Fungsi Daun Salam Untuk Kesehataan

Fungsi Daun Salam Untuk Kesehatan Yang Sangat Istimewah

Fungsi Daun Salam Untuk Kesehatan

Fungsi Daun Salam Untuk Kesehatan – Kepopuleran daun salam tidak hanya sebagai bumbu penyedap makanan tetapi digunakan juga dalam pengobatan herbal. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan mempunyai efek samping untuk tubuh. Untuk itu, mengetahui fungsi daun salam untuk kesehatan juga perlu agar bisa menakar konsumsinya. Daun salam bisa digunakan dengan cara ditumbuk, dikeringkan atau dikonsumsi secara utuh.

Diketahui daun salam mempunyai kandungan vitamin dan senyawa, mulai dari vitamin B12, Vitamin C, Vitamin B3, Alkaloid, Triterpenoid, Steroid dan Flavonoid. Kandungan tersebut yang membuat daun salam bermanfaat bagi kesehatan. Ini merupakan beberapa fungsi daun salam bagi kesehatan:

1. Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah

Memiliki kandungan flavonoid yang tinggi, daun salam bisa menurunkan tekanan darah. Selain itu, kandungan quercetin yang ada di tanaman rempah ini juga bisa membantu dalam menurunkan kolesterol yang ada didalam tubuh.

Selain mengkonsumsi daun salam, cara lain yang bisa dilakukan untuk mengontrol kolesterol adalah dengan menerapkan pola makan yang sehat. Beberapa makanan yang aman dikonsumsi adalah makanan lanjut, avokad, brokoli dan buah berry.

2. Obat Herbal Bagi Asam Urat

Salah satu penyakit yang menyerang persendian adalah asam urat. Penderita asam urat juga bisa merasakan nyeri sehingga aktivitasnya dapat terganggu. Dengan kandungan asam urat yang tinggi bisa membuat nyeri sangat terasa sakitnya. Salah satu fungsi daun salam untuk kesehatan adalah bisa mengobati penyakit ini.

Daun salam mengandung kuersetin, mirisetin dan miristin yang dapat menurunkan asam urat. Selanjutnya, daun salam dapat membantu menghambat aktivitas dari xantin oksidase yang menjadi penyebab dari meningkatnya asam urat.

3. Menurunkan Kadar Penyebab Diabetes

Salah satu pemicu diabetes adalah kadar gula darah tinggi. Penyakit diabetes ini menjadi salah satu gangguan kesehatan yang sangat sulit untuk disembuhkan. Upaya pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan menurunkan kadar gula dalam darah. Rempah yang bisa menurunkan kadar pemicu diabetes adalah daun salam.

Baca Juga:  7 Makanan Kaya Serat Untuk Pencernaan, Baik Dikonsumsi Setiap Hari

Kandungan flavonoid dalam daun salam dapat dipakai untuk menurunkan kadar gula secara cepat. Untuk meraciknya, bisa ditambah dengan bahan alami seperti kumis kucing. Cukup rebus kedua bahan, kemudian minum hasil rebusannya secara rutin.

Baca Juga : Khasiat Buah Pare Untuk Kesehatan Tubuh

Baca Juga : Cara Mengobati Pilek Secara Alami, Sangat Mudah!

4. Menyembuhkan Sakit Gigi

Jika sudah terkena sakit gigi, hampir seluruh aktivitas akan menjadi kurang maksimal. Sudah ada banyak cara dan obat untuk meredakan sakit gigi, salah satunya adalah menggunakan daun salam. Fungsi daun salam untuk kesehatan karena adanya kandungan flavonoid yang mempunyai sifat anti inflamasi dan antimikroba.

Daun salam juga memiliki kandungan minyak atsiri yang bersifat analgesic. Caranya dengan merebus daun salam secukupnya, selanjutnya berkumur dengan air rebusan tersebut. Menggunakan cara ini, tidak hanya dapat meredakan rasa nyeri saja, tapi bisa membunuh bakteri Streptococcus sp. yang ada di dalam mulut.

5. Menjaga Imun Tubuh

Baik dari sebelum pandemic, kondisi kesehatan menjadi salah satu aset yang berharga. Banyak yang harus membeli banyak vitamin demi menjaga imunitas tubuh. Padahal salah satu manfaat daun salam adalah menjaga imun tubuh.

Terdapat kandungan baik seperti beta ocimene; 1,8 sineol; beta pinen dan alfa pinen yang dapat menjadi antivirus. Kandungan 1,8 cineole juga bisa menjadi anti jamur dan anti bakteri. Mengkonsumsi daun salam dengan takaran wajar secara rutin, imun akan terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit.

Bagi masyarakat memang sudah tidak asing dengan daun salam, karena sudah pasti ada di setiap masakan. Daun salam juga menjadi tanaman herbal yang banyak digunakan sebagai penyedap rasa karena aromanya yang khas. Mengetahui fungsi daun salam untuk kesehatan sangat penting agar salam bisa digunakan sebagai tanaman herbal pada umumnya.

Baca Juga:  Jangan Dibuang, Berikut Khasiat Biji Pepaya Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *