Khasiat Buah Pare

Khasiat Buah Pare – Salah satu jenis buah labu-labuan yang namanya sudah tidak asing lagi di lingkungan masyarakat adalah buah pare. Buah ini seringkali dihidangkan sebagai tumisan, pelengkap siomay atau bahkan bagi sebagian orang yang menyukainya bisa juga dijadikan lalapan. Meskipun rasanya pahit, tidak ada salahnya untuk mengenal apa saja khasiat buah pare untuk kesehatan agar pengetahuan lebih meluas.

Pare, dengan nama latin Momordica Charantia adalah salah satu buah yang biasa dimanfaatkan sebagai obat dan bahan pangan. Selain pare, ternyata di Indonesia buah ini memiliki nama lain seperti paria, nah paria atau pepareh dengan 3 jenis pare yakni pare hijau, pare ular dan pare putih. Mari kita simak 7 khasiat buah pare yang baik untuk kesehatan:

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Senyawa antioksidan vitamin c yang terkandung di dalam pare bekerja dengan membangun suatu pertahanan terhadap antigen yang merusak tubuh. Sebanyak 58 mg vitamin c di dalam buah pare dapat memenuhi lebih dari setengahnya jumlah vitamin c yang dibutuhkan tubuh yaitu sekitar 90 mg untuk laki-laki dan sekitar 75 mg untuk perempuan.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Buah pare yang ternyata di dalamnya kaya akan serat dapat membantu melancarkan pencernaan dengan cara meningkatkan gerak peristaltik pada usus. Selain itu, buah pare memiliki efek pencahar alami yang dapat membantu gejala sembelit atau istilah lainnya konstipasi. Antibakteri dalam pare secara efektif dapat melawan bakteri Helicobacter Pylori (H.Pylori) penyebab tukak lambung.

Mengendalikan Gula Darah

Khasiat buah pare untuk kesehatan yang selanjutnya adalah dapat mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Dengan kandungan magnesiumnya, buah pare dapat memaksimalkan kerja hormon insulin di mana insulin bertugas mengatur kadar gula di dalam darah. Penumpukkan glukosa dapat dipindahkan ke otot, hati serta jaringan lemak setelah mengkonsumsi buah pare ini.

Menjaga Kesehatan Mata

Buah pare memiliki kandungan senyawa flavonoid, diantaranya zeaxanthin, lutein, α-karoten dan β-karoten yang mampu membantu meningkatkan kesehatan mata. Kandungan lain yang terdapat pada buah pare juga mampu mencegah katarak serta glaukoma yang disebabkan oleh komplikasi diabetes. Karena adanya kandungan ini, buah pare dapat meningkatkan fungsi dari sistem penglihatan serta memperlambat degenerasi makula.

Baca Juga:  Simaklah Cara Menyembuhkan Payudara Yang Sakit Dengan Tepat

Menjaga Kesehatan Tulang

Buah pare mengandung vitamin k di mana vitamin ini larut di dalam lemak. Vitamin k berfungsi untuk mengatur proses pembekuan darah dengan membantu proses pembentukan protrombin. Akibat kekurangan prothrombin, tubuh akan mudah mengalami memar padahal hanya cedera ringan. Vitamin k dalam buah pare juga akan membantu pembentukan protein osteocalcin dalam proses pengerasan tulang.

Mengatasi Masalah Kulit

Selain buah pare, ternyata daunnya pun adalah alternatif untuk mengobati beberapa masalah pada kulit baik itu disebabkan bakteri maupun jamur. Senyawa antibakteri dan antijamur yang terkandung dalam daun pare dapat melawan infeksi pada kulit termasuk kudis dan kurap. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengekstrak daun pare yang kemudian dioleskan pada bagian yang terinfeksi.

Meredakan Gangguan Pernapasan

Buah pare dipercaya mampu mencegah penyakit pernapasan umum seperti flu, batuk ataupun pilek. Pengobatan tradisional Tiongkok memanfaatkan jus buah pare untuk mengatasi kondisi pernapasan tertentu, seperti bronkitis dan asma selama ratusan tahun lamanya. Buah pare juga memiliki sifat antihistamin atau anti alergi, anti-inflamasi atau anti peradangan sehingga buah pare sangat ideal dalam menjaga kesehatan pernapasan.

Baca Juga : Cara Mengobati Pilek Secara Alami, Sangat Mudah!

Baca Juga : 5 Cara Menyembuhkan GERD Secara Alami

Demikian penjelasan mengenai khasiat buah pare untuk kesehatan. Selain menjaga daya tahan tubuh dengan olahraga, diperlukan juga asupan makanan yang bergizi seimbang dan kaya akan manfaat. Buah pare ini memang memiliki rasa yang khas yaitu pahit, tetapi cobalah untuk mengolahnya menjadi masakan yang lezat hingga terasa nikmat untuk disantap bersama nasi.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *