yang Harus Diketahui

Saraf kranial yang ketujuh menjadi bengkak atau terkompres menjadi penyebab utama akan munculnya penyakit bibir mencong, hal ini mengakibatkan kelumpuhan dan melemahkan wajah. Masih belum diketahui secara pasti apa penyebab pasti dari kerusakan ini, tetapi banyak ilmuwan yang percaya jika hal ini disebabkan oleh infeksi virus. Ketahui virusnya sebagai berikut:

  • Coxsackie. Virus ini yang menyebabkan penyakit tangan kaki dan mulut atau biasa disebut dengan flu singapura.
  • HIV. Virus yang satu ini dapat menyebabkan rusaknya sistem kekebalan pada tubuh. Jika virus ini menyerang, maka tubuh tidak akan kebal lagi dan mudah terserang penyakit.
  • Penyakit Lyme. Infeksi bakteri yang timbul disebabkan oleh kutu yang telah terkena infeksi.
  • Sarcoidosis. Virus ini menyebabkan peradangan pada organ tubuh.
  • Herpes Simplex. Akibat dari virus ini adalah bisa menyebabkan lepuhan serta herpes pada alat kelamin.

Begini Cara Menyembuhkan Bibir Mencong dengan Aman

Agar dapat mengetahui cara menyembuhkan bibir mencong dan mengembalikan kekuatan otot wajah seperti sedia kala, maka simak dahulu cara untuk mengobati bibir mencong dengan benar yang ada di bawah ini!

Baca Juga:  Manfaat Buah Pepaya untuk Bayi

1. Konsumsi Obat Khusus

Obat yang bisa dikonsumsi guna mengobati penyakit ini adalah Kortikosteroid, anti virus, dan obat tetes mata. Kortikosteroid berfungsi untuk mengurangi pembengkakan pada saraf wajah. Setelah minum obat jenis ini, syaraf yang bengkak akan kembali ke tempat semula. Prednison adalah salah satu contoh obat berjenis Kortikosteroid.

Anti virus dapat mengobati penyakit ini dengan menambahkannya ke dalam steroid. Namun, peneliti belum memiliki bukti yang cukup kuat untuk hal tersebut. Asiklovir digabungkan dengan obat Prednison untuk mengobati penderita penyakit bibir mencong. Lalu ada obat tetes mata yang berfungsi menjaga mata, dan melindungi dari kotoran.

Baca Juga : Obat Sakit Ulu Hati dan Sesak Nafas, ini Resepnya

Baca Juga : Khasiat Buah Pare Untuk Kesehatan Tubuh

2. Lakukan Fisioterapi Rutin

Terapi fisik atau yang dikenal dengan fisioterapi bisa mengobati ataupun mencegah penyakit ini. Kelumpuhan yang terjadi pada otot bisa mengakibatkan wajah menjadi menyusut dan memendek, maka hasilnya bisa menimbulkan kontraktur yang permanen. Fisioterapi yang bisa dicoba adalah dengan cara pijat wajah dan melatih otot wajah agar bisa kembali seperti semula.

Fisioterapi ditangani oleh para ahli medis yang sudah berpengalaman. Tentunya hal ini berpeluang besar untuk bisa mengobati bibir mencong agar kembali sehat seperti dulu. Cara yang kedua ini merupakan cara yang kerap dilakukan oleh para penderita, meskipun memerlukan waktu yang lama tetapi tingkat keberhasilannya besar.

3. Lakukan Operasi Plastik

Cara pengobatan yang terakhir ini memiliki banyak risiko. Salah satu risiko dari operasi plastik ini adalah bisa memunculkan cedera pada saraf wajah. Namun, operasi plastik juga berguna untuk bisa memperbaiki masalah saraf wajah pada penderita bibir mencong. Operasi yang diperlukan adalah pencangkokan saraf, pengencangan alis, dan kelopak mata.

Baca Juga:  7 Kandungan Alpukat Yang Baik Untuk Tubuh!

Itulah penjelasan mengenai cara menyembuhkan bibir mencong beserta penyebabnya yang bisa dipelajari dan dicoba. Dengan mengikuti pelbagai cara di atas, maka besar kemungkinan bibir penderita akan kembali sehat seperti sedia kala.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *