Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak dan Sakit

Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak dan Sakit – Salah satu masalah yang berada dalam mulut dan gigi yang sama menyebalkannya dengan sakit gigi yaitu gusi bengkak. Dibilang menyebalkan karena membuat orang yang terkena penyakit gusi bengkak ini susah untuk makan. Pasalnya, saat mengunyah makanan akan terasa sakit, sehingga orang tersebut berharap bisa menemukan cara menyembuhkan gusi bengkak dengan cepat dan mudah.

Berbagai hal bisa menyebabkan gusi bengkak seperti, hormon, sisa makanan, tumpukan plak pada gigi, obat-obatan, dan kekurangan vitamin. Gusi yang bengkak memiliki ciri-ciri ukuran lebih besar dari sebelumnya, dan terasa dorongan lebih di dinding mulut tempat gusi itu mengembang. Namun, jangan khawatir gusi bengkak dapat diatasi dengan cepat melalui cara berikut ini:

Gunakan Kompres Untuk Gusi

Cara menyembuhkan gusi bengkak dengan cepat dan mudah yang pertama yaitu dengan mengompres gusi. Gunakanlah air hangat untuk mengompres gusi bengkak yang disertai nyeri dan berdenyut. Atau bisa gunakan air es untuk mengompres gusi yang hanya bengkak tanpa gejala sakit apapun.

Hindari Segala Hal yang Menyebabkan Iritasi Mulut

Saat sedang memiliki masalah mulut memang sebaiknya menghindari hal-hal yang membuat mulut iritasi. Termasuk saat sedang mengalami gusi bengkak, sebaiknya berhenti merokok, memakan makanan pedas, asam terlebih dahulu. Karena, jika terjadi iritasi bisa memperparah sakit yang ditimbulkan oleh gusi bengkak tersebut.

Berkumur

Selanjutnya yaitu bisa berkumur-kumur dengan air yang dicampur dengan bahan-bahan tertentu. Sering berkumur dengan air bisa membantu mulut menjaga keseimbangan Ph dan kelembabannya. Apalagi jika air tersebut dicampurkan bahan-bahan lain yang bisa membuat mulut lebih bersih. Contohnya Bisa pilih salah satu bahan di bawah ini untuk berkumur :

  • Air garam yang dilarutkan dalam air. Bahan ini paling mudah untuk dibuat, karena pastinya setiap rumah memiliki garam. Kumur-kumurlah 3x sehari dengan air garam.
  • Kumur dengan perasan lemon yang dikombinasikan dengan air hangat. Lemon memiliki fungsi yang hebat untuk mengatur Ph agar seimbang.
  • Pakai air rebusan dari daun jambu klutuk atau biasa dikenal sebagai jambu biji. Dikarenakan, fungsi yang dimiliki oleh daun jambu biji ini sebagai anti bakteri.
  • Air hasil perasan jahe. Adapun air satu ini juga bisa meredakan gusi bengkak, karena mengandung anti bakteri di dalamnya.
  • Kumur dengan air kelapa untuk kumur setelah menyikat gigi. Kelapa memiliki kandungan antiseptik yang bisa mengobati gusi bengkak.
Baca Juga:  Berikut 5 Cara Mengobati Kembung Pada Bayi, Boleh Di Coba!

Tempelkan Bawang

Duo bawang merah dan juga bawang putih bisa menjadi cara menyembuhkan gusi bengkak dengan cepat dan mudah. Karena kedua bawang itu memiliki kandungan antiseptik di dalamnya, sehingga bisa mengurangi pertumbuhan kuman. Caranya juga mudah, hanya dengan menumbuk bawang dicampur dengan garam sebanyak satu sendok teh.

Baca Juga : Begini Cara Menyembuhkan Bibir Mencong Secara Alami

Oleskan Bahan-Bahan Alami pada Gusi

Terakhir yaitu bisa mencoba mengoleskan beberapa bahan alami ke gusi yang bermasalah. Bahan alami tersebut jelas lebih aman dibandingkan obat-obatan maupun salep. Karena, memang bahan-bahan alami tersebut bisa dimakan dan langsung berasal dari alam, tanpa tambahan kandungan lain. Contoh bahan-bahan alami itu adalah :

  • Madu yang membantu untuk mengempeskan pembengkakkan. Oleskan madu sebanyak 3x sehari, hingga gusi mengempis.
  • Merica yang dicampurkan dengan garam dan air hingga berbentuk sedikit kental. Merica ini dikenal sebagai anti inflamasi dan memiliki anti bakteri sehingga dapat meredakan gusi yang bengkak.
  • Belimbing wuluh yang setengah matang ditumbuk dan oleskan pada gusi yang membengkak.
  • Asam jawa yang memiliki kandungan antiseptik. Caranya dengan menyangrai bijinya, dan tempelkan pada gusi yang bermasalah.

Rasa nyeri yang dirasakan saat gusi bengkak sangatlah mengganggu dan bisa menyebabkan sakit kepala juga. Sehingga sama dengan orang yang sedang mengalami sakit gigi, hawanya ingin selalu marah-marah. Maka dari itu dengan mengikuti 5 cara menyembuhkan gusi bengkak dengan cepat di atas bisa membantu mengurangi penderitaan yang dialami akibat gusi bengkak.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.