Mengobati Kurap Secara Alami

Mengobati Kurap Secara Alami – Kurap atau disebut juga sebagai kadas merupakan kondisi gangguan kulit yang diakibatkan oleh infeksi jamur dermatofita. Kurap ditandai dengan rasa gatal yang menyerang serta ruam merah dan kering bersisik di area luar kulit. Untuk itu menjadi penting mengetahui cara mengobati kurap secara alami yang dapat dilakukan dengan mudah tanpa perlu bantuan tenaga medis.

Ulasan ini akan menyediakan daftar bahan-bahan sederhana dan alami yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati kurap. Bahan-bahan yang akan disebutkan berikut telah biasa digunakan untuk mengobati kurap berkat kandungan senyawa di dalamnya yang bagus untuk membasmi jamur dan meredakan peradangan:

Oleskan Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan bagus dalam mengatasi peradangan kulit. Namun, lidah buaya juga mempunyai sifat anti-jamur yang bagus sehingga cukup ampuh digunakan sebagai obat kurap. Oleskan saja bagian dalam atau daging buah lidah buaya pada kulit yang terdapat kurap secara rutin.

Pakai Minyak Kelapa

Minyak kelapa diperkaya akan kandungan asam lemak yang bersifat anti-jamur sehingga mampu membantu mengobati penyakit kurap. Tidak perlu membuat minyak kelapa sendiri, saat ini telah banyak dijual minyak kelapa dalam berbagai varian kemasan. Pastikan saja minyak kelapa yang akan digunakan berbentuk cair, dan jika masih berupa padatan panaskan terlebih dahulu di microwave atau dengan cara ditim.

Basuh dengan Air Garam

Larutkan segenggam garam ke dalam tempat berisi air hangat, kemudian usapkan larutannya ke area kulit yang terkena kurap. Jika kurap telah menyebar di sekujur tubuh, larutan garam ini bisa juga digunakan untuk mandi. Kandungan senyawa anti-jamur yang ada dalam garam mampu membantu mengobati kurap.

Beri Cuka Apel

Bahan alami selanjutnya yang bisa dimanfaatkan sebagai cara mengobati kurap secara alami adalah cuka apel. Saat ini penggunaan cuka apel untuk kebutuhan sehari-hari sudah cukup umum, sehingga tidak akan sulit ditemukan. Oleskan cuka apel pada bagian kulit yang terdapat kurap secara perlahan dan sedikit saja menggunakan kapas. Pastikan untuk tidak mengenai daerah yang terdapat luka terbuka.

Balurkan Campuran Bawang Putih

Sama seperti bahan-bahan lainnya, bawang putih juga dikenal memiliki kemampuan yang baik dalam membasmi bakteri dan jamur. Haluskan bawang putih dan oleskan sedikit ke area kurap, atau jika tidak ingin terlalu menyengat dapat dicampur terlebih dahulu dengan minyak kelapa atau minyak zaitun. Karena berbentuk pasta, racikan bawang putih yang telah dioleskan ke kulit dapat ditutup menggunakan kain kasa.

Gunakan Pasta Kunyit

Bumbu dapur yang identik dengan warna kuning pada masakan ini dikenal akan kandungan senyawa anti-jamur dan anti-radangnya. Oleh karena itu, kunyit dapat menjadi salah satu pilihan alternatif dalam mengobati kurap secara alami.

Cara pengobatan ini dapat memanfaatkan kunyit segar yang ditumbuk langsung atau dengan bubuk kunyit yang umumnya dijual di pasaran. Campurkan saja bubuk kunyit dengan air putih atau minyak kelapa, kemudian bubuhkan pasta pada daerah yang terkena kurap.

Oleskan Minyak Sereh

Sama seperti kunyit, sereh atau serai juga dipercaya memiliki kandungan senyawa anti-jamur dan anti-radang. Dalam pilihan ini, sereh yang digunakan harus dalam bentuk minyak. Membuatnya sendiri mungkin akan susah dan memakan waktu, namun jangan khawatir karena telah banyak kemasan yang dijual di pasaran.

Itu dia beberapa cara mengobati kurap secara alami yang mudah dipraktekkan sendiri di rumah. Namun jika kondisi memburuk, tetap dianjurkan bagi pengidap kurap untuk segera memeriksa kondisi diri ke dokter spesialis kulit supaya diberikan penanganan dan obat yang tepat.

Baca Juga:  Cara Menyembuhkan Dada Sakit Dengan Benar
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *