Table of contents: [Hide] [Show]

Tanaman Obat Yang Berkhasiat

Tanaman Obat Yang Berkhasiat – Menjadi salah satu negara dengan keadaan tanah yang subur, membuat Indonesia banyak ditumbuhi berbagai macam obat. Contoh tanaman obat yang populer dan bermanfaat untuk digunakan pun sangat banyak. Simak berikut ini beberapa contoh yang dapat diketahui, di antaranya yaitu:

Jahe

Contoh tanaman obat yang banyak digunakan dan sering dijumpai salah satunya adalah jahe. Merupakan tumbuhan yang di dalamnya mengandung gingerol yang termasuk ke dalam zat yang tinggi antioksidan. Zat lain yang terkandung di dalamnya yaitu zat anti radang.

Berdasarkan beberapa zat yang terkandung tersebut, mampu meringankan rasa nyeri ataupun sakit pada perut. Penyakit lainnya seperti vertigo, sakit kepala, nyeri haid pun dapat menjadi solusi alternatif. Hal ini tentu akan menghindari konsumsi obat dari dokter.

Temulawak

Selanjutnya contoh dari tumbuhan yang dapat menjadi salah satu obat yaitu temulawak. Temulawak merupakan tanaman yang sudah banyak dikenal sebagai bahan ataupun obat tradisional untuk mengatasi masalah pencernaan. Contoh penyakit seperti perut kembung serta gangguan lambung pun dapat diatasi.

Selain menjadi obat yang berkhasiat untuk beberapa macam penyakit dengan masalah pencernaan, temulawak juga baik digunakan untuk penambah nafsu makan. Namun untuk penggunaannya, tentu harus dibatasi. Mengingat adanya efek samping yang ditimbulkan apabila dipakai secara berlebihan.

Lidah Buaya

Tidak hanya berfungsi sebagai obat, tanaman lidah buaya juga termasuk ke dalam tumbuhan yang banyak digunakan sebagai bahan kecantikan. Bentuk pemanfaatan lidah buaya pun dapat dikonsumsi secara langsung maupun bentuk lain. Mengingat manfaatnya yang sudah sangat kompleks.

Pasalnya lidah buaya banyak dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan mulut, obat jerawat, pencernaan dan lainnya. Luka dalam keadaan ringan pun dapat cepat kering ketika menggunakan lidah buaya. Namun hal tersebut tentu konsumsi untuk ibu hamil tentu tidak disarankan sama sekali tentunya.

Terlebih lagi ketika lidah buaya dikonsumsi secara langsung, pastikan setelah memakannya tidak ada timbul gejala alergi. Mengingat beberapa orang yang tidak bisa mengkonsumsi kandungan tertentu. Oleh sebab itu, alangkah baiknya untuk tetap berhati-hati dalam memanfaatkannya.

Jeruk Nipis

Tanaman yang dijadikan untuk obat selanjutnya yaitu jeruk nipis. Banyak terdapat kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi dengan cara yang tepat. Namun bagi penderita maag dan GERD disarankan tidak mengkonsumsinya dalam jumlah berlebih, mengapa?

Jeruk nipis mempunyai kandungan asam yang tinggi sehingga dapat memicu perih atau luka yang terdapat dalam perut. Namun penggunaan yang seimbang serta tidak berlebihan akan mendatangkan manfaat baik untuk tubuh. Contohnya yaitu sebagai peningkat imun tubuh, mencegah batu ginjal serta kulit.

Rosemary

Hampir serupa dengan lavender dan daun kemangi, tanaman rosemary ternyata merupakan tanaman obat. Di dalam tanaman tersebut banyak mengandung kalsium, zat besi, serta kandungan baik lainnya. Selain itu juga mempunyai wangi dan aroma yang khas.

Membuatnya dapat dimanfaatkan ke dalam berbagai olahan yang dapat dipakai oleh manusia. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan rosemary juga mampu menaikan suasana hati serta konsentrasi. Oleh sebab itu, sangat baik jika ditanam atau dipajang di dalam ruangan.

Daun Sirih

Terakhir, contoh tanaman obat yang dapat menjadi alternatif obat bagi masyarakat Indonesia adalah daun sirih. Banyak mengandung kalium, yodium, vitamin B1, B2 serta asam membuatnya sangat berkhasiat. Terlebih lagi kandungan antioksidan serta tanin yang mampu mempercepat pemulihan luka.

Berdasarkan beberapa penelitian yang telah dihasilkan, terdapat banyak manfaat daun sirih yang dapat digunakan dalam kesehatan. Contohnya untuk mengatasi masalah penyakit asma, diabetes, hingga menurunkan kolesterol. Tidak hanya itu tukak lambung pun dapat diobati dengan mengkonsumsi daun sirih.

Namun perlu diingat, meskipun banyak kandungan baik yang terdapat di dalamnya. Penggunaan daun sirih pun tetap harus dibatasi dan tidak boleh sampai melewati batas. Mengingat segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan tidaklah baik untuk kesehatan.

Itulah penjelasan terkait contoh tanaman obat yang dapat diketahui dan dipelajari sebelumnya. Bagi yang masih ragu dengan khasiat dan beberapa kandungan yang terdapat dalam tanaman tersebut tentu bisa memeriksanya kembali. Selain itu, rasakan juga manfaat nya bagi tubuh.

Baca Juga:  Mengenal Aplikasi Cek Keaslian Emas Antam Dan Penggunaan Praktisnya
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *