Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan

Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan – Bayangkan saat cuaca siang hari sedang terik-teriknya kemudian ada penjual kelapa muda yang sedang menyajikan air kelapa ke dalam gelas. Rasanya ingin segera menyambangi, membeli, dan meminum air kelapa itu, bukan? Perlu diketahui bahwa manfaat air kelapa muda untuk kesehatan ternyata banyak sekali, tidak hanya sebagai penawar rasa haus saja.

Bukan menjadi hal yang rahasia jika air kelapa memang bermanfaat bagi tubuh. Ini dikarenakan kandungan gizi yang melimpah diantaranya ada kandungan energi, lemak, karbohidrat, fosfor, besi, natrium, kalsium, kalium, dan protein. Jika ingin tahu apa saja manfaat apa saja yang didapatkan dari air kelapa, simak penjelasan berikut sampai selesai!

1. Menjadikan Penampilan Terlihat Lebih Muda

Kebanyakan orang memang ingin terlihat lebih muda dibandingkan umur asli. Namun masih bingung harus bagaimana. Nah, dengan meminum air kelapa bisa membantu memperlambat penuaan. Kandungan sitokinin dalam air kelapa mampu mengatur sel-sel yang akan tumbuh, berkembang, dan menua. Sitokinin juga membantu mengurangi risiko penyakit yang berkaitan usia.

2. Menurunkan Berat Tubuh

Orang-orang tidak hanya ingin terlihat awet muda, tetapi juga ingin mendapatkan tubuh ideal. Namun untuk diet terlalu sulit dijalankan, sehingga beralih ke produk instan. Jika ingin menurunkan berat badan dan mengurangi kalori, maka bisa memanfaatkan air kelapa. Kalori yang terkandung dalam air kelapa memang banyak. Tetapi tidak lebih banyak dari jus dan soda.

Baca Juga:  Cara Menyembuhkan Sakit Leher Sebelah Kiri Yang Mudah Dilakukan

3. Mengatasi Masalah Diare

Pernah menemukan orang diare yang diberi air kelapa muda untuk diminum? Saat orang terkena diare, cairan pada saluran gastrointestinal akan berkurang. Dengan meminum air kelapa maka bisa menyuplai kembali cairan tersebut. WHO bahkan merekomendasikan air kelapa sebagai salah satu pengobatan diare. Selain untuk pengobatan diare, air kelapa juga bisa membantu masalah pencernaan.

4. Mencegah Gangguan Ginjal

Minum air putih memang bisa membantu ginjal tetap sehat. Tetapi meminum air kelapa juga bisa jadi alternatif menjaga kesehatan ginka. Dari sebuah penelitian International Brazilian Journal of Urology, terdapat manfaat air kelapa untuk kesehatan. Apa itu? Yakni dapat mencegah batu ginjal dengan cara mengurangi pembentukan kristal pada urine. Wow, sangat menakjubkan bukan?

Baca Juga : Fungsi Daun Salam Untuk Kesehatan Yang Sangat Istimewah

5. Menangkal Radikal Bebas

Setiap harinya pasti akan bersinggungan dengan banyak orang, matahari, debu, dan lainnya. Hal ini bisa memicu berkembangnya radikal bebas pada tubuh. Pada sebuah penelitian, antioksidan di air kelapa memiliki khasiat meredakan efek stress oksidatif.

Dengan begitu bisa menangkal radikal bebas berbahaya. Tetapi potensi ini tetap membutuhkan penelitian lebih lanjut.

6. Menjaga Jantung Sehat

Manfaat air kelapa muda untuk kesehatan juga bisa membuat jantung tetap sehat dan menurunkan risiko penyakit jantung. Diketahui bahwa air kelapa tidak ada kandungan kolesterol dan lemak. Selain itu juga memiliki kandungan anti-inflamasi & anti-platelet. Adapun yang mana membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi pembentukan plak.

Baca Juga : Khasiat Buah Pare Untuk Kesehatan Tubuh

7. Memaksimalkan Kinerja Organ

Selain itu, air kelapa juga mempunyai manfaat yang baik pada kinerja organ dalam tubuh. Hal ini dibuktikan dari air kelapa sebagai sumber utama arginin. Apa itu? yakni asam amino yang dapat membantu mengatasi stress ketika tubuh sedang berolahraga. Kandungan enzim dalam tubuh juga membantu metabolisme dan sistem pencernaan.

Baca Juga:  Bolehkah Ibu Hamil Makan Salak - Begini Penjelasanya!

Begitu banyak manfaat air kelapa muda untuk kesehatan yang perlu diketahui. Bahkan air kelapa diklaim mampu menjadi penawar orang yang sedang mengalami keracunan makanan atau keracunan lainnya. Dengan mengetahui beberapa manfaat dari air kelapa di atas. Maka jangan ragu untuk meminum air kelapa ketika ada waktu.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *